Monday, August 2, 2010

Cibubur Square


Sudah pada ke Cibubur Square blom?? Cibubur Square? mungkin itu yang ada dalam pikiran sebagian orang (utamanya yang ga pernah berkendaraan melewati Cibubur). Cibubur Square itu adalah new rest area di sekitar tol Jagorawi. Bangunannya keren dan areanya luas banget!! Jumat lalu, saya dan suami pulang kerja sempet mampir kesitu untuk sholat magrib. Biasanya kami sholat magrib di sekitar rest area Tol Taman Mini. Tapi mengingat disitu seringkali ga kebagian tempat parkir, so kami coba-coba ke Cibubur Square, sekalian pengen tau seperti apa sih rest area yang kalau kami lewat selalu nampak ramai pengunjung itu.

Sampai disana, kami menemukan banyak tempat makan yang oke, baik di luar maupun di dalam mall! Namun mengingat niat kami kesini mau sholat dan bukan mau makan, maka kami tak mampir disalah satu resto itu. Mobil berjalan pelan sambil mata menjelajah cari bangunan mesjid atau mushola sekitar parkiran. Setelah jelajah sana-sini dan cari parkir yang kosong, kok kami ga nemu bangunan mesjid atau mushola ya?? kami cuma menemukan musholla kecil - kurang tepat juga jika disebut musholla!! pantesnya "kamar" - ukuran 2 x 3,5 samping toilet. Saya dan para wanita yang mau sholat harus mengalah memberi kesempatan para bapak-bapak sholat duluan. Mengingat ruangannya yang sempit, ga mungkin kita - para ibu - gabung berjamaah dibelakang mereka. Duh..kok tempat sholat cuma 'seuprit' gini ya? boro-boro ada bangunan mesjid tersendiri, bahkan mushola pun sepertinya kurang layak. Dibanding bangunan toilet disampingnya yang punya 4 bilik, ruang sholat ini malah kalah lega! Mendadak saya jadi membandingkan dengan mushola atau mesjid di rest area lain! Kalo lagi pulang kampung ke Semarang lewat Cikampek, disana banyak rest area memiliki bangunan mesjid sendiri. Para pengendara yang mampir untuk sholat, bisa parkir mobil depan mesjid/mushola dan bisa sholat berjamaah dengan leluasa. Atau kalau kita lihat di sisi kiri tol dari arah Bogor menuju Jakarta, disana ada POM Bensin produk negeri jiran, yang memiliki rest area nyaman plus bangunan mesjid mandiri.

O'ya.. tadi pas sedang bengong nunggu giliran sholat, saya sempet sih baca di dinding depan toilet tertulis "Mesjid ada di Lantai 3 Mall". Artinya, di rest area ini sebenernya ada juga mesjid, tapi lah kok di lantai 3 mall ya? kenapa tidak dibangun mandiri dekat parkiran mobil, supaya para pengendara yang niatnya cuma sholat tidak perlu bersusah payah masuk ke mall? apalagi kalo waktu sholatnya mepet. Lantas saya mencoba berpikir dari sisi pengusaha: mungkin maksud mesjid ditaro di mall, supaya pengunjung mall yang sedang belanja atau makan, bisa sholat dulu tanpa harus keluar mall! Sementara itu, bagi para pengendara yang tadinya cuma mo sholat doank - karena udah kadung masuk mall- jadi tertarik mampir sana-sini dulu di mall (tentunya setelah sholat!!). Tapi itu kalo kita berpikir dari sudut pengusaha loh! sekarang gimana bagi pengendara yang niatnya bener-bener cuma mampir sholat dan terus lanjutkan perjalanan pulang (seperti saya!)? pastinya lebih milih musholla atau mesjid yang deket parkiran !! So, kalo kamu niatnya cuma mo sholat doank, trus selesai sholat pengen langsung cabut dari situ, bukan disini tempatnya!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...