Wednesday, September 19, 2012

Lagi hamil ya?

gambar dari Google Image

Saya pengguna setia kereta. No doubt
Tiap hari hilir mudik saya pake KRL ke kantor.
Semua tau kalo di kereta ada Courtesy Seat yang disediakan buat 4 kategori penumpang: Lansia, orang cacat, Ibu bawa  balita dan wanita hamil.
Alhamdulilah, sejauh pengamatan saya, sekarang orang2 sudah mulai ‘sadar’ kalo kursi khusus itu memang buat penumpang khusus. Artinya, mereka yang ga masuk 4 kategori itu, milih kursi lain atau malah berdiri meski kursi khusus itu kosong.
Terus, gimana kalo stok kursi itu udah full, sementara penumpang dengan 4 kategori itu masih berdatangan dari stasiun2 berikutnya? 
Terpaksa penumpang di kursi regular dipersilahkan untuk merelakan kursinya.

Sebenarnya tidak sulit menilai apakah seseorang memenuhi keempat kategori diatas! Secara fisik, nampak jelas bukan?
Kalo lansia, yah kita bisa melihat dari wajahnya, postur tubuhnya (mulai ringkih apa tidak). Terus kalo cacat, yah..ini juga gampang bukan? Ibu bawa balita,...idem ditto!
Nah, yang terakhir ini yang rada2 susah! Wanita hamil! Kok bisa? 
Begini: kalo hamilnya hamil besar, tentu saja semua orang percaya bahwa bulatan besar di perutnya itu beneran hamil. Nah, kalo yang hamil kecil/muda itu yang rada susah!
Kalo bukan si wanita sendiri yang ‘mengaku’ dia hamil. Rasanya tak ada penumpang yang bersedia ‘memberikan’ kursinya!. Penumpang lain paling cuma menebak2 ..”bener gak  ya?”.
Ah, masa sih si wanita berani2 nya berbohong dan ngaku2 hamil demi mendapat kursi? Rasanya ga mungkin kan?
Tapi ada lagi nih yang susah ditebak: wanita hamil yang perutnya masih menyembul kecil. Yah..mungkin sekitar hamil 4-5 bulanan.  Usia kehamilan dengan ukuran perut ‘nanggung’ gitu ,  suka bikin bingung penumpang lain. Soalnya kadang suka ketuker-tuker dengan orang yang perut gendut tapi gak hamil!

Kisah nyata:
You know lah...sekarang ini masyarakat Indonesia sudah mulai makmur. Dan kebiasaan masyarakat kita adalah, engga boleh makmur sedikit, bawaannya pengen makaannnn mulu! Sayangnya kebiasaan makan itu ga dibarengi dengan olahraga. Jadi, ya gitu deh!
Seperti halnya di kantor saya. Saya perhatikan, pegawai yang baru masuk itu badannya cungkring-cungkring! Eh..beberapa tahun kemudian, apalagi setelah menikah, badan mulai melar! Maju perut pantat mundur!  (Saya termasuk diantaranya ! hikss).

Maju perut itulah yang suka jadi bahan ‘tuduhan’ saat naik KRL. Tepatnya , dituduh hamil!
Saya pernah mengalaminya. Baik mengalami sebagai  “Penuduh”  ataupun  “Tertuduh”.
Sebagai  Penuduh, Saya –yang kalo di kereta suka ga nyaman kalo banyak orang berdiri depan kursi saya- suka mengedarkan pandangan. Khawatir, ada wanita hamil muda yang berdiri sekitar saya tapi dia ga berani bilang kalo dia hamil! 
Saya kudu nebak2 nih, mana yang hamil dan mana yang perut buncit!
Tentu,  diperlukan ‘kejelian’ saya untuk membedakannya.
Tapi kalo udah mentok, kadang saya kontan bertanya (dengan hati2): “lagi hamil ya?” 
**maksudnya, kalo hamil, saya mau berikan kursi saya padanya**
Syukur2 si wanita mengiyakan. Sayangnya, seringkali mereka menggelengkan kepala, sejurus kemudian menunduk menatap perutnya sendiri  dengan kening berkerut.
Kenapa saya harus bertanya seorang wanita hamil apa tidak? Karena seringkali saya menemukan ada wanita yang hamil muda, engga berani bilang ‘permisi ikut duduk’ ke penumpang lain di hadapannya. Mereka diam  saja dan menunggu sampai ada orang yang sukarela memberikan kursinya! (ah..kalo nunggu inisiatif orang mah rada susah!)

Tuduhan saya kepada wanita yang ga hamil, juga dialami sendiri oleh saya!
Saya kan seringkali pake baju rada longgar di perut (plus, emang karena perutnya pun rada buncit! Hehe..), maka kadang suka ada penumpang lain yang menuduh saya hamil. Kalo udah gitu, saya cuma tersenyum sambil menggeleng kepala (dalam hati, mangkel juga! Emang perut ini ‘mancung’ pa’ gimana? hihi).

Sebenarnya, bisa saja saya pura-pura ‘mengiyakan’ tuduhannya. Lumayan ‘kan? Dapet duduk!
Cuma, karena saya keburu ‘tersungging’ dituduh hamil karena perut buncit, maka tawaran duduknya seringkali saya tolak mentah2.

Hadeuh...kayaknya perlu buru2 hire Pelatih Fitness yang bisa bikin perut ‘six pack’ bak Britney Spear nih...

71 comments:

  1. teorinya wanita hamil muda yg lebih sering berpergian kan

    kalau hamil tua sudah mengurangi aktivitas ke luar rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sy dulu malah sebaliknya Rio!

      Delete
    2. FREE DOWNLOAD GOD OF WAR-2 PC GAMES IN HIGHLY COMPRESSED MEDIAIFRE PARTS FULL VERSION DOWNLOAD FROM HERE-->>>> www.gamesaccess.blogspot.com

      DOWNLOAD GTA SANANDREAS FULL VERSION WITH SOUND COMPRESSED MEDIAFIRE DOWNLOAD FROM HERE-->> www.argames786.blogspot.com

      Delete
  2. hehehe moga2 sih gak ada ya perempuan yang posturnya gemuk dan ngaku2 hamil cuma demi dapet tempat duduk
    klo pun ada, hmm ... kita maklumi sajalah, mungkin perempuan itu sedang pura2 hamil biar keluran hamil secepatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, biar ketularan hamil ya?

      Delete
    2. DOWNLOAD IDM LATEST VERSION 6.16 WITH 1 YEAR SERIAL KEY 50% INCREASE IN DOWNLOADING SPEED DOWNLOAD FREE FROM HERE-->>> www.buzzergames.blogspot.com

      Delete
  3. kayak makan di soto kudus kauman, katanya kalau ibu hamil boleh makan gratis, itu kalau hamilnya nggak gendut apa musti bawa surat keterangan dokter cuma buat makan soto?

    ReplyDelete
  4. Heheheeh saya cerna tulisan ini sampai tuntas tas tas. Karena blog Mba Popi adalah salah satu blog kesayangan saya yang "wajib" saya hadiri, sambangi, lestarii, dan dikomentari, walau tidak setiap hari dikomentari. Tapi yang sudah pasti akan dibacai. Hahahah ngaco ngaco saya eui.

    Ide baik juga sih bertanya langsung kepada orangnya. Lagi hamil atau tidak. Daripada prasangka yang tidak tidak kan enak bertanya langsung. Sana seperti menjamu tamu di rumah. Mau disuguhi minuman takut sang tamunya sedang berpuasa Ramadhan misalnya. Saya rasa kalaw "menuduh" juga nda selalu toh itu kan cuma galau kita aja Siapa tau bagi orang lain tidak ada masalah. Toh itu kan hanya bertanya. Bertanya tidak sama dengan menuduh. Ini pendapat saya saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trima kasih krn blog ini udh dibacai dan dikomentari oleh kang asepi...hihi

      Delete
  5. aq juga nambah bb dan sering jadi tertuduh hamil
    (mengaminkan doa mereka, karena memang sedang menunggu kehamilan)

    kalau ttg berbagi kursi, seperti cerita diatas, sulit juga ya mbak. ga enak juga pas jadi 'penuduh' kalau jadi tertuduh sih masih gpp hehehe

    loh malah g ngasi solusi, hihihi... dimaapken ya mbak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. FREE DOWNLOAD SEDUCE ME AND OTHER SEX GAMES ADULT 18+ FOR PC FULL VERSION LATEST VERSION COMPRESSED 18+ DOWNLOAD FROM HERE-->>>> www.copyrightgames.blogspot.com

      Delete
  6. wadew ... membayangkan kalau dikira hamil padahal sebenarnya enggak, sungguh terlalu :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mgkin sambil mendoakan spy cepat hamil, mbak!

      Delete
  7. bisa diambil dari segi positifnya toh... kelihatan lebih ramping :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ramping dibandingkan sama apa dulu? He...

      Delete
  8. "aku buncit doang, tauuu!", itu besok kamu ucapkan kalo kamu diminta duduk di bangku itu lagi.

    masalah sepele itu.

    (btw, tulisanmu bagus kali ini. runtut dan cerdas).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brarti slama ini jelek donk?

      Delete
    2. aku kan pernah copy tulisanmu, lalu aku posting di blog-ku.
      itu cukup untuk sebuah pengakuan bukan?

      Delete
  9. mewakili perasaan sy nih postingannya.. suka gimana rasanya kl ada yg "nudu" gitu.. :p

    ReplyDelete
  10. huahahaha emang sih mesti ati2 kalo nanya orang lagi hamil gak... :P

    btw google itu bukan sumber gambar lho... *cuma ngingetin* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya gua bingung Man! Yg pake gambar/foto itu lebih dari satu. Jadi drpd gua hrs telisik sumber utamanya, ya udah pake Sumber: Google..
      hehehe....

      Delete
  11. Untuk.menghindari kejadian seperti itu biasanya langsung saya kasih aja kalo curiga si Ibu hamil. Tanda lainnya seringnya si Ibu yang hamil muda ditemani suaminya. Kklo kayak gini saya tanya ke suaminya atau seringnya si bapak yang mintain kursi Mba Popi..

    ReplyDelete
  12. wekeke untung aku ramping #soksokan :D

    ReplyDelete
  13. wkekekeke aku langsing donk jhaaha :D

    ReplyDelete
  14. berarti aku salah satu orang yg ga dikasih tempat duduk kalau hamil nih mbak hehehe kan hamilnya perutnya kecil

    ReplyDelete
  15. 6packs nya J-Lo juga keren banget tuh
    umur 40 masih super sexy pake bikini, masih kelihatan aduhai banget, singset dimana mana... apalagi perutnya yang kotak kotak

    kalo britney mah, oke lah dia masih muda. masih "pantas" kalo ber perut sixpaccks... lha J'lo yang 10 tahun lebih tua?????? hehehehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. J-Lo? iya itu mah keren, sama kayak Vanessa William..

      Delete
  16. terlalu banyak makan tanpa diimbangi olahraga memang nantinya menjadi lemak, semoga saja saya enggak dikatakan gemuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget! Makan rajin, olahragsa males, saya banget !

      Delete
  17. aku gak bisa bayangin mbak , kalo kita berani nanya dia hamil atau nggak, belum selesai nanya ntar dah ditabok duluan... hehe...
    atau lebih baik dikursinya ditulis aj buat 4 kategori td ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...kyk sketsa di transtv aja!

      Delete
  18. Baru tau kalau ada 4 kategori seperti diatas. maklum tak pernah naik kereta, Mom. :P

    semua hal yang ada kaitannya dengan kata "ngaku2" itu bikin sensi ya, mba. Apalagi kalau ngaku2 kaya. :P

    Gak usah fitness lah. ..
    Perempuan yang badannya berisi itu sexy, lho. wkawkwakkwa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya! Seperti saya.....hihihi

      Delete
  19. gk cocok nch buat sya baca... masalahnya sya Laki" hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tp perutnya nyaingi org hamil jg ga?

      Delete
  20. Saaya ikut menyimak aja deh..
    saya ngak tau masalah hamil

    komentar kan artikel ini ya...
    \
    http://www.timkomte.com/2012/09/traffic-pengunjung-rumahku-turun.html

    ReplyDelete
  21. ahhh saya sih gak suka perempuan six pack :(
    tapi emang rada susah siih kalau ngeliat yang agak gemuk sedikit pingin tanya hamil atau bukan ke perempuan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lgpula jarang perempuan berperut sixpack ya?he..

      Delete
  22. Haha.. serba salah, mau nanyain hamil apa enggak entar malah buat orang trsinggung.. Tapi itulah namanya usaha, asal semua baik kan perlu dicoba. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo salah, itu namanya risiko ya?

      Delete
  23. jangankan cewek
    aku aja males kalo perutnya membuncit
    makane wegah kerja di kantoran. enak di lapangan yang banyak gerak...

    ReplyDelete
  24. yang pentingkan niatnya baik...jadi menduga-duga secara langsung dan blak-blakan sepertinya tidak jadi masaalah...apalagi kalau diawali dengan kata maaf....maaf mbak lagi hamil ya...kalau nggak ya nggak apa-apa...tapi kapan sich hamilnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...mending kalo yg ditanya udah nikah, lah kalo belum?

      Delete
  25. wah jarang naik krl, tapi kalo mau nebak2 gitu takut dikira menyindir hehe

    ReplyDelete
  26. "Sayangnya, seringkali mereka menggelengkan kepala, sejurus kemudian menunduk menatap perutnya sendiri dengan kening berkerut."

    Pasti ekspresinya bagus tuh mbak, kirain mbak alami juga waktu dituduh hamil :)

    ReplyDelete
  27. Aku bukan pengguna kereta, tetapi (dulu) penggemar Busway
    Dan kurang lebih kasusnya sama ...

    Tetapi sekarang barometernya, ketika ada salah seorang dengan kriteria tersebut, mendekati kita (yang tidak berkriteria), kita harus mempersilakan beliau duduk dengan sendirinya.

    Kira-kira begitulah. Ukuran dan prediksi sekarang jadi pemikiran awal untuk berbuat kebaikan itu ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cakep!!
      Semoga semua penumpang pria spt indra! Tp kalo penumpang busway emang lbh ber'adab' dibanding kereta.

      Delete
  28. Hahah... memang serba salah, perut gendut langsung dituduh hamil, jadi malu hati juga karena berarti kita gak pintar jaga badan.
    Tapi yang hamil2 muda gak mau ngaku mungkin malu sih mbak, takut dikira bohong dll gitu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya dia dan Tuhan yang tau! :D

      Delete
  29. sodaraku malah hamil nggak ada yang tahu, apalagi masih sekolah dia dan tampilannya biasa saja. pas ketika ngaku hamil sama ibunya, besoknya langsung mbrojol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa ya? perutnya ga gede gitu ya?

      Delete
  30. kita bisa tahu seseorang berbohong pura" sedang hamil jika orang yang pura" itu pria :)hahahaha

    ReplyDelete
  31. Aku blm nikah aja udh buncit mbak.. hiks..
    Dan pasti menyebalkan bgt klo dituduh hamil. mbak yg udh bekeluarga seh br level 1 kaliyak sebelnya.. klo yg blm bekeluarga itu level 3 deh kesalnya.. hihihi..

    Btw salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar.sabar..!
      salam kenal juga!

      Delete
  32. Huahahaha...
    Aku pernah mbak dikira hamil ama petugas bandara gitu, "mbak lagi hamil ya?"
    Tadinya mau bilang iya biar dikasih tempat duduk.
    Etapi kan di pesawat kan semua dapet duduk, fufufu...
    Kalo di KRL kok gak pernah T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalo hamilnya gede, biasanya suka disuruh duduk di kelas business yg rada nyaman dan luas Un! (itu juga kalo pesawat asing loh!)

      Delete
  33. Hehehehe, ternyata 'korban'nya banyak ya? :D

    ReplyDelete
  34. DOWNLOAD IDM LATEST VERSION 6.16 WITH 1 YEAR SERIAL KEY 50% INCREASE IN DOWNLOADING SPEED DOWNLOAD FREE FROM HERE-->>> www.icoregames.blogspot.com

    ReplyDelete
  35. Serius , gratis? Kalo gitu, hamil lg ah.....

    ReplyDelete

Orang Yang Baik Adalah Yang Mau Menerima Kritik Dari Manapun, Sekalipun Kritik itu Buruk.