Wednesday, September 19, 2012

Lagi hamil ya?

gambar dari Google Image

Saya pengguna setia kereta. No doubt
Tiap hari hilir mudik saya pake KRL ke kantor.
Semua tau kalo di kereta ada Courtesy Seat yang disediakan buat 4 kategori penumpang: Lansia, orang cacat, Ibu bawa  balita dan wanita hamil.
Alhamdulilah, sejauh pengamatan saya, sekarang orang2 sudah mulai ‘sadar’ kalo kursi khusus itu memang buat penumpang khusus. Artinya, mereka yang ga masuk 4 kategori itu, milih kursi lain atau malah berdiri meski kursi khusus itu kosong.
Terus, gimana kalo stok kursi itu udah full, sementara penumpang dengan 4 kategori itu masih berdatangan dari stasiun2 berikutnya? 
Terpaksa penumpang di kursi regular dipersilahkan untuk merelakan kursinya.

Sebenarnya tidak sulit menilai apakah seseorang memenuhi keempat kategori diatas! Secara fisik, nampak jelas bukan?
Kalo lansia, yah kita bisa melihat dari wajahnya, postur tubuhnya (mulai ringkih apa tidak). Terus kalo cacat, yah..ini juga gampang bukan? Ibu bawa balita,...idem ditto!
Nah, yang terakhir ini yang rada2 susah! Wanita hamil! Kok bisa? 
Begini: kalo hamilnya hamil besar, tentu saja semua orang percaya bahwa bulatan besar di perutnya itu beneran hamil. Nah, kalo yang hamil kecil/muda itu yang rada susah!
Kalo bukan si wanita sendiri yang ‘mengaku’ dia hamil. Rasanya tak ada penumpang yang bersedia ‘memberikan’ kursinya!. Penumpang lain paling cuma menebak2 ..”bener gak  ya?”.
Ah, masa sih si wanita berani2 nya berbohong dan ngaku2 hamil demi mendapat kursi? Rasanya ga mungkin kan?
Tapi ada lagi nih yang susah ditebak: wanita hamil yang perutnya masih menyembul kecil. Yah..mungkin sekitar hamil 4-5 bulanan.  Usia kehamilan dengan ukuran perut ‘nanggung’ gitu ,  suka bikin bingung penumpang lain. Soalnya kadang suka ketuker-tuker dengan orang yang perut gendut tapi gak hamil!

Kisah nyata:
You know lah...sekarang ini masyarakat Indonesia sudah mulai makmur. Dan kebiasaan masyarakat kita adalah, engga boleh makmur sedikit, bawaannya pengen makaannnn mulu! Sayangnya kebiasaan makan itu ga dibarengi dengan olahraga. Jadi, ya gitu deh!
Seperti halnya di kantor saya. Saya perhatikan, pegawai yang baru masuk itu badannya cungkring-cungkring! Eh..beberapa tahun kemudian, apalagi setelah menikah, badan mulai melar! Maju perut pantat mundur!  (Saya termasuk diantaranya ! hikss).

Maju perut itulah yang suka jadi bahan ‘tuduhan’ saat naik KRL. Tepatnya , dituduh hamil!
Saya pernah mengalaminya. Baik mengalami sebagai  “Penuduh”  ataupun  “Tertuduh”.
Sebagai  Penuduh, Saya –yang kalo di kereta suka ga nyaman kalo banyak orang berdiri depan kursi saya- suka mengedarkan pandangan. Khawatir, ada wanita hamil muda yang berdiri sekitar saya tapi dia ga berani bilang kalo dia hamil! 
Saya kudu nebak2 nih, mana yang hamil dan mana yang perut buncit!
Tentu,  diperlukan ‘kejelian’ saya untuk membedakannya.
Tapi kalo udah mentok, kadang saya kontan bertanya (dengan hati2): “lagi hamil ya?” 
**maksudnya, kalo hamil, saya mau berikan kursi saya padanya**
Syukur2 si wanita mengiyakan. Sayangnya, seringkali mereka menggelengkan kepala, sejurus kemudian menunduk menatap perutnya sendiri  dengan kening berkerut.
Kenapa saya harus bertanya seorang wanita hamil apa tidak? Karena seringkali saya menemukan ada wanita yang hamil muda, engga berani bilang ‘permisi ikut duduk’ ke penumpang lain di hadapannya. Mereka diam  saja dan menunggu sampai ada orang yang sukarela memberikan kursinya! (ah..kalo nunggu inisiatif orang mah rada susah!)

Tuduhan saya kepada wanita yang ga hamil, juga dialami sendiri oleh saya!
Saya kan seringkali pake baju rada longgar di perut (plus, emang karena perutnya pun rada buncit! Hehe..), maka kadang suka ada penumpang lain yang menuduh saya hamil. Kalo udah gitu, saya cuma tersenyum sambil menggeleng kepala (dalam hati, mangkel juga! Emang perut ini ‘mancung’ pa’ gimana? hihi).

Sebenarnya, bisa saja saya pura-pura ‘mengiyakan’ tuduhannya. Lumayan ‘kan? Dapet duduk!
Cuma, karena saya keburu ‘tersungging’ dituduh hamil karena perut buncit, maka tawaran duduknya seringkali saya tolak mentah2.

Hadeuh...kayaknya perlu buru2 hire Pelatih Fitness yang bisa bikin perut ‘six pack’ bak Britney Spear nih...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...