Monday, July 26, 2010

Bila ibu sakit...


Siapakah anggota keluarga yang bila sakit maka akan bikin repot satu keluarga? Ibu! Kenapa? Begini: kalau anak sakit, ibu bisa merawatnya sekaligus tetap bisa melayani ayah/suami juga. Kalau ayah/suami sakit, tentu ibu selaku sang istri yang merawatnya dan anak2pun masih bisa tertangani! Tapi bgmn kalau ibu yang sakit? Seakan semua aktivitas hidup terhenti! Ayah dan anak bisa terlantar! Saya melihatnya saat almarhumah kakak tertua masih sakit dulu! Dan juga saat almarhum bapak dirawat 2 bulan sebelum wafat! Ibu saya- meski nampak repot dan lelah-hilir mudik antara rumah sakit dan rumah kami demi tetap memantau apakah anaknya yang masih kecil2 terawat baik? Atau saat bapak dirawat dirumah, ibu tetap menyempatkan mengantarku ke sekolah. Sepertinya ibu sehat terus meski sibuk luarbiasa! Alhamdulilah semoga demikian! Tapi terkadang kami curiga kalau ibu tetap memaksakan diri untuk tetap kuat meski mungkin dia sedang sakit! Dan sekarang, setelah saya menikah dan punya anak, saya baru mengerti kenapa ibu bersikap demikian? (tetap berusaha sehat meski sedang tidak enak badan!). Saya tetap merawat anak2 (meski ada si mbak, terkadang anak2 tetap minta saya bantu mereka !). Kemudian melayani suami: makan, siapkan kerja, dll (ga mungkin kan saya minta si mbak gantikan posisi saya?). Padahal sudah 2 hari ini badan terasa lemas karena buang2 air terus dan mual! Namun ternyata saya tidak bisa sekuat dan setegar ibu saya! Kenekatan saya mengabaikan rasa sakit malah berujung k.o! Lalu siapakah yang repot dan terlantar? Suami dan anak2!
:-x

1 comment:

  1. kurang olahraga kupastikan menjadi kontributor terbesar sakitmu saat ini.

    ReplyDelete

Orang Yang Baik Adalah Yang Mau Menerima Kritik Dari Manapun, Sekalipun Kritik itu Buruk.