Monday, February 21, 2011

Merokok

Minggu sore saya ajak anak-anak berenang. Sudah lama engga berenang. Sebenarnya saya ga begitu berkenan berenang sore kemarin, mengingat sepanjang hari itu anginnya kencang banget dan kering pula! Angin kayak gitu biasanya bawa penyakit: flu, batuk, pilek dkk. Selain itu, baby Jasmine baru sembuh dari sakit panas, jadi khawatir sakit lagi. Tapi dia malah paling semangat pengen pergi, begitu lihat kakak-kakaknya sibuk kemas-kemas. Ya udah, terpaksa saya ajak dia tapi disana engga akan ikut nyebur!

Disana saya cari tempat duduk yang nyaman, tapi sana-sini penuh. Eh..ada satu tuh, tapi samping kanan-kirinya banyak orang merokok. Wah..sebenarnya saya paling ga suka dikelilingi perokok, apalagi bawa baby Jasmine! tapi mo gimana lagi? tempat yang kosong cuma disitu. Terpaksalah kami ambil tempat satu-satunya yang ada.

Samping kiri saya sekelompok ibu-ibu dengan anak-anak kecil. Mereka rombongan heboh! Saat itu, ada live music - dan para ibu-ibu itu beberapa ikut nyumbang lagu dangdut, sementara yang lain joget. Nah..kalo lagi ga joget dan ga nyanyi, mereka merokok depan anak-anaknya yang cilik-cilik itu! pfiuu...

Sementara itu, samping kanan saya, ada keluarga muda : sepasang suami istri muda dengan anaknya -laki-laki- seumuran Jasmine. Keluarga muda ini ga 'seheboh' kelompok ibu-ibu 'gaul' tadi. Mereka cukup tenang dan 'jaim'.

Terus, apa persamaan antara kelompok ibu-ibu tadi dengan pasangan muda ini? Sama-sama merokok depan anak kecil! hwarakadah.... Kalo cuma bapaknya sih, saya 'rada' maklum! bapak-bapak kadang emang suka ga punya otak, udah tau ada baby..eh tetep saja ngerokok! Nah ternyata ini ga hanya si Bapak yg merokok, tapi si ibu muda yang cantik itu ternyata juga merokok dengan cueknya, depan baby-nya yang lucu itu! Ckckck...pada kemana otak para ibu itu ya? mereka tau ga sih, merokok itu berbahaya bukan cuma buat dirinya tapi juga untuk orang-orang sekitarnya, apalagi ini ada anak-anak kecil? Kayaknya peraturan larangan merokok harus makin diperketat dan ditingkatkan sanksinya! Atau kalo engga, kudu kasih syarat nih buat para perokok yang udah 'bebal' dengan peringatan bahaya merokok. Syaratnya gini: Silahkan Anda Merokok, Tapi wajib Pake Helm ! (karena asapmu bukan untukku!).



Image source: diambil di blog tetangga.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...