Monday, February 21, 2011

Merokok

Minggu sore saya ajak anak-anak berenang. Sudah lama engga berenang. Sebenarnya saya ga begitu berkenan berenang sore kemarin, mengingat sepanjang hari itu anginnya kencang banget dan kering pula! Angin kayak gitu biasanya bawa penyakit: flu, batuk, pilek dkk. Selain itu, baby Jasmine baru sembuh dari sakit panas, jadi khawatir sakit lagi. Tapi dia malah paling semangat pengen pergi, begitu lihat kakak-kakaknya sibuk kemas-kemas. Ya udah, terpaksa saya ajak dia tapi disana engga akan ikut nyebur!

Disana saya cari tempat duduk yang nyaman, tapi sana-sini penuh. Eh..ada satu tuh, tapi samping kanan-kirinya banyak orang merokok. Wah..sebenarnya saya paling ga suka dikelilingi perokok, apalagi bawa baby Jasmine! tapi mo gimana lagi? tempat yang kosong cuma disitu. Terpaksalah kami ambil tempat satu-satunya yang ada.

Samping kiri saya sekelompok ibu-ibu dengan anak-anak kecil. Mereka rombongan heboh! Saat itu, ada live music - dan para ibu-ibu itu beberapa ikut nyumbang lagu dangdut, sementara yang lain joget. Nah..kalo lagi ga joget dan ga nyanyi, mereka merokok depan anak-anaknya yang cilik-cilik itu! pfiuu...

Sementara itu, samping kanan saya, ada keluarga muda : sepasang suami istri muda dengan anaknya -laki-laki- seumuran Jasmine. Keluarga muda ini ga 'seheboh' kelompok ibu-ibu 'gaul' tadi. Mereka cukup tenang dan 'jaim'.

Terus, apa persamaan antara kelompok ibu-ibu tadi dengan pasangan muda ini? Sama-sama merokok depan anak kecil! hwarakadah.... Kalo cuma bapaknya sih, saya 'rada' maklum! bapak-bapak kadang emang suka ga punya otak, udah tau ada baby..eh tetep saja ngerokok! Nah ternyata ini ga hanya si Bapak yg merokok, tapi si ibu muda yang cantik itu ternyata juga merokok dengan cueknya, depan baby-nya yang lucu itu! Ckckck...pada kemana otak para ibu itu ya? mereka tau ga sih, merokok itu berbahaya bukan cuma buat dirinya tapi juga untuk orang-orang sekitarnya, apalagi ini ada anak-anak kecil? Kayaknya peraturan larangan merokok harus makin diperketat dan ditingkatkan sanksinya! Atau kalo engga, kudu kasih syarat nih buat para perokok yang udah 'bebal' dengan peringatan bahaya merokok. Syaratnya gini: Silahkan Anda Merokok, Tapi wajib Pake Helm ! (karena asapmu bukan untukku!).



Image source: diambil di blog tetangga.


18 comments:

Burhanuddin Ojo said...

setuju teh...ane juga sebel ma para perokok tak tau diri...

kartunmania said...

Setuju jeng... Tp syaratnya nambah, pake helm tapi harus helm cakil... :)

joe said...

seharusnya peraturan untuk tidak merokok di sembarang tempat benar-benar ditegakkan, kasihan kita para perokok pasif yang menjadi korban

popi said...

@ojo: bukannya ente perokok juga? kemarin kulihat ente klepas-klepus di pojokan sambil main PS! :D
@kartun: Helm cakil ? :brow
@joe: bikin peraturannya 1/2 hati!

zee said...

Hahahaha....
Seneng banget baca kejujuranmu mbak, yg bilang bapak2 suka ga punya otak klo merokok di depan anaknya... setujuuu!!
Saya juga jengkel sama orang yang merokok sembarangan. Kayak misalnya kita lagi duduk makan di kursi warteg, dan tahu2 datang cowok duduk di sebelah sambil seenaknya menyalakan rokok. Pengen kusiram aja pake air panas!

popi said...

@zee: waduh..kejam banget mbak, disiram pake air panas? pake air cuci tangan yg udah 'bleketek' aja cukup mbak! :O

sedjatee said...

ato gini:
silakan merokok
tapi asapnya ditelan...

sedj

Popi said...

@sedjatee: jadi selama merokok, mereka dilarang buka mulut ya? :D

M A Vip said...

kalo keseringan pake helm malah bisa bikin otak busuk nanti, kan lembab tuh. saya nggak ngerokok lho mbak

thenararya said...

kasihan amat anaknya....jadi perokok pasif seumur hidup gara-gara Bapak ama ibunya....

Popi said...

@MAVip: otak busuk? walah...yg kerja di bangunan tiap hari-tiap jam pake helm loh mas?
@Nisa: iya tuh..emak ga tau diri !

aziz hadi said...

STOP MEROKOK sekarang juga, hehe, memang merokok itu susah sekali berhentinya, salah satunya yaitu perbanyak kegiatan sehingga kita tidak mempunyai waktu untuk merokok dan gantilah dengan permen sebagai sarana mulut ketika menganggur.

Bung Iwan said...

hadoooh. iklan rokok mudah2an bener dilarang!!
eh, maaf. ini pendapat pribadi saja.

Inda Bunda Farrel said...

Silahkan saja merokok, asal asapmu kau hirup sendiri. Betul ga mb?

zee said...

mbakm kok belum updated nih...

Elsa said...

Hahahahaa.....
bener bener,
aku bayangin gimana ngerokok pake helm
biar perokok itu menghisap asapnya sekalian ya Mbak
Hahaahaaa....

meracuni diri sendiri
gak pake meracuni orang lain dong

Popi said...

@aziz: para perokok mengeluh kalo mereka berhenti merokok bawaannya pengen ngemil mulu! dan itu bikin tambah gemuk :(
@Bung iwan: sayangnya, banyak acara off air yg dibiayai oleh perusaaah rokok loh!

Popi said...

@inda: betul!!
@elsa: ya..biar mereka merasakan apa yg kita rasakan kan?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...