Tuesday, September 20, 2011

Kartu Penuh makna..

Blog Cinta Damai
Rasanya sudah berabad-abad lamanya kita meninggalkan kebiasaan saling berkirim kartu ucapan -entah itu ucapan Lebaran, Ulang Tahun, Tahun Baru ...dan ucapan-ucapan lainnya. Sejak demam handphone melanda dunia, semua orang berbondong-bondong lebih doyan kirim ucapan via sms. Tidak hanya dalam rangka kirim ucapan-ucapan tadi. Bahkan ada pula yang kirim undangan pernikahan via sms. 

Banyak alasan kenapa orang lebih memilih sms daripada kartu. Pertama, dari segi waktu lebih cepat, dibanding harus kirim kartu via pos yang mungkin sampainya bisa seminggu kemudian. Kedua, dari segi biaya, sms lebih murah lah..apalagi iklan tarif murah lagi jor-joran sekarang. Kirim ke 5 sms, gratis 1000 x sms...edyannn....

Tapi, ada tapinya nih, kadang kirim ucapan via sms kurang maknanya! Rekan saya pernah kirim ucapan selamat Idul Fitri dengan sederet kalimat puitis buatan sendiri ke temannya, nah rupanya kalimat ucapan itu di forward kembali oleh temannya itu ke teman-teman lainnya begitu selanjutnya. Hingga -entah setelah di forward keberapa orang- tuh' ucapan balik kembali dikirim ke rekanku itu dari temannya yang lain. Lucu kan??

Sekarang, bandingkan bila kita kirim kartu. Meski pada umumnya kartu sudah ada beberapa kalimat ucapan didalamnya, namun kadang kita sebagai pengirim iseng menambahkan satu-dua kata sebagai pemanis. Bahkan bisa juga ditambahkan puisi mendayu-dayu. Misalnya pada kartu ucapan lebaran, dibawah kita tambahkan  " ..NB: Ditunggu kiriman ketupat opor nya loh!" ..atau untuk kartu ucapan ulang tahun..dikasih tambahan: " semoga cepet dapet jodoh yang kaya raya, gemah ripah loh jinawi.."  Adapun bila ditambah kalimat puitis contohnya kayak gini: " ..tiada manusia yang tanpa salah dan dosa, karenanya di hari Idul Fitri ini mohon maafkan hamba yang hina dina tak berarti...."    :c

Lalu, manakah yang tahan lama disimpan si penerima? sms atau kartu? tentunya kita ga mungkin menyimpan sms segambreng-gambreng di HP kan? apalagi tiap tahun berbunyi sama ucapannya, menuh-menuhin kapasitas saja. Kalo kartu, beberapa orang senang menyimpannya sebagai kenangan. Jaman saya sekolah dulu, saya dengan bangga menyusunnya berderet-deret dan dihias sedemikian rupa untuk digantung depan pintu kamar. Kesannya banyak kartu banyak fans!!  Berangkat dari nostalgia masa lalu itulah, maka hari raya kemarin saya menyempatkan diri kirim ucapan via kartu. Engga ke semua orang sih! cuma khusus buat kakak saya yang nun jauh di negeri seberang sana. Sengaja kupilih kartu yang bertemakan "Indonesia banget". Tak lupa didalamnya kutulis sederet kata puitis penuh makna.

Semoga saja kartu itu berkesan buatnya dan akan disimpannya sebagai kenang-kenangan Idul Fitri Tahun 2011 dari sang adik tercinta  ;)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...