Thursday, February 10, 2011

Sakit Jantung +

Kalo ada yang nanya: penyakit apa yang lagi 'heboh' sekarang? jawabannya pasti "Jantung!". Sejak kematian mendadak aktor sekaligus politikus Adjie Massaid, orang-orang di sekitar saya sibuk cari tau hal ihwal penyakit satu ini. Sekalipun penyakit ini namanya ga 'seseram' sakit kanker, tapi yang bikin 'serem' adalah penyakit ini suka menyerang tiba-tiba dan yang diserang kadangkala tidak dapat bertahan!. Saya ga gitu banyak mengetahui sebab musabab penyakit ini, apakah efek makanan, apakah termasuk penyakit turunan atau bukan?

Saya baru kenal betul penyakit ini saat suami almarhum kakak saya meninggal karena penyakit ini!. Sebenarnya sudah beberapa kali beliau terserang penyakit jantung, hanya saat serangan yang terdahulu langsung tertangani karena langsung dibawa ke rumah sakit! Adapun yang terakhir, menyerang saat di pagi buta! sekitar jam 1-an. Menurut Anis (putri sulungnya), papa-nya sempat menggedor pintu kamarnya-mungkin untuk minta tolong-dan saat Anis menuju kamar almarhum, papa-nya sudah pingsan dengan posisi duduk di lantai samping tempat tidur. Saat beliau dibawa mobil tetangga menuju rumah sakit, di jalan beliau menghembuskan nafas terakhir.

Kembali ke soal 'heboh' tadi, orang-orang sekitar saya kayaknya mendadak jadi extra hati-hati! Apalagi buat yang berusia di atas 30, bener-bener jadi lebih peka! Mau olahraga jadi mikir2! Pihak-pihak yang ikutan 'heboh' antara lain: Pertama, kemarin rekan-rekan kantor saya yang biasanya futsal setiap sabtu, mendadak dibatalin ( rekan-rekan saya ini rata-rata berbadan lumayan montok, maka capek dikit langsung ngos-ngosan!). Kedua, suami kakak saya yang nomor 5 (kebetulan bundanya suami kakak meninggal karena sakit jantung juga) akhir-akhir ini jadi lebih peka, lebih milih untuk 'ngumpul' sama anak-anak daripada olahraga (dia termasuk orang sibuk di kantor dan sabtu minggu sibuk golf!)). Minggu besok dia minta istrinya ngadain pengajian di rumahnya dengan mengundang sanak saudara! (efek positif dari rasa takut nih!). Terus yang kena imbas 'kehebohan' ketiga adalah suami saya -nah kalo ini saya yang parno!. Suami memang bukan olahragawan sejati, nyaris jarang olahraga malah! Paling banter berenang nemenin anak-anak, itu pun dua minggu sekali. Justru karena jarang olahraga itulah, maka sekalinya dia olahraga ga boleh diporsir kan? tapi suami rada 'bandel', sabtu kemarin dia malah main bola sama anak-anak. Meski cuma jadi penjaga gawang, tapi lumayan capek kan? alhasil saya yang nonton di pinggir lapangan, sepanjang permainan sibuk teriak-teriak kalo lihat dia terlalu lincah dan lari-lari.

Nah ini yang terakhir: peminta sumbangan yang sering rutin datang ke kantor saya, mendadak kemarin siang dia telpon. Intinya dia memohon bantuan karena jantungnya perlu segera di-rontgen, kalo engga bisa gawat! Menurut dia, sejak peristiwa kebakaran tahun lalu, ada 'something wrong' dengan jantungnya. Mungkin maksudnya, begitu denger kampungnya kebakaran, dia langsung kaget dan sampai sekarang kagetnya ga berhenti-henti alias jantungan! Begitu ditelpon dia, saya jadi ikutan kaget (tapi engga sampe jantungan!). Bukan bermaksud mendoakan, tapi semoga saja ibu itu tidak bohong -artinya emang bener something wrong dengan jantungnya sehingga perlu segera diobati! Karena jika tidak, maka kehebohan penyakit jantung ternyata bisa dijadikan alasan untuk meminta sumbangan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...