Wednesday, June 22, 2011

Topeng Monyet

Pernah lihat atau nonton topeng monyet? bagaimana perasaan anda saat menontonnya? senang, tertawa, atau malah sedih dan kasian lihat monyet yang dieksploitasi si pemilik? kalo saya - dulu - tertawa geli lihat monyet disuruh nungging sholat, jalan ke pasar bawa keranjang, salto berkali-kali atau berdandan bak banci. Namun sekarang, tepatnya sejak saya punya anak, sepertinya setiap kali melihat mahluk kecil - entah itu manusia atau hewan- saya selalu sedih dan merasa itu anak saya (hih...tega bener, masa anak disamain sama monyet?). Bukan, maksudku..saya ga tega lihat penderitaan mahluk kecil itu. Apalagi saya pernah lihat tayangan di salah satu TV swasta (kalo ga salah yang judulnya 'investigasi khusus') memperlihatkan bagaimana monyel kecil itu disiksa lahir batin sama si majikan kalo tu' monyet ga mau beraksi! trus sampe di rumah si monyet juga di kerangkeng atau dipasung supaya ga kabur! kasiannnn..bener! bayangkan kalo itu anda? apakah anda mau diperlakukan seperti monyet? Tentu Tidak!! :(

Maka setiap kali ada topeng monyet lewat rumah, saya sudah tidak lagi memanggilnya! anak saya pun rasa sukanya pada topeng monyet sudah mulai berkurang (dulu mereka suka manggil tanpa saya suruh). Kebetulan saat tayangan di TV itu anak saya pun ikutan nonton. Kata mereka; kasian ya Ma!

Beberapa hari lalu, saya lihat topeng monyet beraksi dekat kantor saya, tepatnya dekat warung-warung tempat kami makan. Monyet itu hilir mudik beraksi. Lari sana-sini dengan leher diikat rantai panjang. Saat monyet itu diam -mungkin kecapean- majikannya langsung mengibaskan rantai dan menarik si monyet agar bergerak. Sementara para pejalan kaki maupun orang-orang yang kebetulan berada di sekitar situ tampak tak peduli. Cuma satu- dua orang yang kasih uang receh. Lantas karena kurang peminat, sang majikan langsung ngajak monyet itu pergi. Seperti biasa, monyet kecil itu pun diseret-seret mengikuti langkah kaki sang majikan yang berjalan cepat. Hm...sungguh malang nasibmu Nyet...!!


3 comments:

Lidya said...

kasian bener monyet diperah tenaganya ya demi uang sang pemilik. eh tapi ada juga sih monyet yg disewakan untuk topeng monyet parah bener ya

M A Vip said...

tadi pagi saya lihat monyet mondar-mandir naik motor dan sekarang fotonya ada di sini. ck ck ck...ini monyet yang sama atau bukan ya?

Popi said...

@lidya: sungguh tidak ber'perikemonyetan' ya? :(
@A Vip: knapa ga situ tanya?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...