Monday, December 19, 2011

Berburu Souvenir Pernikahan

Akhir tahun begini, saya banyak mendapat undangan pernikahan. Engga di rumah, engga di kantor, undangan datang silih berganti. Banjirnya undangan, membuat saya harus menyisihkan sebagian uang kas untuk mengisi amplop undangan. Teman saya bilang (atau ngeluh ya?): “kok nikah bisa bareng-bareng gini ya? Uang kas pribadi jadi kesedot setengahnya.” Hehe… mungkin apa yang dikatakan teman ada benarnya, tapi tentu saja kita tetap ikut senang mendengar teman/saudara kita akhirnya menemukan pelabuhan hatinya dan dirayakan dalam sebuah pernikahan bukan? Selain itu, bagi saya menghadiri undangan pernikahan adalah saatnya untuk berburu souvenir pernikahan yang terkadang unik dan lucu.

Saya masih ingat, saat mau nikah dulu saya paling sibuk cari souvenir. Sebetulnya untuk acara pernikahan saya, keluarga sudah menyusun panitia dengan tugas yang jelas. Saya sebagai pengantin harusnya tidak usah ikut sibuk dalam susunan panitia itu. Tapi saya tetap maksa agar pencarian souvenir biar saya yang handle! Saya ingin agar souvenir pernikahan saya berkesan buat para undangan. Harapan saya, mereka akan meletakkan souvenir di lemari pajangan atau setidaknya di meja kerja/belajar. Souvenir saya waktu itu adalah tempat pensil berbentuk miniatur sepeda onthel dari kayu. Saya membelinya di sekitar kebun raya Bogor dengan harga lumayan mahal. Karena harganya yang lumayan itulah, maka saya hanya membeli dalam jumlah terbatas. Walhasil tak semua undangan mendapat souvenir itu. Sayang sekali ya?

Adapun souvenir yang saya dapat dari setiap menghadiri pernikahan pada umumnya berupa gantungan kunci, pembuka botol atau permen. Kalau dikumpulkan dengan telaten mungkin saya sudah dapat lebih dari satu dus. Saya tau, semakin unik dan lucu souvenir, maka harganya pun semakin lumayan mahal. Mungkin harga yang mahal itulah yang membuat orang-orang hanya menyediakan souvenir dengan model standar  seperti di atas (gantungan kunci dkk). Padahal kalo jeli dan rajin, kita dapat memperoleh souvenir lucu dan unik dengan harga terjangkau loh!

Salah satu pengrajin souvenir yang saya kenal adalah Dani-craft. Dani-craft menyediakan berbagai macam souvenir lucu dan unik yang memanjakan mata dan bikin gemes pengen beli! Souvenir pernikahan yang tersedia disana banyak macamnya. Dari mulai pensil atau pulpen berbentuk boneka kayu mungil, tempat asbak dengan hiasan patung pengantin dari beberapa daerah di Indonesia, kura-kura mungil untuk menyimpan paper clip sampai tempat pensil berbentuk siput! Benar-benar unik dan lucu dan di luar bentuk standar souvenir yang biasanya kita terima. Harganya? Beraneka rupa dan cukup terjangkau. Bengkel Dani-craft ini lokasinya ada di Yogya, tapi mereka juga terima pesanan via sms atau e-mail seperti yang tercantum di website-nya.

Melihat beberapa souvenir pernikahan di Dani-craft bikin saya pengen nikah lagi..eh…maksudnya jadi pengen belanja souvenir untuk pernikahan. Sayang sekali di keluarga besar saya, saya adalah anak paling kecil yang paling akhir menikah. So… ga akan ada lagi pernikahan di keluarga saya. Saya hanya berharap semoga keponakan-keponakan perempuan saya yang sudah dewasa segera menikah dan mereka  menyusun kepanitian. Sehingga saya bisa mengajukan diri sebagai seksi pencari souvenir pernikahan buat mereka! Hihi..

tempat paper clip
asbak

pensil lucu

tempat lilin, kyk topi ya?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...