Monday, December 19, 2011

Berburu Souvenir Pernikahan

Akhir tahun begini, saya banyak mendapat undangan pernikahan. Engga di rumah, engga di kantor, undangan datang silih berganti. Banjirnya undangan, membuat saya harus menyisihkan sebagian uang kas untuk mengisi amplop undangan. Teman saya bilang (atau ngeluh ya?): “kok nikah bisa bareng-bareng gini ya? Uang kas pribadi jadi kesedot setengahnya.” Hehe… mungkin apa yang dikatakan teman ada benarnya, tapi tentu saja kita tetap ikut senang mendengar teman/saudara kita akhirnya menemukan pelabuhan hatinya dan dirayakan dalam sebuah pernikahan bukan? Selain itu, bagi saya menghadiri undangan pernikahan adalah saatnya untuk berburu souvenir pernikahan yang terkadang unik dan lucu.

Saya masih ingat, saat mau nikah dulu saya paling sibuk cari souvenir. Sebetulnya untuk acara pernikahan saya, keluarga sudah menyusun panitia dengan tugas yang jelas. Saya sebagai pengantin harusnya tidak usah ikut sibuk dalam susunan panitia itu. Tapi saya tetap maksa agar pencarian souvenir biar saya yang handle! Saya ingin agar souvenir pernikahan saya berkesan buat para undangan. Harapan saya, mereka akan meletakkan souvenir di lemari pajangan atau setidaknya di meja kerja/belajar. Souvenir saya waktu itu adalah tempat pensil berbentuk miniatur sepeda onthel dari kayu. Saya membelinya di sekitar kebun raya Bogor dengan harga lumayan mahal. Karena harganya yang lumayan itulah, maka saya hanya membeli dalam jumlah terbatas. Walhasil tak semua undangan mendapat souvenir itu. Sayang sekali ya?

Adapun souvenir yang saya dapat dari setiap menghadiri pernikahan pada umumnya berupa gantungan kunci, pembuka botol atau permen. Kalau dikumpulkan dengan telaten mungkin saya sudah dapat lebih dari satu dus. Saya tau, semakin unik dan lucu souvenir, maka harganya pun semakin lumayan mahal. Mungkin harga yang mahal itulah yang membuat orang-orang hanya menyediakan souvenir dengan model standar  seperti di atas (gantungan kunci dkk). Padahal kalo jeli dan rajin, kita dapat memperoleh souvenir lucu dan unik dengan harga terjangkau loh!

Salah satu pengrajin souvenir yang saya kenal adalah Dani-craft. Dani-craft menyediakan berbagai macam souvenir lucu dan unik yang memanjakan mata dan bikin gemes pengen beli! Souvenir pernikahan yang tersedia disana banyak macamnya. Dari mulai pensil atau pulpen berbentuk boneka kayu mungil, tempat asbak dengan hiasan patung pengantin dari beberapa daerah di Indonesia, kura-kura mungil untuk menyimpan paper clip sampai tempat pensil berbentuk siput! Benar-benar unik dan lucu dan di luar bentuk standar souvenir yang biasanya kita terima. Harganya? Beraneka rupa dan cukup terjangkau. Bengkel Dani-craft ini lokasinya ada di Yogya, tapi mereka juga terima pesanan via sms atau e-mail seperti yang tercantum di website-nya.

Melihat beberapa souvenir pernikahan di Dani-craft bikin saya pengen nikah lagi..eh…maksudnya jadi pengen belanja souvenir untuk pernikahan. Sayang sekali di keluarga besar saya, saya adalah anak paling kecil yang paling akhir menikah. So… ga akan ada lagi pernikahan di keluarga saya. Saya hanya berharap semoga keponakan-keponakan perempuan saya yang sudah dewasa segera menikah dan mereka  menyusun kepanitian. Sehingga saya bisa mengajukan diri sebagai seksi pencari souvenir pernikahan buat mereka! Hihi..

tempat paper clip
asbak

pensil lucu

tempat lilin, kyk topi ya?

23 comments:

Lidya - Mama Pascal said...

biasanya kita mencari sovenir yg unik tapi harga terjangkau ya

Ami said...

dibisniskan aja sekalian... bisnis suvenir gimana, kayaknya enjoy banget deh

@zizydmk said...

Sekarang tukang suvenir makin kreatif aja ya bikin macam2 bentuk.
Waktu saya dulu, saya pilih kipas, karena kipas akan selalu dibutuhkan dan pasti dipakai, gak cuma dipajang aja di lemari. Dan memang berguna sih, karena kipasnya langsung dipakai :)

Outbound Malang said...

Lucu-lucu ya souvenirnya..

Ely Meyer said...

souvenir pernikahannya cantik cantik ...... aku suka yg nomor 3 ... familiar soalnya di sini :)

Jang said...

souvenirnya bagus-bagus ya. jadi ga sabar pengen cepet-cepet nikah.(loh?)

terapi qolbu said...

foto-fotonya bagus banget, imut-imut

rusydi hikmawan said...

warna2nya unik, apalagi tempat paperclip-nya. di sini gak ada tuh jualannya

NURA said...

asalamualaikum
wah souvenir pernikahannya semua sip dan unik
trims mba Popi visitnya ke Yogya

Popi said...

@Lidya: betul! yg unik dan murah most wanted! :D
@Ami: iya nih,..dijual lg aja ya? hehe..
@zizy: kipas mahal ya mbak? :(
@outbound: yap

Popi said...

@Ely: oya?
@Jang: jgn lupa, souvenirnya yg unik ya? ;)
@terapi: hihi..iya
@rusydi: bisa pesen tuh via e-mail ke dani-craft! terus dijual lagi di Lombok! :D
@Nura: sama2

fifin said...

dari keempat foto itu cuma nomor satu yang aku pernah melihatnya. Yang lain baru kali ini.. lucuu...

terutama yang nomor empat (tempat lilin).. mungil dan lucu abis,,

anisayu said...

wah soevenir yang unik dan cantik.
menarik sekali....

Ario Antoko said...

menurutku suvernir nikah bentuknya harus berguna, aku lebih senang dikasih kertas note/pena karena dapat dipakai

aku kurang suka majang suvernir soalnya

Andy said...

kalau dilingkungan aku,souvenir yang paling sering diberikan kepada tamu biasanya kipas mba
tuh dah jamak banget selain harga murah + banyak kegunaanya,heheh

joanna said...

iya..seneng banget liat souvenir pernikahan ya mbak..aku juga nih..tapi aku dulu souvenirnya itu yg berguna aja, alias bisa dipakai lagi..ngga dibuat hiasan doang..aku paling suka klo dapet souvenir kipas..hihihi..

DewiFatma said...

Cantik-cantik ya... Beneran pingin nikah lagi.. *eehhh... :D

arr rian said...

Mbak Popi, bukunya nggak pa2 kalo bekas, asal masih dibaca...
silahkan kirimkan ke alamat terdekat ya.
bisa dilihat disini
http://arrrian.blogspot.com/2011/10/blogger-hibah-sejuta-buku.html

kami tunggu sampai akhir desember 2011

Terima kasih

arr rian said...

asal masih bisa dibaca maksutnya :)

dunia kecil indi said...

lucu2 sekali suvenirnya :) bagus tuh bisa jadi alternatif kalauada yg menikah nanti. soalnya aku bosan banget rata2 yg nikah suvenirnya cake handuk terus, hehehe.
kalau pengen suvenirnya ya, mbak pas ultah pernikahan undang2 kerabat aja, nanti mereka mbak kasih suvenir. asyik, kan? ;) hehehe...

Azrina Puteri said...

lucu2.. mau satu dong haha

Elsa said...

aku suka banget kalo dapet souvenir wedding yang berguna gitu

accessoriesandfrenz said...

tempat paper clipnya lucu

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...