Wednesday, January 11, 2012

Numpang Nguping, Numpang Baca di kereta

Saya udah bertahun-tahun naik KRL, udah bangkotan kali! Entah sampai kapan saya akan berhenti jadi penikmat kereta. Selama naik kereta tentu banyak suka dan duka donk! Ga usahlah disebutkan apa saja dukanya, semua orang sudah tau. Bosen kalo diulang-ulang  (saya aja yang nulis bosen, apalagi yang baca!). Nah,  sekarang saya mau cerita pengalaman menarik selama naik kereta.

Tau sendiri kan (utama buat pengguna), KRL sekarang makin berjubel sejak berhenti di tiap stasion? Kalo udah berjubel gini, buat kaum perempuan yang paling aman emang naik di gerbong khusus wanita (gerbong paling depan dan paling belakang). Saya kalo pulang, Alhamdulilah jarang dapat duduk alias berdiri. Berapa stasiun yang harus dilewati dari sejak saya naik di stasiun Juanda hingga Bogor? 19 stasiun! Di Setiap stasiun pastiii ada penumpang yang naik! Kereta baru agak lenggang bila sudah memasuki stasiun ke-18.  Saking padetnya tuh kereta, kadang berdiri pun susah. Kaki ini entah yang kiri dimana, kanan dimana. Kalo udah padet gitu, posisi yang enak emang berdiri ditengah2. Kenapa? soalnya kalo doyong kiri doyong kanan kita bakal ketahan sama orang-orang yang berdiri di depan, belakang, kiri, kanan kita.

O'iya, balik ke hal menarik di kereta, saya suka heran, kok ya dalam kondisi kereta yang padat begitu masiiih saja ada perempuan yang sempet-sempetnya main HP untuk ber-sms-an atau ber-bbm-an. Dia ga peduli berjubelnya penumpang, dan ga peduli ada 'pihak' lain yang ikut baca sms/bbm nya (saya, maksudnya  :D  )  Saya salah? kayaknya engga (bela diri ;)  ). Abis gimana? saya berdiri tepat banget di belakangnya! Masa untuk menghindari mata saya agar ga bersirobok dengan tuh HP, maka saya muka harus dihadap  ke kiri/kanan sementara badan hadap depan? pegel donk leher saya! Nutup mata? saya ga ngantuk! gimana mau ngantuk, saya kan harus berjuang agar badan ga terdesak.

Yang seru, kalo ada yang sms/bbm dengan kekasih atau pasangannya. Kadang tema sms/bbm lagi marahan atau cemburuan.  Seperti kemarin, depanku seorang wanita muda, sepertinya dia ber-bbm dengan seseorang (kutebak kekasihnya!). Intinya dia nanya, kenapa orang itu jarang balas bbm nya? Orang yang di-bbm tak menjawab dan  malah ganti topik. Terus pas wanita itu kembali menanyakan apakah orang itu 'Bete'  padanya? yang ini malah tak ada balasan sama sekali. Si wanita sampai berkali-kali membuka HP-nya untuk memastikan apakah sudah ada balasan dari si cowok? Namun sayang sekali, hingga wanita itu turun dari kereta tak ada balasan! Saya menduga, wanita itu pasti kecewa! Jangankan dia, saya saja yang numpang baca ikut kecewa dan ikut H2C...(harap2 cemas) kira2 apa bunyi balasan kekasihnya ya? (saya malah menduga-duga:..jangan2 tuh kekasihnya sedang teriak: 'aku ga punya pulsaaa.....").

Selain numpang baca sms/bbm, saya kadang suka ikut baca korannya penumpang yang berdiri tepat depan saya. Beberapa orang seringkali terkesan 'ga ' berkenan ada orang lain yang numpang baca korannya. Ini terlihat dari reaksi mereka saat sadar ada yang 'numpang' baca, mereka langsung melipat koran -yang tadinya terbentang bebas- hingga menjadi sepotong lipatan kecil hingga hanya menyisakan berita yang pas dia baca (pelit banget ya??). Atau ada kalanya saat saya lagi asyik baca berita, eh...beritanya malah bersambung ke halaman sekian. Kalo nekad, mungkin saya bilang " Pak/Bu, tolong donk buka halaman 13!"

Ada juga yang lebih seru, denger obrolan orang (masyalloh!). Dari mulai ngomongin teman sekantor atau temen satu kereta, sampai gosip artis (saya rada males kalo yang model gini...soale suka rada ikut sewot kalo denger ada orang di-jelek2in. Kayak kenal aja! hehe..). Tapi kalo yang dibicarakan tentang cara didik anak, tips menghadapi pembantu RT, atau info toko baju yang murah dan bagus, saya akan menyimaknya baik-baik. Bila perlu, alamatnya dicatat supaya ga lupa!

Maka bagi saya, naik kereta itu dibenci sekaligus dirindukan. Benci jika kereta udah datengnya telat, padat pula, terus tengah jalan kena gangguan rupa-rupa. Namun kereta dirindu karena banyak pengalaman yang didapat. So, kapok naik keretakah? sepertinya tidak!

42 comments:

Berita kapal said...

salam pelaut batam yg blogger Berita Kapal

Ario Antoko said...

aku juga kayak gitu suka nyolong "baca" koran kalau sedang dalam situasi seperti itu :p

Ratnawati Utami said...

kalo naik kereta di jakarta pas sepi

I2-Harmony said...

Kalo saya liat orang naik kereta berdesakan kayak gitu udah ngeri. :D
Komuter di kota saya ga sepadat itu jam kerja. Ya berdiri sih, tapi ga separah itu. :D

ASAZ said...

saya kalau naik kereta dari bogor ke jakarta bila naik gerbong abodemen sering di usir sama pemilik kartu abodemen.

mabrurisirampog said...

hihihi,, seru ya bu, bisa curi2 pandang kaya gitu. bisa liat orang lagi berantem, senang, dsb. heheh

jadi pengen ngrasain sensasinya naik kreta mpe desek2an kayak gitu.. :D :D

Lidya - Mama Pascal said...

kalau aku dari jaman kuliah setia sama bis mbak :) jarang2nya naik kereta,begitu juga kerja. tapi kalaunumpang baca suka juga tuh kalauada orang yg bawa koran hehehe

Popi said...

ok

Popi said...

Hihi...baca gratis ya?

Popi said...

itu berarti harus pilih jam siang sekitar jam 9.00 -15.00. Jangan pas jam berangkat/bubar kantor

Popi said...

Bekasi kan? enak tuh. Masih sepi!

Popi said...

oh..itu skrg udah ga berlaku. Yg abodemen skrg ga dapat nomor istimewa. Makanya rugi kalo punya abodemen.

Popi said...

begitulah, banyak dukanya juga kok mas...Main donk ke Jakarta!

Popi said...

Kalo mau duduk nyaman emang enakan naik bis ya mbak? ga rebutan pula!

Andy said...

enaknya naik angkutan umum kaya KRL tuh bisa dapat teman baru jadi kagak kesepian kalau didalam KRL

WahidBlog said...

kunjungan perdana ni sob, salam kenal ya

SAZLINA COMP said...

Postingan yang bagus gan

anisayu said...

saya jarang naik kereta kalo bus umum sering atau angkot jadi nguping penumpang lainnya lg ngobrol tak sengaja hehehe :D

Popi said...

iya, makin banyak silaturahmi

zachflazz said...

inilah kamu itu, pop. dari sekian tulisanmu di blog ini, inilah yang terbaik menurutku. kamu banget, sangat poppiesh. kamu juaranya hari ini.

zone said...

mungkin dia sudah biasa atau emng ga peduli pada keamanan dirinya...
:)

Popi said...

begitu kali

Popi said...

??? :(

Popi said...

di angkot malah lebih kenceng kan suaranya? :D

Popi said...

thnks

Popi said...

makasih

Stupid monkey said...

naik kereta itu membingungkan, ya bingung sama penumpang lain, apalagi yang punya BB, mereka seperti autis, hehe, tapi numpang-numpang nya berkah ya ;)

Ely Meyer said...

kalo lagi naik kereta aku sukanya motret pemandangan di luar :)

Penghuni 60 said...

bagiku sih, gak ada yg namanya kapok naik kreta...
lebih asik naik kreta daripada naik bus.

Ello Aristhosiyoga said...

Wah,unik2 juga kelakuan orang2 di kereta!

Regards,
Twitter: @elloaris

Popi said...

disana pasti lebih bagus pemandangannya ya?? kalo disini yg bagus kalo naik kereta ke Jawa. Sedang kalo KRL..pemandangannya rumah petak hehe...

blog alternatifs said...

hehehehe.... salam kenal juga di kereta

Popi said...

ya banyak pengalaman yg didpt

Popi said...

Betul!! naik bus seringnya macet dan bikin tua di jalan :D

Popi said...

begitulah..thanks for your visit

Popi said...

komunitas kereta juga ya? :O

Belajar Photoshop said...

perlu tuh di dengerin kalau bersangkutan sama masalah pendidikan anak, parenting :)

mamanayla said...

haaii mba Popi,senyum2 baca postingan ini..soalnya aku jg sering begitu tapi bukan diKRL tapi di angkot atau lagi antri bank atau dikapal perjalanan luarkota...terkadang asyik jg "nguping" atau " baca" sms/bbm orang..hihihi...
Salam kenal dari Batam ya mbaa...

Ario Antoko said...

yup, aku memang suka membaca, dan kalau lihat bacaan langsung deh penuh rasa ingin tahu :D

Icha Rock.. said...

Cuman Bisa Mesem" aje dakh..
Itu Baru di KRL Commuterline..
dan Almarhum KRL Pakuan Teh Pop..
(Sebab yg Posting ane Liat Jarang naik Ekonomi..hihihi)
Nah Coba klo BerTahun" Jadi Penduduk Setia KRL Ekonomi..
Tanpa AC/Kipas Angin..
Tanpa Pintu yg Tertutup Rapat..
Tanpa Penerangan yg cukup..
Tanpa Kebersihan yg Sehat..
Tanpa Tata Tertib di dalam Gerbong..
Tanpa Gerbong Khusus Pria/Wanita..

Bisa di Bayangkan..
1 Bulan ga akan Selesai Nulis tentang SUKA DUKA KRL EKO PANAS.
hahahahaaa...(Jeritan Hati)

Akan tetapi Yg Penting dan Menolong adalah:
"HARGA TIKET YANG TERJANGKAU alias MURAH"

Popi said...

ih..sembarangan! Sekrg ane juga lebih demen numpang KRL EKo Sal! soalnya anginnya pating 'gelebug' drpd CL yg katanya 'AC' tp pengap dan panas-nya minta ampun!

Icha Rock.. said...

Hahhaaaa..
Nah tuh...
Awas Ah Ketagihan..
dan Tetap Waspadalah waspadalah...!!!

Copet dan Mata" Jahil Jelalatan..

Wkwkwkwkwkkk..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...