Tuesday, January 24, 2012

Semulus Jalan Tol Jagorawi

Lagi iseng pengen curhat tentang fasilitas umum nih! Tau kan? selama ini jalan tol jagorawi terkenal karena kualitasnya yang paling bagus dan mulus. Udah gitu tarif tolnya pun lumayan murah dibanding tarif tol di rute lain. Itu yang buat saya-selaku pemakai- senang dan bangga tiap hari melalui jalan tol ini.

Sayangnya, beberapa minggu ini kayaknya ada yang ga enak nih pas lewatin jagorawi, tepatnya sekitar Sentul (kalo ga salah!). Minggu lalu, saat saya lagi ngobrol sama suami yang lagi nyetir, mendadak kaget saat mobil kami yang melaju agak kencang agak oleng. Setelah ditengok ke belakang, waduh...ternyata ban tadi jeglong ke sebuah jalan yang agak bohak..(tau'kan bohak??). Terus ga lama dari situ, ternyata di depan juga ada beberapa yang agak sompak. Yaik...nih jalan yang tadinya mulus kenapa mendadak jerawatan ? belum sampe jerawat batu sih! Mungkinkah akibat curah hujan yang tinggi ? atau banyak truk kontainer lewat? Yang jelas sih karena kurang perawatan! harusnya sebulan sekali dirawat ke salon, biar ga jerawatan. 

Heran, kok kualitas jalan di negara kita jarang ada yang bagus ya? ada yang bagus, tapi ga bertahan lama, ga ada yang sampai bertahun-tahun awet mulus. Itu di tol jagorawi aja kayak gitu, apalagi jalan-jalan di daerah. Seperti di Jalan Baru Bogor yang menghubungkan daerah Warung Jambu ke arah Parung. Jalan ini entah sudah berapa kali diperbaiki dan diaspal.  Eh..beberapa bulan kemudian udah mulai bopeng. Ini pasti gara-gara namanya 'Jalan Baru'...jadinya pengen baru terus (sebenarnya sih nama resminya Jalan KH Soleh Iskandar, tapi entah kenapa lebih terkenal dengan sebutan Jalan Baru!). Penyebab utama jalan itu cepat rusak mungkin karena bahan yang kurang bagus (misal. pake aspal kw3), volume kendaraan di jalan itu yang padat, dan banyak truk-truk melintas. 

Melihat kondisi jalan di daerah yang parah gitu, seperti biasa kita hanya bisa 'maklum'. Tapi kalo sampai di jalan tol kondisinya jelek juga? ah..terlalu!! apalagi kita udah bayar lewat situ! Bayangkan, kalo jalan tol banyak kubangan? mobil yang lagi melaju kencang bisa celaka toh? 

Maka, untuk sementara jalan tol jagorawi tak bisa dibanggakan. Dan untuk sementara pula,  jurus maut  pria merayu wanita dgn memakai perumpamaan.."Sayangku, mukamu semulus jalan tol jagorawi"  tidak berlaku! Kalo masih ada yang nekad pake rayuan itu, bisa2 si pria malah di lempar pake bakiak mushola. Nasib rayuan itu kelak akan sama dengan rayuan maut jaman dulu, ingat ga? dulu wanita senang bila sang pria memuji dengan kalimat "duhai pujaanku, wajahmu seindah rembulan.." Mungkin sebelum kenal bulan, si wanita hanya senyum-senyum bangga. Tapi setelah para astronot membuktikan bahwa permukaan bulan banyak benjolan dan lubang2, tak ada satupun wanita yang mau wajahnya disamakan dengan rembulan!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...