Thursday, February 2, 2012

Ayo ke Museum!

Tadi pagi di kereta saya iseng beli koran (beli koran kok' iseng??). Biasanya saya kan tidur di kereta, maklum kurang tidur (7 jam, masih kurang?). Saya pilih koran yang harga serebuan. Tapi bukan koran yang beritanya 'kriminal plus esek-esek' dengan judul 'kontroversial dan lebay' loh! Saya beli Koran Jakarta. Beritanya lumayan enak dibaca. Terus, pas masuk halaman tengah bertitle RONA, disitu diulas beberapa museum unik di dunia. Antara lain sebagai berikut:

1. Museum Roswell -UFO di New Mexico
Sesuai dengan namanya, udah pasti dong isinya bisa ditebak: segala hal tentang benda angkasa luar yang belum teridentifikasi itu. Bagi saya, museum ini kurang menarik! Lagian saya emang kurang percaya ama yang beginian!

2. Museum Burlingame di California
Ini museum Pez candy dispenser. Museum apaan? museum tentang tempat permen yang bagian tutupnya dibuat dengan berbagai macam karakter.  Museum ini juga ga menarik buat saya! kalo saja itu museum permen dan para pengunjung boleh cobain semua permen yang ada, baru tuh' menarik!

3. Museum Eroticism di Paris
Dari namanya aja udah bisa ditebak arahnya kemana dan apa yang dipamerkan! Males banget kan? eh..kecuali buat mereka yang mengatasnamakan 'seni' , mungkin menarik ya?

4. Museum MINT di Singapura
Bukan! ini bukan museum koleksi permen rasa pedes itu! tapi MINT singkatan dari Moment of Imagination and Nostalgia with Toys. Artiin sendirilah! pokoknya museum mainan gitu loh! tapi mainannya langka dan unik! cuma saya penasaran, kira2 mainan 'gatrik', 'congklak', atau 'jelangkung'...termasuk yang dipamerin ga ya? kan udah langka dan unik tuh!

5. Museum Sulabh International Toilet di New Delhi
Museum apaan toh? museum toilet internasional yang di'sulap' jadi bagus?? hampir bener! tapi 'Sulabh', bukan 'Sulap'. Sulabh itu kayaknya istilah sono (India) untuk 'toilet' (kayaknya loh!!). Museumnya rada menarik, karena majang berbagai macam model toilet dari yang model jadul ampe canggih. Jamban model nongkrong diatas kali/sungai, termasuk yang dipajang ga ya?

6. Museum of Death di Hollywood
Museum dimana semua orang/pengunjung yang masuk situ bakal mati? Iya, Mati berdiri ketakutan! Bisa karena serangan jantung mendadak, asma kambuh, atau karena penyakit2 yang sering kambuh dadakan. Serius: museum ini berisi tentang segala hal yang menyeramkan terkait kematian. Mulai dari peti mati, video otopsi mayat, foto-foto pembunuhan, kursi listrik, gantungan bekas orang bunuh diri, plus golok bekas mutilasi (kalee!!).  Menarik ya? banget! saya penasaran pengen ke museum ini. Tapi, apakah museum ini 'seseram' rumah hantu ala Taman Safari? atau ala DUFAN? tebakan saya, pasti masih kalah serem dari penampakan  pocong dan kuntilanak Indonesia! Tak ada duanya dan tidak ada matinye!

7. Museum of Bad Art di Boston
Sesuai nama, maka yang dipajang disana adalah karya seni yang buruk, jelek dan kagak ada bagus2nya menurut penilaian para seniman. Museum ini memang didirikan untuk memamerkan beberapa karya seni yang 'tidak diakui dimana-mana' dan 'ditolak mentah2 di semua gallery' (kasian bener??). Ada lukisan yang nemunya di tong sampah, engga tau siapa yang bikin, udah robek, kena kotoran pula. 
Meski museum ini ga memamerkan karya seniman terkenal, tersohor bin termansyur, saya malah penasaran pengen kesana! Tentunya bila berkesempatan kesana, saya juga bakal bawa lukisan karya saya yang tentu ga kalah 'jeleknya' dengan yang udah dipajang disana!
Satu lagi yang bikin saya tertarik pengen kesana adalah komen pendiri museum, Bu Marie Jackson yang bilang: "Kami disini untuk merayakan hak seorang seniman gagal". .... cocok banget sama saya!


sumber: Koran Jakarta

24 comments:

  1. wah, sepertinya karyaku gak bakalan bisa dipajang di sana bagaimanapun caranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang Pak! jangan sedih gitu! ntar kubikinin museum deh di kampungku, khusus majang karya Seniman Putus Asa !! :D

      Delete
  2. setiap berlibur ke satu tempat aku dan suamiku pasti langsung nyari museum yg ada di sana .. krn pasti ada hal menarik yg bisa dinikmati dan dipelajari di museum

    yg nomor 7 pengen juga melihat museumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, asyik banget tuh berkunjung ke museum! apalg museum2 di LN kyknya pada terawat ya?

      Delete
  3. ayo mbak aku ikut ke musiumnya. . . . mumpung liburan kuliah ni hehehehe. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. entar saya ajak! skrg saya mo ikutan lotre dulu! hehe...

      Delete
  4. oalahh pop, kamu ini kurang kerjaan aja memprovokasi museum yang susah dijangkau. kalo kamu memang penggemar museum beneran, 'tu museum sumpah pemuda di kramat, kita jabanin dulu besok!

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga "ngimpi" :D
      museum kramat?? ngarang aja! ga ada museum disitu!

      Delete
  5. aku pingin liat yg no 3 mbak hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ketebak, minatnya ke museum apa! :)

      Delete
  6. tapi memang bikin penasaranya, jadi pengen kesana juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. Hayo..kita saweran buat kesana yok??

      Delete
  7. untuk yg nomer 7 http://en.wikipedia.org/wiki/Museum_of_Bad_Art

    ternyata beneran jelek mbak, aku saja yg bukan pecinta seni bilang jelek >,<'

    masih penasaran mau kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetep penasaran R1o!! sebagai sesama seniman gagal dan karyanya jelek, saya merasa harus kesana!! (kayak punya duit aja! emang dari sini ke toilet, gratis?)

      Delete
    2. ke sana rombongan aja, kita naik metromini

      Delete
    3. emang sekarang ada metromini jurusan Boston ya? :O

      Delete
  8. aku lebih suka ke museum asli indonesia,lebih tahu asal & mengapa kita bisa hidup sekarang

    ReplyDelete
  9. museum death???
    ada ya???

    aneh aneh aja

    ReplyDelete

Orang Yang Baik Adalah Yang Mau Menerima Kritik Dari Manapun, Sekalipun Kritik itu Buruk.