Tuesday, February 7, 2012

Rambutan Gundul..mu!!

sumber: google searh image
Minggu lalu saya dan teman ke Pasar Baru Jakarta. Sebuah pasar yang terletak di Jakarta Pusat yang di masa lalunya terkenal dengan nama Passer Baroe. Ah, indah nian nama itu! Entah kenapa saya lebih senang mengucapkan dengan sebutan terakhir. Kayaknya lebih unik. Apalagi saat melihat nama itu terpampang di gerbang masuk pasar tersebut. Megah betul. Serasa jaman kompeni.

Everybody knows so well, banyak macam dagangan dijual di Pasar Baru. Dari mulai kain, sepatu sandal, elektronik, peralatan salon dan makanan. Pokoke sagala aya! Kalo saya biasanya beli seragam sekolah anak-anak. Seminggu bisa bolak-balik saya kesini! (hehe...soalnya kadang seragam yang saya beli ga pas di badan anak saya, jadi saya harus balik lagi nuker!)

Nah, pas kemarin saya dan teman kesana, juga dalam rangka beli seragam itu. Sementara saya beli seragam, teman saya ngetem di tukang buah-buahan. Eh...buah-buahan disini banyak juga loh! Dan sekarang buah yang lagi musim adalah rambutan. Saya suka rambutan. Terutama rambutan Rapiah, temennya Markonah. Rambutan ini rasanya manis dan 'ngelotok' (=daging tercabut semua dari bijinya). Terus ada lagi satu jenis rambutan yang saya suka, tapi udah lama ga saya beli karena emang jarang yang jual: Rambutan Gundul!  Rambutan ini dinamakan demikian karena kagak ada rambutnya alias gundul! Lah, terus kenapa pula dinamakan 'rambutan'? harusnya 'gundulan' toh? Rambutan ini, kalo ga salah (karena saya makannya saat masa kecil dulu)  juga 'ngelotok'. Disamping itu, rambutan ini banyak mengandung vitamin C (udah pasti!) plus vitamin A dan E...Amis (manis) dan Enak! Wajar kalo harganya rada mahal. Di Pasar Baru banyak yang menjaja Rambutan Gundul. Saya yang udah lama ga beli dan ga makan, jadi ngiler pengen beli. Udah bolak-balik ke Pasar Baru, baru kemarin saya terpikir untuk membelinya.

Sebelum beli rambutan itu, saya memutuskan ke toko seragam dulu.Toko seragam langganan saya letaknya di lantai paling bawah pasar. Saat saya menuruni tangga menuju toko seragam, tanpa sengaja saya melihat seorang bapak sedang jongkok di pojokan. Mendadak saya kaget dan sejurus kemudian tak kuasa menahan tawa. Hah, ada apakah gerangan? Bukan! Si Bapak bukan sedang buang hajat! Tapi benda yang ada di kedua tangan Bapak itu yang bikin saya kaget! Guess what? rupanya di pojok yang agak gelap sedang terjadi 'pelecehan'! Yap, tepatnya pelecehan terhadap eksistensi rambutan yang berambut 'lebat'. Si Bapak dengan teganya sedang meng"gunduli" beberapa buah rambutan lebat. Seandainya rambutan itu bisa menjerit, pasti dia udah lari ngibrit dan teriak " tolong...jangan gunduli rambutku!"  Wow, ternyata?? saya yang tadinya berniat beli rambutan 'gundul' jadi ogah. Ternyata gundul-nya ga alami toh? 

Saya ga tau, bagaimana cara membedakan antara rambutan 'gundul asli' dengan rambutan 'gundul palsu'. Mungkin saja persitiwa yang saya lihat itu cuma kasus. Artinya, ga semua pedagang rambutan gundul di Pasar Baru menipu, ya kan? Tapi tentunya saya perlu tau dulu donk pembeda kedua jenis rambutan itu! Jadi, kalo suatu saat ternyata saya ditawari yang palsu, saya bisa bilang ..rambutan gundul-mu!

38 comments:

zachflazz said...

pengin rambutan gundul original? datanglah ke rumahku. di sana bakal kusuguhi duku, durian, nangka, mangga, manggis, durian, menteng, bahkan kembang melati pun ada. asal mau manjat sendiri tentunya. sorga banget bukan?

Si Galau said...

wah :D
lucu ya
q blum pernah ngerasain rambutan yg kayag gitu sob :D

Elsa said...

waaah penipuan ya Mbak...
harusnya direkam kamera tuh
jadi serasa nonton reportase investigasi gitu

Baby Dija said...

Dija juga suka rambutan Tante...

usaharumahan said...

duh...jadi penasaran, sy seumur2 blum pernah liat rambutan gundul.

Adang Muhammad said...

menarik sekali bahasannya.kayaknya belum coba.
kunjungi dan join juga Blog saya

Mabruri said...

walaaa,,,, ternyata apa aja tetep dimanipulasi yah,, hheehe
ga sekalian aja tuh bapak2nya bawa rambutan ke salon suruh digundulin semua... ckckck

widi said...

Dulu banyak di kampungku Cilandak II Jakarta Selatan dan Cinere, tapi sekarang udah punah, namanya kalo gak salah Rambutan Cipelat, gak tau darimana artinya, depan rumah juga punya 1 di sebelah jambu air hijau (bener-bener air beningnya sampe banjir) yang sekarang juga sudah langka...

Popi said...

di sorga cuma segitu adanya? ah, kurang mewah donk!

Popi said...

beli lah!

Popi said...

haha..iya El, tadinya aku mo motret. Tp ga jadi, takut si Bapaknya marah!

Popi said...

awas bijinya kelolodan!

Popi said...

tuh, ada fotonya!

Popi said...

Ok

Popi said...

Hahah....iya harusnya sekalian ya?

Popi said...

waw..boleh donk dikirim kemari!

Ario Antoko said...

aku baru tahu ada kasus kayak gini, rambutan sih aku suka tapi jarang aku makan langsung, biasanya lebih suka makan dari rambutan kaleng krn ada kuah airnya :D

*Threaded Comment itu kotak komentar bertingkat seperti yg kita pakai :)

** iya tuh mbak, pesan kotak komentarnya berubah, jadi suka diabaikan pengunjung :(

hijihawu said...

Hahaha.... Ternyata rambutan gundul aspal ya.... :-D

Tapi itu rambutannya meni merona begitu....

garammanis said...

wahhh.. belum pernah saya makan rambutan gundul asli... kalau yang palsu mungkin sering... karena digunduli gitu, tapi gak terlalu gundul... :D

Popi said...

makan yg kalengan? awas ada pengawetnya R1O!!

Popi said...

menggoda ya? he..

Popi said...

ga terlalu gundul? oh..berarti yg model 'cepak' ya? hihi..

Muhammad A Vip said...

ternyata bukan aku saja yang ketipu, ternyata banyak orang. sampeyan juga rupanya...

Muhammad A Vip said...

ternyata bukan aku saja yang ketipu, ternyata banyak orang. sampeyan juga rupanya...

waroeng coffee said...

wkwkwkwkwk rambutan gundul..mu, untung ketauan ya mbak tapi boleh juga kreativitas mereka ye wkwkwkwkwkw

AstyNNS said...

Ya ampun ternyata gundul pun ada yg abal2 ya? hihihi...Tapi prihatin jg sama pedagang2 di Indonesia, susah nyari yg jujur.

Andy said...

ya maka dr itu kita sebagai konsumen harus lebih teliti sebelum membeli sesuatu
tapi alhamdulillah selama ini aku main ke Pasar Baru belum pernah di tipu sekali pun

Popi said...

masa sih ketipu juga? bukannya sesama penipu dilarang saling menipu? hehe...

Popi said...

orang Indonesia kalo urusan beginian emang pada kreatif!..

Popi said...

ternyata pembohong itu ga hanya kelas pejabat ya mbak? yg kelas bawah pun ikutan jadi pembohong!..

Azrina said...

rambutan gundulmu! wkwkwk

Ely Meyer said...

weleh baru tahu kalau ada orang tega mengunduli rmabutan ^_^

dah lama ndak makan rapiah yg pasti ngelotok dan manis :)

Muhammad A Vip said...

komen di sini repotnya minta ampun. kenapa ini?

Muhammad A Vip said...

komen di sini repotnya minta ampun. kenapa ini?

Muhammad A Vip said...

komen di sini repotnya minta ampun. kenapa ini?

Muhammad A Vip said...

komen di sini repotnya minta ampun. kenapa ini?

Burhanuddin Ojo said...

boleh tuh pak

Anonymous said...

rambutan gundul asli berwarna hijau, ukuran gede, kulit agak tebal, daging buah segar manis(tanpa rasa masam), asal dari kotabatu dekat bogor, sekarang mungkin sudah punah

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...