Monday, April 16, 2012

Racun di sekitar Anak kita..

Blog Cinta Damai
Jumat siang kemarin, saya dapat undangan arisan dari kantor suami. Seperti biasa, disamping arisan, biasanya diisi juga dengan acara tertentu, misalnya demo masak, ceramah agama, masalah kewanitaan, dan kemarin itu temanya 'mendidik anak di era digital'. Yang isi acara dari Yayasan Buah Hati, miliknya Ibu Elly Risman. Namun, kali ini bukan Ibu Elly Risman yang isi acara, melainkan salah satu anak buahnya yaitu Ibu Nenden. 
Sebetulnya kantor suami udah pernah ngundang Elly Risman dua bulan lalu, sayangnya saya ga ikut. Untunglah kemarin ceramah tema sama diadakan kembali. Soale' banyak orang bilang, ceramah dari Yayasan Buah Hati ini penting banget buat para ibu yang cenderung kuper atas perkembangan jaman!

Dan benar saja, setelah saya ikuti ceramah hampir 2 jam. Wah, banyak banget info yang saya terima. 
Jujur, dua komen saya tentang ceramah ini : Nyesel Ikut, Bikin Lemes!
Nyesel ikut? ceramah ini berdasarkan survey yang dilakukan oleh Yayasan Buah Hati terhadap anak-anak SD kelas 4,5, dan 6. Hei!!! ini sepantaran anakku : Yassin! 
Hasil survey menunjukan, anak-anak seumuran gitu -sekarang- sudah mulai mengenal sex. Bahkan dalam layar presentasi ditayangkan beberapa kasus dimana ada anak usia 7 tahun kecanduan game porno di warnet. Masyalloh! Dan masih banyak kasus nyata lain yang bikin saya dan para ibu yang hadir ketar-ketir!

Yayasan Buah Hati juga menemukan (ini juga katanya atas info dari para anak yang di survey) banyak game-game PS dan situs-situs porno yang berkamuflase. Anak-anak pada mulanya mengira itu game anak-anak, tapi ternyata itu cuma 'tipuan' dan cara orang-orang bejat meracuni anak2 kita. Misalnya, game atau situs bernama "Naruto"..ternyata isinya? triple x. Istilah film dewasa.

So, para orang tua, HARAP SELALU CEK KASET  PS yang dimainkan anak-anak di rumah, CEK HP mereka, CEK PC di rumah (sapa tau disimpan di folder tertentu), CEK TAS mereka (sapa tau simpen stensilan)..walahhhh...sebegitu ribetnya jadi orangtua sekarang??
Terus, ada satu yang bikin kaget, dan bikin saya jadi pengen buru-buru pulang ke rumah: ternyata ada game yang salah satunya dimiliki kedua anak lelaki saya! apa? GTA San Andreas! saya emang tau game itu mengajarkan kekerasan: gimana cara mencuri, gimana mukulin orang, tapi saya ga sangka kalo game ini di babak akhir (kalo udah capai level tertinggi) hadiahnya ---- ML? apaan? Mau Lagi? begitulah..
Saya tau kedua anak lelaki saya belum sampe level tertinggi itu, dan saya pun selalu mengingatkan mereka bahwa game GTA San Andreas itu ga bagus buat mereka! selain banyak kekerasan, juga banyak kata2 makian dalam bahasa Inggris. Dan kedua anakku juga sadar itu. Cuma emang game itu menantang dan dibuat sedemikian menarik!

Lantas, Ibu mana coba yang engga 'Lemas' setelah mendengarkan ceramah itu?? hampir semua Ibu yang hadir di ceramah kemarin, mengelus dada, khawatir dan lemas! Ga salah kan kalo saya bilang Nyesel ikut? saya mendadak jadi parno. Di rumah, saya jadi selalu memperhatikan setiap prilaku kedua anak lelakiku -utamanya Yassin. Seusia dia itu sedang muncul rasa 'penasaran' terhadap hal-hal baru. Hm...ga heran ya, kalo dalam postingan lalu, kuceritakan bahwa anak lelakiku itu sudah mulai menanyakan kata-kata yang bikin ibunya shock

Sekarang, apakah yang aman dikonsumsi oleh anak-anak kita? bahkan buku pelajaran sekolah pun ada yang mengajarkan kekerasan dan tak sopan? Buku Pelajaran? iya, saya malah baru tau info itu dari blog teman saya. Edannya, ini bukan yang pertama, kalo tak salah tahun lalu pun kita dihebohkan dengan buku pelajaran yang memuat cerita menjurus pornografi!

Sungguh kasian anak-anak sekarang. Banyak Racun disekelilingnya tanpa mereka sadari. Dan tugas kitalah sebagai orang tua, yang harus menyediakan Penawarnya!



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...