Tuesday, May 29, 2012

Fobia

gambar diambil disini
Siapa yang tak kenal Iko Uwais? Aktor yang main di film laga the Raid ini, selain bertampang 'good looking' juga jago silat. Namun, dibalik tampilan yang 'macho' itu, sapa sangka kalo Bang Iko mengidap fobia terhadap kerupuk. Apa? Iya, kerupuk! Anda boleh tak percaya, tapi ini nyata.
Saya sendiri baru tau hal itu setelah semalam di rumah, iseng baca majalah Tempo Edisi 30 April-6 Mei 2012 - yang udah lama tak geletakin gitu aja di lemari berdebu.

By the way, Fobia itu apa sih? dalam dunia kesehatan dan psikologi, fobia adalah rasa ketakutan berlebihan pada obyek tertentu yang tak seharusnya. 'Obyek tertentu' ini bisa berupa benda mati atau mahluk hidup.
Pendeknya gini, fobia bisa diartikan sebagai perasaan takut yang dialami seseorang kepada sesuatu-yang menurut pandangan orang pada umumnya- sesuatu itu 'biasa-biasa' saja, sama sekali gak menakutkan, pokoknya menurut orang umum ketakutan itu dianggap gak masuk akal! Contohnya seperti Iko Uwais tadi! Aneh kan, kok bisa takut pada kerupuk? penganan kriuk-kriuk, gurih,yang harus selalu hadir tiap saya makan, kok bisa dibenci Bang Iko? please deh!
Biasanya fobia muncul karena si pengidap punya pengalaman gak enak di masa lalu sama obyek yang di-fobia-in. Kalo di kasus Iko, tidak dijelaskan detail penyebabnya. Dia bilang anti kerupuk sejak SMP. Serpihan/remah-remah kerupuk mendadak bikin kulitnya gatal-gatal dan bergidik ngeri. 
Di Tempo juga diinfokan bahwa pengidap fobia ternyata tidak hanya Iko. Beberapa tokoh dunia perfilman juga menderita hal sama, tapi dengan obyek fobia yang berbeda. Seperti Kemal Arsjad, dia fobia terhadap roti. Katanya, dia akan menolak mentah-mentah dikasih uang jikalau uang itu ditaroh di atas roti. Sekalipun uangnya berjumlah 100 juta!! Wah, kalo menurutku sih, gampang saja: pake aja sodokan untuk nyingkirin roti itu, terus ambil tumpukan uangnya pake pencapit ikan bakar. Beres! 
Tapi bagi pengidap fobia tidak segampang itu! remah-remah roti -meski seuprit- yang nempel di uang tetap bikin bergidik! Rada lebay menurut orang normal, tapi begitulah adanya!
Reaksi pengidap fobia sendiri bila bertemu obyek yang ditakutinya macam-macam. Ada yang gatal-gatal, jerit-jerit ketakutan, keringat dingin, bahkan pingsan!

Ngomong-ngomong tentang fobia, saya jadi ingat teman pria saya yang fobia terhadap cicak. Kami bilang padanya: 'ah itu bukan fobia, tapi geli doank!' tapi menurutnya tidak! Dia benar2 fobia. Dan ini terbukti, saat minggu lalu kami melayat orangtua teman, kemudian rekan-rekan pria ikut sholat jenazah di mushola. Pas pembacaan doa, tiba-tiba teman kami itu teriak-teriak dengan kedua kaki terangkat keatas-mirip orang kesurupan. Sontak si teman menjadi pusat perhatian. Pembacaan doa yang tadinya hening dan khusyu, sedikit terganggu. Ada apakah gerangan? ternyata ada seekor cicak kecil menclok di tubuhnya (entah tepatnya dimana, karena saya sendiri tidak di lokasi dan hanya diceritakan oleh rekan2 pria saya yang lain). 
Sayangnya, yang tau penyebab si teman berteriak heboh hanya rekan2 saya saja yang kebetulan berada di kiri kanannya. Adapun jamaah mushola yang lain, tidak tau persis! Kami jadi menduga, jangan2 mereka berpikir teman kami itu benar-benar kesurupan?

Fobia, suatu hal yang menurut kita sepele tapi ternyata suatu kesengsaraan bagi yang mengidapnya! Saya sendiri -alhamdulillah- engga menderita fobia. Rasanya saya cuma sekali seumur hidup menderita fobia. Itupun terjadi di masa muda dulu dan sekarang syukurnya udah sembuh. Fobia apa? fobia cowok ganteng! reaksinya? rasa ketakutan, khawatir dan kapok ditolak melulu!

37 comments:

diniehz said...

Jaaaah, fobia cowok cakep :))))

Saya mengidap ichthyophobia mbak, alias phobia ikan. Tapi phobia ini jelas tidak aneh dan tidak memalukan kalo dibandingkan dengan kerupukphobia yang diidap oleh Iko uwais ;p

Muhammad A Vip said...

fobia bisa sembuh rupanya, saya pikir itu bawaan lahir yang tak bisa disembuhkan.

zachflazz said...

halahh phobia aja dipikirin. yang penting berani nekad, itu aja koq. awalnya takut tikus, coba nekad ngeluus-elus badannya tikus, nanti kan lama-lama terbiasa. sembuh.

r10 said...

kalau begitu aku fobia cewek cantik dong

aku cuma bicara sama ibu nah loh.... kuper habis aku yah :(

ELy Meyer said...

asyik dong ya kalau fobia cowok ganteng :)

Madjongke said...

Kalau takut ketinggian itu di sebut fobia juga gak

Ami said...

aku fobia sama cowok sixpack perutnya #halah. Beneran sampe dengkul lemas gak bisa berdiri. tapi bukan fobia dhing, waktu dideketin diajak salaman terdiam membisu gak teriak-teriak #gaknyambungya

randy yang penting share said...

wkwkwk kita senasib mbak tapi sama ikan yg udah dimasak aja haha

Arman said...

waduh repot banget kalo fobia ama cicak ya... lha cicak kan ada dimana2... huahahaha...

gua rasanya gak ada yang parah2 amat fobianya. masih dalam kadar biasa2 saja.. :D

Vivi said...

Phobia sama segala jenis ulat. Langsun bergidik ngeri dan ingin berlari sejauh mungkin dari objek tsb !

Rohmat Hidayat said...

hahaha unik unik ya komennya, aku alhamdulillah ga fobia.

www.serbucyber.blogspot.com

cik awi said...

Wah kalau saya fobia sama cewek cantik takut di buat jatuh cinta soalnya

USOFT said...

hm... fobia saya apa ya..? dari dulu ngak tau apa..!?

Popi said...

wah..padahal Ikan banyak Omega 3 nya loh!!

Popi said...

bisa. Asal ada kemauan pasti ada jalan!

Popi said...

ngomong emang gampang. Situ dilempar tikus pasti loncat2 , terus meluk orang yg ada di meja tengah!

Popi said...

waduh?? ga apa R1O, ngobrol sama cewek cantiknya entar aja kalo udah jadi istri!

Popi said...

suami jadi aman ya? hehe..

Popi said...

termasuk tuh! namanya Altophobia...kalo ga salah! Tapi saya juga kalo berdiri di pinggir jurang takut juga...Wajar ya?

Popi said...

aha, saya tau latbek ceritanya Mbak! sixpack...ckckk, gmn caranya ya?

Popi said...

syukurlah!

Popi said...

ulat, cacing dan sejenisnya emang bikin geli.

Popi said...

sama Macan/singa?

Popi said...

wah, bahaya itu!!

Popi said...

alhamdulilah..

Andy said...

kalau aku Phobia sama ketinggian,dan pasti kalau diatas ketinggian kaki udah goyang ke kanan & kiri :(

dunia kecil indi said...

hahaha, lucu banget fobia cowo ganteng :p
aku ada fobia, yg udah berlangsung dari pas kecil banget. tapi rahasia deh fobianya sama apa, hehehe...

r10 said...

eh, TAR 21 balik ke Indonesia loh mbak

http://www.catatan-r10.com/2012/05/amazing-race-season-21-kembali-syuting.html

Audrey Subrata said...

waduh baru tau ada fobia kerupuk ._______.

Rizki Pradana said...

klo aku fobia kalau gak ada duit di dalem kantong,hehe..
mau makan susah,,mau jajan susah,hehe (itu termasuk fobia gak ya,hehe..:p)

salam EPICENTRUM
mampir juga ya..:)

zachflazz said...

Alergi liat ibu yang makannya sok secuil. Penginnya liat doi makan nasi sebakul lalu gemuk dan pipinya tembem.

Popi said...

ketinggian sampa berapa kaki?

Popi said...

itu bisa disembuhkan kan nDi?

Popi said...

sama!

Popi said...

kalo sama donk! apalg kalo pertengahan bulan sampe akhir bulan, fobia banget!

Popi said...

makanya, traktir makan ibu itu di resto2 kelas 1 yg berlemak donk! kayak AG, PH, ..

zachflazz said...

ini harinya ibu tadi traktir dong. ehh, besok ding. selamat ulang tahun ibu, semoga makin berjaya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...