Friday, June 1, 2012

Pendidikan Sex untuk Anak

Blog Cinta Damai
Waduh, kok blog ini jadi bahas sex? engga, saya ga akan kopas masalah itu. Postingan ini dibuat dalam rangka share pengalaman buat mereka yang saat ini atau kelak memiliki anak ABG yang 'sedang-sedangnya' banyak bertanya tentang segala hal, termasuk masalah sex.

Seperti yang pernah saya posting sebelumnya disini, anak pertama saya Yassin - sedang memasuki masa ABG, masa akil baliq. Seumur gitu, seorang anak tidak lagi mau disebut 'anak kecil', tapi belum pula mau disebut 'dewasa'. Emosi-nya mulai ga tentu. Kalo ga sabar, saya dan Yassin bisa sering debat-kusir. Dan kalo dipikir-pikir, dia paling senang bertanya dan berdebat dengan saya dibanding dengan ayahnya! padahal idealnya kan anak lelaki bertanya pada ayah-yang juga laki-laki, bukan?

Demi mengantisipasi pertanyaan Yassin yang bertub-tubi mengenai segala hal tentang sex, dan setelah saya dulu mengikuti seminar Bu Elly Risman setengah hari di kantor suami seperti yang saya ceritakan di postingan yang ini, saya mulai membekali diri dengan sebuah buku yang dikarang oleh Bu Elly Risman dkk. Buku ini enak dibaca dan perlu (kok jadi kayak slogan sebuah surat kabar??hehe..). 

Buku bertitle Ensexclopedia yang ditujukan buat orangtua, guru dan juga para anak tersebut, isinya lumayan lengkap menjawab hampir semua pertanyaan yang sering dilontarkan anak-anak. Dikemas dengan bahasa yang ringan, detail, dan tentu ga vulgar. Namun, terlepas dari itu semua, menurutku masih ada beberapa hal dalam buku ini yang sepertinya tetap kalo anak kita yang baca, masih belum jelas betul! (pada saat saya baca buku ini, saya berusaha memposisikan diri sebagai seorang anak). Mungkin itu karena Bu Elly dkk mencoba menghindar dari kesan 'vulgar' tadi ya? itu sebabnya, kita sebagai orangtua- tetap perlu menyiapkan amunisi alias jawaban untuk pertanyaan selanjutnya dari si anak tentang apa yang diungkap di buku ini! 
Yah..memang tak ada yang sempurna dalam hidup ini! Kesempurnaan itu hanya milik Allah SWT, dan kekurangan itu milik Mbak Dorce. ..heh, peace Mbak Dorce!!



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...