Friday, September 14, 2012

Kuliner Enak di Semarang

Saya dan suami (plus anak-anak) kalo udah sampe Semarang, apa yang dicari pertama kali? MAKANAN.! 
Lebaran kemarin kami sampai di Kota Semarang pukul 24.30 pas malam takbiran. 
Begitu masuk kota Semarang, bukannya langsung menuju rumah mertua, Suami malah ngajak ngubek2 kota nyariin warung tenda yang masih buka. Dari mulai muter2 Simpang Lima, Tugu Muda, sampe ke arah Krapyak. Demi mencari satu nama : BAKMI JAWA!
Kami memang penggemar berat Bakmi Jawa. Sebenarnya di Bogor juga ada. Tapi tetap ga sekomplet di Jawa Tengah. Ga ada brutu, sayap dan paha ayam yang rasanya alot. Semakin alot dagingnya, makin lezat rasanya.

Setelah muter2 keliling kota, akhirnya kami malah ketemu Bakmi Jawa ga jauh dari rumah mertua di sekitar Banjir Kanal. 
Tampilan warungnya kurang meyakinkan sih. Dan yang beli juga cuma sepasang remaja yang sedang leyeh2 di trotoar jalan! (Masyalloh....malam takbiran kok...???).
Rasa bakminya bagaimana? kalo kataku sih 'Alhamdulilah enak' (sebagai seorang pemakan segala, pantang bilang Tidak Enak!). Pedasnya cukup nonjok!
Tapi komen suami dan si sulung lain lagi! Kata mereka sih rasanya kurang sreg dan terlalu manis!'
Karena tampilan Bakmi yang ga meyakinkan, maka ga jadi ku dokumentasikan.

Kami tinggal di Semarang 4 hari. Engga kemana2. 
Tadinya pengen ke Yogyakarta, tapi kata iparku jalan kesana muaceettt. 
Terus berniat ke pantai di Jepara atau sekalian ke Karimun Jawa. Batal juga! karena ide ke Jepara baru muncul Senin siang. 
Suamiku bilang, kalo mau jalan jauh itu diniatkan jauh2 hari dan semateng mungkin. Jangan dadakan!
Ya sudah, akhirnya selama di Semarang kegiatan kami cuma makan dan makan! (wajar kalo setelah lebaran, tampilan kami makin bulet dan 'subur'). 
Beberapa tempat makan yang -menurut kami- enak dan maknyuss antara lain:

Blog Cinta Damai

Belum sempet difoto, udah abis dilahap Yasser!

Kepiting Cah Gundul!
Blog Cinta Damai
Mantap rasanya!

Sebenarnya masih banyak! ada Soto Ayam Pak Denan, Kepala Kakap, Bakmi Jawa di deket rumah orangtuanya Bu Sri Mulyani...Tapi semua itu ga sempet di jeprat-jepret. Maklum, sang fotografer lupa diri! sibuk melahap makanan !


46 comments:

ekoeriyanah said...

nyam nyam nyam bikin ngilerr ya tuch makanan haduhhhhh(^_______^)

covalimawati said...

huwaaaa.. pengeeeen... aku juga penggemar bakmi jawa, maklumlah wong jowo asli. Pernah makan bakmi jawa di semarang, maknyus bgt.. tp lupa t4nya.. hehe..

knitknotlove indri said...

waa saya juga sering makan di bakso pak geger
kalau ga bakso pak kumis di matahari

yang pasti seringnya beli mie ayam di jayasari
seberangnya bakso pak geger (deket toko balad)

danirachmat said...

Bener ya Mba kklo mudik itu bawaanya pengen makan terus. Mana kadang harganya murahnya bikin shock. Hehehe

Aninda Naima said...

belum pernah ke semarang nih... hehe

semoga suatu saat bisa kesana :D

Tebak Ini Siapa said...

Oh Bu Ani tuh orang Semarang... *barutau*
Baru tau lho mbak ada jam 24.30, hihihi :D

Mami Zidane said...

saya juga suka bakmi, bakso, kepiting....semua makanan halal saya doyan mbak...hihi

zachflazz said...

poppy... poppy... kenapa kamu nggak ubek-ubek semarang sih, banyak banget lho makanan yang nggak ada di sini. lagian ke karimun jawa juga udah deket banget. itu kan impianmu sejak 5 tahun lalu bukan?

HM Zwan said...

uwaaaaaaaaaaaaaaaaa..kepitingnya bikin ngilerrrrrrrrrrrrrrrrrr :D

Asep Haryono said...

Hehehe saya baca sampai tuntas postingan ini. Wah semarang ya. Saya terakhir ke Semarang tahun 2005, bulan apa yan sudah tidak begitu ingat lagi. Kebetulan calon istri saya waktu itu kuliahnya di IKIP PGRI Semarang, dan ngekosnya di jalan Dr Cipto. Saya ke Semarang bersama sama dengan family dari Jogjakarta biar cepat sampei dari Jogja ke Semarang aja pake Garuda Indonesia hehehehe.

Bakmi Jawa memang asyik juga sensasinya itu luar biasa. Kalaw di buku resep istri saya sudah ada tuh namanya Mie Jawa. Tampilannya memang agak amburadul dibanding dengan Mie goreng cuma lebih "rame" asosiresnya. Saya pikir Semarang kondang juga dengan wisata kulinernya. Saat saya ke Semarang waktu cuma icip icip Sate di sekitar Masjid AGung semarang, dan Lumpianya. Baunya Lumpia memang bacin, tapi rasa lumpianya uenak tenan.

Semarang kota yang canggih, cantik, keren. Saya dan istri waktu itu hanya sempat mampir ke Sam Pho Khong (Maaf kalaw saya salah menuliskannya) dan berfotoo foto di sana. Family saya juga ada di Semarang waktu itu, kalw nda salah lokasinya dengan WOnder Ria

Asep Haryono said...

Benar banged. Saya aja yang ke Semarang waktu tahun 2005 lalu rasanya ingin selalu muter muter kota Semarang. Saya blum gitu kenal kota Semarng tapi senang muteri Semarang walau cuma pake motor butut family saya di Semarang. Jalan jalan di kota Semarang sangat mudah diingat, dibaca rutenya, dan banyak petunjukknya jadi saya yang awam aja bisa keliling Dr CIpto dan sekitarnya hiehiheiheiee

Asep Haryono said...

hahahaha Jeli sekali mha Una. Wahehehehehe

ghielz said...

jadi pengen ,maen kesemarang. kapan nie di undang ksn sob :D

Arman said...

kepitingnya bikin ngiler... :D

agen trica jus surabaya said...

kayaknya enak tuh

Hzndi said...

an ga suka kepeting :|

Idah Ceris said...

Dimana-mana bakso memang makanan yang pantas diserbu. :D
Alhamdulillaah, batal ke karimun jawa. :P

Mba, untuk memenuhi rantai, idah kasih rantai ya? :)
http://idah-ceris.blogspot.com/2012/09/mengerjakan-peer-dapat-award.html

catatan-r10.com said...

jadi pengin punya smartphone biar bisa foto2 saat di jalan

update blog gaya live report gitu

dea said...

jadii pengen bakso deh xixixixix :D

Popi said...

Awas jgn ngeces di blog ane!

Popi said...

Samping hotel novotel yg plg mantep!

Popi said...

Oiya tuh bakso urat pak kumis jgg lezat!
Mie ayam? Belah mana?

Popi said...

Iya! Bikin kalap!

Popi said...

Kuliah di Undip aja !

Popi said...

Salah ya? Hihi

Popi said...

Pemakan segala yg halal ya mbak?

Popi said...

Sejk lima thn lalu?ih ngarang aja loe!

Popi said...

Wah ternyata kang asep udh mengubek2 semarang y?
Sam pho kong sy blm pernah msk, cuma lewat2 doank!
Taman wonder ria msh ada tp sepi pengunjung!

Popi said...

Tunggu sy jd walikota semarang ya?

Popi said...

Loh? Emang karimun jawa knapa?
Rantai-nya nanti kuambil ! Thanks

Popi said...

Live report, apa ga repot?

Sinna Saidah Az-Zahra said...

wah ... jepara keren loh mbak ada kura-kura buesarr ... kok malah gak jadi e jepara ya ... hehehehe ... salam dari jepara ya mbak ....

eh mbak aku minta tolong ya untuk minta komentarnya mbak di sini
http://www.timkomte.com/2012/08/thank-you-and-i-miss-you.html

arikaka said...

eaa salah satu enaknya punya kampung apalagi di tempat2 yang kulinernya maknyos ya ini.. huaa saya gak punya.

cumakatakata said...

astagfirloh Teh, langsung lapar saya...

Lidya - Mama Cal-Vin said...

harus aku atet nih mbak kuliner semarangnya, secara suamiku kurang paham dng kuliner kotanya sendiri hehehe

ke2nai said...

pengen kepitingnyaaaa.. ^^

Popi said...

wadooh??? jadi selama in belom pernah ke tempat2 yg kusebutkan di atas mbak? kapan2 kalo kita kopdar kuajak kesana ya? Bakmi Jawa deket Rumahnya Ortu Bu Sri Mulyani, muantapp kalii!!

Popi said...

sabar..sabar

Popi said...

iya nih..Payah banget ya? Insyalloh lebaran depan (kalo Allah merindhoi ) rencana ke Jepara terwujud!

Komen di acara apa neeh?? ada gift-nya ga?

Popi said...

bukan engga punya, tapi 'Belum' punya!
Nanti juga kalo menikah terus dapat orang daerah, kan bisa pulkan ke pasangan! hihi..

Zizy Damanik said...

Daerah-dearah di Indonesia kaya akan kuliner ya. Sayang saya belum pernah ke Semarang nih, jadi belum tahu apa-apa soal kulinernya...

obat tradisional kolesterol said...

ikut nyimak artikelnya.,., makasih

cara menyembuhkan bisul said...

kayaknya enak tuh

penyembuhan penyakit vaginitis said...

kepitingnya bikin ngiler.

cara mengobati penyakit kanker laring said...

nice post.

cara mengobati penyakit kanker limfoma said...

kunjungan malam gan, salam kenal.,.,.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...