Monday, October 15, 2012

Antara Anyer dan Jakarta

Postingan ini terinspirasi dari obrolan anak kuliah samping saya kemarin.
Begini, kemarin sampingku dua mahasiswi bicarakan tentang acara weekend. Terus salah seorang dari mereka cerita perjalanannya ke Anyer. Dia bilang dia kapok ga mau lagi kesana!
Kenapa? jalan menuju kesana yang ancur2an bikin maless!
Katanya, kalo mau main di pantai mending di Ancol aja deh! meski kotor tapi deket. Perjalanannya ga bikin cekot2.

Terus, mendadak saya jadi inget, tahun lalu saya dan keluarga juga kesana. Tepatnya ke pantai Carita, yang letaknya lebih jauh dari Anyer.
Saya membenarkan pendapat mahasiswi tadi. Jalan menuju ke Anyer emang aje gile! Padahal itu perjalanan saya tahun lalu loh! it means..sekarang masih begitu kondisinya!
Mungkin karena sering dilewati truk tronton segede alaihim gambreng kali ya? dan yang dibawa truk tronton itu rupa2 yang bikin jalanan kotor. Ada semen, ada pasir, ada kayu gelondongan. Pokoknya rame!

CINTA DAMAI
rada kecewa, krn depan cottage kami ternyata pantai Carita-nya cuma segini!
udah gitu kotor pula! Lebih bagusan Pantai Anyer depan Sol Elite Marbella..

Sebenarnya Pantai Anyer merupakan obyek wisata bagus sebagai alternatif wisata laut selain Pulau Seribu. Tapi kenapa sarana dan prasarana kesana ga pernah dibangun kokoh ya? padahal disana banyak pabrik besar loh!  Bu Gubernur Ratu Atut, tolong donk direnov tuh jalan! Pake bahan yang 'ampeg' dan ga gampang rusak gitu, biar turis domestik maupun asing makin bejibun wisata kesana! 

Btw, tentang cerita jalan2 saya ke Carita, waktu di penginapan di Carita kami ketemu banyak pemuda tawarkan jasa tattoo dan kepang rambut ala Jamaica. Persis kayak di Bali. Saudara-saudara saya iseng coba tattoo yang non permanen itu. Ada yang di dada dengan motif kalajengking atau ular sendok bak preman Senen, dan ada juga yang di telapak tangan bak penari India. Saya? Ga lah! Gak PD.

CINTA DAMAI
CINTA DAMAI
masyalloh...sapa nih yang 'PD' tatto di dada??

O'iya, kalo ke Carita jangan lupa mampir di RM Ibu Entin yang berlokasi di Labuan Banten. RM ini terkenal dengan menu masakan laut yang enak, utamanya sate seafood ukuran sak gede2 gaban! 
Harganya? jangan ditanya! karena saya ga tau, berhubung bukan saya yang bayar!

CINTA DAMAI
CINTA DAMAI
ikan bakar dan sate cumi/udang

CINTA DAMAI
RM Ibu Entin di Labuan-Banten

Terus, kapokkah saya jalan-jalan ke Anyer, Carita dan sekitarnya?? antara kapok dan tidak.  Tergantung situasi!
Kalo kesana gratisan dan diakhiri dengan makan2 di RM Ibu Entin, saya ga nolak! 
Tapi kalo saya harus bayar sendiri, waduh! Daripada harus melalui perjalanan jauh, melewati jalanan rusak, trus sampe sana kudu keluar uang banyak. mending engga!


CINTA DAMAI
design pintu tol yg paling keren yg pernah saya temui!
(Gerbang Tol Cikupa - Tanggerang)

Catatan: maaf nih jika ada diantara pembaca yang tinggal di Anyer! No offense ! Peace...





104 comments:

  1. sayang ya mbak kalau jalanan menuju pantai anyer rusak begitu

    itu foto seafoodnya bikin ngiler mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak,pdhl itu wisata andalan provinsi Banten!

      Delete
  2. jadi keinget sama lagunya Slank mbak, anyer 11 maret ^^

    foto udangnya aje gile bikin saya nangis mbak, nangis karena pengen makan udang goreng yang guaring ^^

    ReplyDelete
    Replies

    1. "tanpa dirimu ada disisiku
      aku bagai hiu tanpa taring
      tanpa dirimu dekap dipelukku
      aku bagai pantai tanpa lautan
      kembalilah kasih"

      (itu sih cerita sakit hatinya Bim Bim, hehe)

      Delete
    2. sama kaya mas Imam Boll, jd keingat lagunya Slank :)

      Delete
    3. @imam : cup..cup..cup..ntar ta' gorengi sate uler aja ya?
      @zach : judul lagunya lbhtepat ' hiu ompong'
      @wong: sy taunya 11 januari-nya Gigi

      Delete
  3. judulnya postingan kaya lagu era tahun 80an,yang nyanyi orang Malaysia cewe,lupa nama'a :)
    aku sih lg ngidam mau ke Solo atau Jogja mba,cuma duit'a masih kurang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sheila madjid ? Sy paling inget ama liriknya yg '...kini seakan mimpi yg buurokkk'
      Yogya mah serba murah tuh!

      Delete
  4. Hello from France
    I am very happy to welcome you!
    Your blog has been accepted in Asia Indonesia a minute!
    We ask you to follow the blog "Directory"
    Following our blog will gives you twice as many possibilities of visits to your blog!
    Thank you for your understanding.
    On the right side, in the "green list", you will find all the countries and if you click them, you will find the names of blogs from that Country.
    Invite your friends to join us in the "directory"!
    The creation of this new blog "directory" allows a rapprochement between different countries, a knowledge of different cultures and a sharing of different traditions, passions, fashion, paintings, crafts, cooking,
    photography and poetry. So you will be able to find in different countries other people with passions similar to your ones.
    We are fortunate to be on the Blogspot platform that offers the opportunity to speak to the world.
    The more people will join, the more opportunities everyone will have. And yes, I confess, I need people to know this blog!
    You are in some way the Ambassador of this blog in your Country.
    This is not a personal blog, I created it for all to enjoy.
    SO, you also have to make it known to your contacts and friends in your blog domain: the success of this blog depends on all Participants.
    So, during your next comments with your friends, ask them to come in the 'Directory' by writing in your comments:
    *** I am in the directory come join me! ***
    You want this directory to become more important? Help me to make it grow up!
    Your blog is in the list Asia Indonesia and I hope this list will grow very quickly
    Regards
    Chris
    We ask that you follow our blog and place a badge of your choice on your blog, in order to introduce the "directory" to your friends.
    http://nsm05.casimages.com/img/2012/07/12/12071211040212502810092867.gif
    http://nsm05.casimages.com/img/2012/03/19/120319072128505749603643.gif
    http://nsm05.casimages.com/img/2012/03/24/1203240217091250289621842.png
    http://nsm05.casimages.com/img/2012/03/28/120328020518505749640557.gif
    http://nsm05.casimages.com/img/2012/03/26/1203260602581250289633006.gif

    If you want me to know the blog of your friends, send me their urls which allows a special badge in the list of your country
    I see that you know many people in your country, you can try to get them in the directory?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nih komen panjangnya nyaingi postingan ane!

      Ok, i'll visit your blog soon...

      Delete
  5. iya tuh, kapan ya anyer jalannya bagus dan lancar.. dari keluar pintu tol, bisa berjam-jam untuk menuju anyernya, seharusnya dibikin jalan tol langsung ke anyernya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya hrsnya bikin jalan layang melintasi pabrik2 itu ya ? Jd kita ga perlu satu jln ama tronton

      Delete
  6. Kebetulln mertua rumah di cilegon jadi kklo main ke pantai ya ke anyer. Emang jalanannya parah abis Mba Pop. Tapi begitu dah nyampe rasanya terbayar. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik banget Dan, bs setiap saat ke Anyer gratisan?

      Delete
  7. mungkin karena banyak pabrik besar itu juga jalanannya jadi rusak..mgk banyak mobil2 berat lewat sana ya mbak???
    mudah2n ada solusi nya ya mbak..soalnya saya pengen juga deh ke anyer... ;-)

    ReplyDelete
  8. Jalan ke Anyer emang gak nyaman jalanannya ya mbak.. Tp kl udah sp sana bikin betah main di pantainya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seandainya cuma sekedip mata langsung ada disana, asyik kali ya? Hihi

      Delete
  9. hahaha tetep ya mentalnya gratisan... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohoho....everybody loves it !!

      Delete
  10. saya jdi penasaran truk tronton segede alaihim gambreng itu sebesar apa ya Teh? heheheeeee...

    Waduh emang awal poetingan agak gak enak di baca, tapi yang akhir itu loh, bikin lapar .....

    Sukses Ya Teh Popi.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukses apaan? Sukses cari yg gratisan ? Hihi

      Delete
  11. untuk menikmati pemandangan yang indah dan bisa makan enak ternyata harus menempuh perjalanan yang cukp berat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang enak dan bagus itu emang ga mudah didapatnya!

      Delete
  12. itu yang lagi ditato suamimu Pop? Masya Allaah. ampun deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu yang ngawur. wong judulnya antara anyer dan jakarta, ngebahasnya anyer doang. mana jakartanya?

      Delete
  13. kalau gratisan dijamin gak kapok ya mbak

    ReplyDelete
  14. pilih anyer - jalanan rusak

    atau

    pilih ancol - masuk bayar

    :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saja ancol pantai dan kualitas air lautnya diperbaiki, mending ke ancol !

      Delete
  15. Lebaran lebaran kemarin saya ke sana Mbak. Seiingatku memang jalannya jelek..Tapi menurutku masih lebih baik ketimbang Ancol sebab disana masih banyak yg bisa dilihat, pantai relatif masih bagus..Gak suka di Anyer bisa dilanjutkan ke carita, pulo rida atau bahkan sampai ke pasir putih..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak pilihan, meski perjalanan kesana penuh pernuangan! Hehe...
      Pulorida itu pulau florida ya? Wah ..sy pernah kesana pas usia 6 thn-an tuh!

      Delete
  16. belum pernah kesama mbak pop, eeh tapi pantai nya anyer tuh gmana kok gag ada fotonya :D

    baca judulnya langsung inget judul lagu jaman ibu niar, antara anyer dan jakarta kita bergandengan tangan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah tuh ku upload fotonya ! Tp sayangnya lokasi penginapanku pas dpt pantai yg jelek !

      Delete
    2. Hari ini juga ada Blogger yang bercerita wisata juga. Tuh mas Than Jawa Arif yang menulis "Antara Jogja dan Sala" Hehehehee. Mba Popi nulis tentang "Antara Anyer dan Jakarta".

      Kapan kapan saya tulis "Bekasi dan Pontianak" karena memang ada dasarnya ihiihi. Saya di Pontianak menetap, dan kedua orang tua di Bekasi tepatnya di daerah Kranji.

      Delete
    3. wah..bisa klop gitu ya? hehe..sehati kayaknya!

      Delete
  17. hiyaah emang deh dari dulu ga pernah berubah. salah satu kolega saya tinggal di sana dan saat ke sana pasti kepala saya pusing karena goncangan hebat di mobil -.-"

    ReplyDelete
  18. Udang nya bikin ngilerrrrr haha tapi saya setuju dengan pendapat mas Kuncoro, pantainya udah sedikit tidak terjaga (kotor) dan access jalannya juga parahhhh bgt jadi bikin kecewa karena perjalanannya juga kan ga deket. Hibaun juga nih buat masyarakat, pengunjung ataupun Pemerintah khususnya dinas pariwisata tolong dong dijaga dan di lestarikan kecantikan pantai kita di seluruh pelosok Indonesia #lebaybgygw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas ! Kalo bukan Pemda setempat dan masyarakat yg peduli, siapa lagi !

      Delete
  19. Replies
    1. diKalimantan sana udangnya malah sak gede2 gaban kan mbak?

      Delete
  20. kalaw dari judulnya saja "Antara Anyer dan jakarta" seperti judul lagunya penyanyi Malaysia yang terkenal itu siapa ya namanya? Oh ya Sheila Madjid hehehhee. Ya ya benar pasti pasti benar. "Kisah cinta tiga malam kan ku ingat selamanya" gitu liriknya. Namun kali ini "kisah jalan jalan weekend dua mahasiswi" hehehhe

    Saya pernah Nginep 2 hari di SOL ELIT MARBELLA hotel bintang 5 itu saat ikut kegiatan International Youth Conference (IYC) September tahun 2009 yang lalu. Benar banged pantai depan Marbella keren keren banged. Mungkin lebih keren dari Kuta, Denpasar Bali hihiehiheieee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pantainya lebih bagus di belakang hotel Sol Elite Marbella Anyer!
      Udah gitu banyak yg jualan Ikan asin dan emping melinjo! Mantappp...

      Delete
    2. Saya siapkan postingan foto foto waktu di Sol Elit Marbela. Terinspirasi sama artikelnya Mba Popi hiheheiheiehieiee

      Delete
    3. ditunggu Kang Asep!!
      btw..Sol Elite Marbella nuansa-nya gimannnaaa..gitu ya? Hotel ala Spanyol yang gede/luas banget!
      Tapi bagusnya satu kamar keroyokan tuh, biar ga serem! :D

      Delete
    4. tuh saya udah curiga dari dulu, Kang Asep ngomongin Marbella sekarang. itu kan judul bedak wangi bukan, Kang? kapan Kang Asep pakenya coba?

      Delete
    5. @Popi : Iya bener. Hotelnya eksentrik gaya Spanyol dan barat kira kira. Wuuih kamarnya aseli guedeeeeeeee banged. Saya di lantai 3 waktu itu kalaw nda salah.

      Satu room bertiga dengan delegasi Indonesia lainnya dari Bandung dan Jakarta. Aseli mba, Keren bangedsss. Saya dengar sih dari temen temen harga per nett per malamnya sekitar 1,5 jt rupiah lebih kurang.

      Artikel dan Postingannya sudah tayang hari ini. Ini semua terinspirasi artikel "Anyer dan Jakarta" mba Popi. Terima Kasih :)))

      Delete
    6. @Zach: Kang Asep ga pake Marbella! tapi pake Oriflame! pan beli dari saya. :D
      @Kang ASep: mantap emang kamarnya! kalo rame2 sih asyik, tp kalo sendiri...ntar dulu!

      Delete
    7. @Popi iya beneran, Aseli kalaw ngineo sendirian wih pasti seyeem. Hhihihihihihi. Untung waktu itu saya satu room bertiga Dan salah satu kawan saya itu badannya gede kaya bodiguard.

      Delete
  21. hm...sate udangnya mantep ya mbak...:)

    ReplyDelete
  22. Beberapa bulan lalu juga kami berencana liburan ke Anyer, tapi dapat info kalau fasilitas wisatanya kurang baik, akhirnya kami memutuskan liburan ke Jogja saja. Sangat disayangkan ya Mbak, padahal bila dikelola dengan baik aku yakin disana akan menjadi tempat wisata yang sangat menarik.

    Ikannya...udangnya...cuminya...whaa ngiler aku!! haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. heran juga dengan Pemda sana! padahal wisata laut jadi andalan utama mereka loh!

      Delete
  23. saya belum pernah ke sana, paling ke merak. dulu sodara tugas di pertamina merak, ternyata pantainya bagus dan bersih, sayang sepi nggak ada cewek berjemur pakai bikini.

    ReplyDelete
  24. permasalahan di Indonesia soal wisata emang masalah infrastrukrur. Itu di Jawa dan deket Jakarta mbak.. bayangin deh dengan kalimantan dan jauh pula dari ibukota. Aksesnya masih tanah kuning gitu. Padahal pemandangannya cantik cantik >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesannya kekurangan dana buat bangun infrastruktur ya? padahal mah dana banyak!
      Kalo kata Jokowi mah: "gampang itu, anggaran banyak!"

      Delete
  25. Wow buat tato tuch..
    Btw enak juga tu udang na..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya . ada tatto non permanen

      Delete
  26. harusnya ada kisah cinta tiga malamnya jadi gak bakalan bikin kapok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya disana cuma semalem tuh! Ongkos nginepnya mahal!

      Delete
  27. itu sate cuminya kayaknya enak punya. Sluurrppp ......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling sedap, makan Sate Cumi di pinggiran pantai Anyer ditemani secangkir tes Manis hangat dan kue kue + dapat duit 100 juta nah itu baru syedeeeeeeeep

      Delete
  28. Judulnya kayak lagunya Sheila Majid, yg liriknya gini:

    "Antara Anyer dan Jakarta
    Kita Jatuh Cinta
    Antara Anyer dan Jakarta
    Kisah cinta tiga malam
    Kan kuingat selamanya
    Antara Anyer dan Jakarta
    Kini seakan mimpi yang buruk
    Kualami setiap hari
    Cinta yang sudah tiada lagi
    Tinggal memori membawa
    kembali"

    Lagu bagus tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segitu apalnya??..ckck idola kamu nih kyknya!

      Delete
  29. wah, udah lama aku gak ke anyer. memang sih perjalanan yg gak nyaman bikin males buat datang ke suatu tempat :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perjalanan ke hatiku nyaman loh haha

      Delete
    2. Iya ndri' kita kan pengennya nyaman juga jalan yg ditempuh menuju kesuatu lokasi wisata! Jdnya orang bawaan pengen balik lg!

      Delete
  30. Replies
    1. Kemana ya? *bingung*

      Delete
    2. asli deh kemarin aku udah komen tapi ko ga masuk ya :?? hahaha

      Delete
  31. Mba pop udah aku ganti tuh template nya mampir ya

    ReplyDelete
  32. selamat pagi Pop... ada cerita baru apa? jangan sembunyiin dong, kita pengin baca sharingnya. kalo kamu yang cerita, pasti seru.

    ReplyDelete
  33. Mau denger cerita barunya mba pop, hehe

    ReplyDelete
  34. Sayang ya pantainya kotor begitu. Sepertinya sekarang pantai2 umum sudah semakin kotor, kecuali yang memang masih perawan pantainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masyarakat kita masih ga disiplin buang sampah ya?

      Delete
  35. ealah, nanti kebetulan tgl 26 an nanti mau ke Anyer.. aku excited sih, moga moga seru ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan kita enjoy dan ga peduli dengan kondisi jalan, pasti liburan kesana tetap berkesan!

      Delete
  36. saya tinggal di cilegon. Ada jalan alternatif kok, hanya ajah lbh jauh, tapi hijau dan asri sekali, byk pohonnya. Kita sebut daerahnya mancak, sblm kesana kita lewat lingkar selatan dlu, lalu ada plang nama sekolah warna hijau dari situ belok kiri(jika arah dr rmh saya).. Emang jalan utamanya hancur se hancur2nya, tp blm ada tindakan dr banten, dan utk pantai, ada yg bersih gratis lg, cm pinggiran jalan. Di situ ramai tapi bersih. Arah mau ke labuan, setelah carita. Dan parkir dimana ajah, saya udah kesana2 berkali2 dg suami. Dan emang bagus bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun lalu saya balik dari Carita ambil jalan alternatif, emang rada bagus tapi jauuhhhh....

      Delete
  37. saya tinggal di cilegon. Ada jalan alternatif kok, hanya ajah lbh jauh, tapi hijau dan asri sekali, byk pohonnya. Kita sebut daerahnya mancak, sblm kesana kita lewat lingkar selatan dlu, lalu ada plang nama sekolah warna hijau dari situ belok kiri(jika arah dr rmh saya).. Emang jalan utamanya hancur se hancur2nya, tp blm ada tindakan dr banten, dan utk pantai, ada yg bersih gratis lg, cm pinggiran jalan. Di situ ramai tapi bersih. Arah mau ke labuan, setelah carita. Dan parkir dimana ajah, saya udah kesana2 berkali2 dg suami. Dan emang bagus bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw..daerah mana tuh pantai bagus dan gratis? boleh juga!

      Delete
  38. saya tinggal di cilegon. Ada jalan alternatif kok, hanya ajah lbh jauh, tapi hijau dan asri sekali, byk pohonnya. Kita sebut daerahnya mancak, sblm kesana kita lewat lingkar selatan dlu, lalu ada plang nama sekolah warna hijau dari situ belok kiri(jika arah dr rmh saya).. Emang jalan utamanya hancur se hancur2nya, tp blm ada tindakan dr banten, dan utk pantai, ada yg bersih gratis lg, cm pinggiran jalan. Di situ ramai tapi bersih. Arah mau ke labuan, setelah carita. Dan parkir dimana ajah, saya udah kesana2 berkali2 dg suami. Dan emang bagus bgt.

    ReplyDelete
  39. saya sudah dpt kbr, katanya lg dlm perbaikan tinggal 5 titik lg, doakan ajah cepat selesai. Di bangunnya setengah2 jalan karna kalo di tutup semua pabrik di situ ga bisa operasi.

    ReplyDelete
  40. hari sabtu kemarin tgl 21 oktober, saya ke anyer, dan memang benar sedang ada perbaikan dibeberapa ruas, jalannya sedang di-beton-in.
    perjalanan naik motor dari cilegon ke mercusuar (kurang lebih 21km membutuhkan 1jam 15menit, krn ada truk yg terguling percis pada bagian jalan yg sedang dibeton, alhasil macet), berharap sebelum akhir tahun sudah selesai pekerjaan perbaikan jalannya. Amin.
    oiya sebelum pulang ke jkt, sempet nyoba sate bebek n sop bebek Haji Syafei di cibeber cilegon,nomor tlpnya 398584 (kata temenku yg jadi guide, ini pioneer-nya sate bebek di cilegon),bersih, enak juga, nggak anyir loh,lokasinya didalam kampung, kalo mobil kecil masuk. gak jauh dari jalan ahmad yani (jalan utama cilegon)150meteranlah masuk kedalam, kalo melalui jalan ahmad yani dari arah merak/anyer ke cilegon, belok kanan yg kedua setelah jembatan (cukup panjang juga jembatannya), sebelum jembatan ini ngelewatin supermall lalu mall cilegon dulu, pas turun jembatan siap2 aja untuk belok kanan, tapi ingat jalan yg kedua setelah jembatan ya! (belokan ke-1 dan ke-2 nggak jauh mgkn sekitar 20 meteranlah) semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..nampaknya enak tuh sate/sop bebek -nya! patut dicoba! OK saya catet buat referensi.

      Delete
  41. Untuk pejabat yang berwenang sepertinya harus cepet tanggap dengan kondisi seperti ini, sangat disayangkan apabila aset wisata yang ada menjadi tidak maksimal hasilnya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas! Itu aset utama daerah Banten loh!

      Delete
  42. kalo dr cilegon arah ke labuan pantainya di sebelah kanan setelah carita. Kalo dr labuan mau kecilegon, pantainya sebelah kiri.. Sebelum carita. Susah jg menggambarkannya, krn ga da patokan.. Tp ada foto pantainya.

    ReplyDelete
  43. kalo dr cilegon arah ke labuan pantainya di sebelah kanan setelah carita. Kalo dr labuan mau kecilegon, pantainya sebelah kiri.. Sebelum carita. Susah jg menggambarkannya, krn ga da patokan.. Tp ada foto pantainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..thanks info detailnya. Kapan2 kalo ke Anyer lagi mampir ah..

      Delete
  44. Thank you for another magnificent article. Where else could anybody get that type of info in such a perfect means of writing?
    I have a presentation subsequent week, and I'm on the look for such info.

    my web-site: bet angel

    ReplyDelete

Orang Yang Baik Adalah Yang Mau Menerima Kritik Dari Manapun, Sekalipun Kritik itu Buruk.