Tuesday, October 23, 2012

Busway is My way...

image diambil dari http://www.lensaindonesia.com
Anda sudah pernah naik busway? **loh, kok naik 'busway'?** 
Entah kenapa, orang lebih suka nyebut 'busway' daripada 'transjakarta'. Padahal busway itu artinya jalur bus. 
Saya sendiri lebih suka nyebut 'busway'. Lebih enak diucap. Apalagi kalo diucapkan cepat jadi 'buswae'... 

Saya sudah berkali-kali naik busway. 
Pertama, saat harus mengikuti Diklat di daerah blok M. 
Dari Bogor naik kereta Jurusan Tanah Abang, turun di stasiun Dukuh Atas. Terus naik busway kearah blok M.
Kesan pertama naik busway? kurang menggoda! Mengingat saat itu bus-nya penuh, saya harus berdiri berdesakan. Selain itu, jarak antara stasiun kereta ke halte busway rada jauh jalannya. Jadi kaki rada gempor!

Kesan 'menggoda' naik busway baru terasa, saat kita harus pergi ke suatu lokasi yang jauhhhh banget. Yang kalo naik taksi bakal habis sekitar Rp50 rebuan. Atau kalo naik bis/angkot bakalan lama sampenya, krn kebanyakan ngetem!

Terhitung sudah 2x saya merasakan keuntungan naik busway pada saat menuju lokasi yang jauh.
Pertama, waktu saya harus daftarkan anakku ke Trans7 untuk ikutan Jambore si Bolang.
Lokasi kantor saya sekitar Pasar Senen Jakarta Pusat, sementara Trans7 berada di Kapten Tendean Jakarta Selatan. Saya cuma keluar ongkos sekitar Rp 20 ribuan /PP (angkot + busway). Bayangkan kalo naik taksi, bisa lebih dari Rp50 ribu (PP berarti Rp100 ribu-an).

Kedua, saat saya harus menengok sodara di RS Harapan Kita - Slipi, Jakarta Barat. Cuma keluar ongkos Rp5000 (angkot + busway) sekali jalan.

Ongkos busway sendiri Rp3500,- tanpa batas! Maksudnya, dengan ongkos segitu anda bisa PUAS keliling Jakarta sampe kelenger! 
Tapi dengan  syarat, anda ga boleh keluar dari halte busway! Cuma pindah2 koridor doank! Dan pastikan, si petugas ga mengenali anda. Kalo tidak, dia bakalan bosen lihat penumpang yang sama dari hulu ke hilir!

Yah...buat yang iseng pengen tau bagaimana kondisi Jakarta, dari mulai jalan protokol dengan gedung2 mewah bertingkatnya,  sampai ke pesisir Jakarta yang di'hiasi' perkampungan kumuhnya, Busway adalah pilihan yang tepat! 

Dan sekarang saya lagi harap-harap cemas nih, apakah Pak Jokowi bakal mewujudkan pembangunan monorel dan MRT yang udah lama mangkrak! 
Bayangkan, kalo kedua moda transportasi tersebut benar2 diwujudkan, kita bakal makin puas keliling Jakarta! 

Seandainya monorel dan MRT jadi terwujud, kelak rute perjalanan saya jadinya begini: 
Dari Bogor naik Kereta, turun Gambir, trus naik busway ke Kuningan.
Di halte busway Kuningan terus naik monorel kearah Bandara SoeHat.
Baliknya naik MRT !
**ngimpi**

Mengingat monorel dan MRT belum ada kejelasan bakal dibangun apa tidak, maka sementara untuk keliling Jakarta, Busway is my way.
O'iya, saking 'demen'-nya sama busway, saya sampe nyimpen Peta Koridor Busway yang saya donlot dari situs resminya di http://www.transjakarta.co.id/peta_rute.php
Am I freak??

46 comments:

timbangan digital said...

keren banget, majukan transportasi Jakarta

weather station said...

semoga jakarta tambah maju dan tambah murah deh

Pemilukada Kabupaten Nganjuk said...

wah semoga bisa mengatasi kemacetan ya ...maju terus... tambah maju jakarta

celengansemar said...

dibanding sama angkot dan taksi busway memang pilihan yabg oke banget Mba Pop. apalagi ada fasilitas wifi di semua koridornya. saya suka kumayan lama ngetem tuh di sana. hehehe. taoi ga tahan kalo pas jam sibuk. bisa sejam nunggunya. T.T

duniaely said...

aku belum pernah naik busway nih mbak :)

monda said...

yg belum pernah kucoba kayaknya rute cililitan - tanjung priok aja deh
kalau untuk jarak jauh enakan naik bis biasa , nggak capek naik turun dan pindah halte

catatan-r10.com said...

ga suka sama bagian antri busway-nya, apalagi hari liburrr :(

zachflazz said...

katanya kamu pernah juga gentayangan naik busway sampai Mampang ya waktu itu. asyik nggak tu Pop? cerita dong...

dulu jaman pertama busway ada, anak-anakku seneng banget ke jakarta cuma mau naik busway. sekarang, mereka nggak bakalan pernah mau lagi naik busway, meski dikasih hadiah sekalipun. kapok katanya.

Tebak Ini Siapa said...

Stasiun Sudirman tuh maksudnya mbak?
Jalan kaki segitu ke busway kan dekeeeettt! :P

nicamperenique said...

klo mau nyobain rute ini nanti kak, kasi tau ya, biar kutungguin di halte tg priok hehehe

nicamperenique said...

sejak ada baswe baru beberapa kali naik, blom ada 10x kayaknya deh :(
ya gak nahan itu lho naik tangga sama jalan yg cukup jauh macam di depan itc cempaka mas. tobat dah. efek terlalu manja bin males ya :(
masih lebih suka bis biasa dibandingkan baswe.

win3 said...

enak ya hanya dengan ongkos 3500 bisa keliling kota Jakarta

diniehz said...

belom pernah naek busway..

kalo jakarta bikin MRT, saya ga bakalan males lagi deh ke jakarta. Selama ini malesss banget ke jakarta ga tahan sama macet dan panasnya yang wrrrr... bisa bikin stress orang desa kayak saya hehehe..

Lidya - Mama Cal-Vin said...

aku baru 4 kali naik busway mbak, 3 kali jurusan blok m - kota, sekali jurusan cempaka mas - pulo gadung

Mami Zidane said...

"busway" lebih gampang di ucapkan daripada "transjakarta" ya mbak..:)

saya pernah naik transjakarta sekali, waktu lagi ke jakarta nengok sodara.Di batam juga ada busway seperti di jakarta, tapi saya malah belum pernah sekalipun mencobanya...hehe...

ke2nai said...

baru sekali nyobain "busway".. tp sy juga berharap yg sama semoga transportasi umum kususnya di Jakarta menjadi jauh lebih baik & bikin nyaman :)

Idah Ceris said...

Lebih simpel lagi kalau ngomongnya "base". :D

Aku belum pernah naik baswe, Mom. Maklumlah, di Banjarnegara kan adanya Kolkota. :D

Rp. 3.500 sampai keblinger? Mau doong ah.

juanita allen said...

udah sering kalo brangkat kerja tapi mungkin lebih seru lagi kalo 24 jam kali yak, :D

kunjung balik ya bang

popi said...

Ibukota negara hrs lengkap transportasinya ya?

popi said...

Semoga saja mkn maju di bwh kepempinan gubernur baru skrg!

popi said...

Iya , busway punya jalur sendiri jd ga begitu terjebak macet

popi said...

Iya Dan, itu kelemahan busway! Suka dsteng ngaret jdnya numpuk di halte!

popi said...

Di jerman banyaknya term ya mbak?

popi said...

@monda: cuma bis biasa kadang suka ngetem dan kejebak macet mbak! Kalo busway kita ga bakal kesasar, kan tinggal ganti koridor kalo misal salah jurusan!

popi said...

Hehe....armadanya msh kurang kyknya ya? Msh suka ngaret pula, jdnya penumpang numpuk!

Asep Haryono said...

Saya taunya Monorel itu kereta yang relnya ada di atas jalan raya itu kah? Wis plek saya kurang tahu sama tempe nih. Kalaw benar seperti itu ya berarti sudah pernah saya liat di Kuala Lumpur, Nopember 2009 lalu. Saya dengar mas Jokowi mau melanjutkan proyek Monorel ini yah, katanya mau lihat lihat dulu anggarannya.

Untuk Baswei atau TransJakarta sampai sekarang saya belum pernah cuba. Insya Allah jika ada kesempatan ke Jakarta tahun depan mau mencoba bis baswei ini hiehiheiheiee. Kalaw melihat dari cerita mba Popi soal baswei jadi penasaran mau coba sendiri bis ini suatu hari nanti. Hmm kapan ya. Nunggu tiket PP dari mba Popi kalaw gitu deh hieiheiheiheiheiheiee

whysooserious said...

Memang enak naik busway, sayang jembatannya ada udah mulai rusak, buswaynya juga perlu peremajaan. Maintenance infrastruktur pendukungnya perlu ditingkatkan lagi nih.

Wong Cilik said...

bener juga ya, nama sebenarnya kan Transjakarta ... Kalau pas ke Jkt, saya juga sering naik busway eh maksudnya transjakarta ...
Salam

Rawins said...

lebih parah aku
nyebut bus trans jogja juga buswae...

BlogS of Hariyanto said...

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Alhamdulillah kita masih diberi ALLAH SWT , nikmat umur buat menyambut Idul Adha tahun ini,
semoga rahmat dan karunia ALLAH SWT selalu menyertai kita semua,
selamat merayakan Hari Raya Idul Adha,
bila ada salah dan khilaf dalam kata serta sikap selama ini, mohon di maafkan lahir dan batin.
Wassalam

Mbak Iis said...

busway bisa mengurangi kemacetan di jkt...

Andy said...

wah jadi ingat pas jaman kerja,alhamdulillah aku hafal semua rute koridor busway soalnya pengalaman nyari kerja dulu & tukang jalan,kalau lg BETE dirumah :)

Zizy Damanik said...

Saya terakhir naik 'busway' beberapa tahun lalu. Kalau sekarang sih gak pengen lagi karena takut, sudah beberapa kali si bus transjakarta ini mengalami masalah, terbakar. DUh takutlah.

zachflazz said...

halahh, haltene sempit, uyel-uyelan.

zachflazz said...

Neng, sibuk yaa...

cumakatakata said...

Saya baru sekali Teh...
heheee

EYSurbakti said...

wihihi, enjoy ya mbak naek busway .. :)
aku ke kampus tiap hari naek buswae mulu, dan kalo pengelolaannya ditambah bagusin lagi pasti kenyamanannya bisa maksimal, kadang masi ada kekurangan si disana-sini, tapi over all, bisa jadi solusi transportasilah .. apalagi kalo proyel MRT dsb jadi dilaksanakan .. amin hueheh

fb said...

Bus busway harusnya diperbanyak nih..

Asep Haryono said...

Kunjungan Hari Sabtu, 110 November 2012. Hari Pahlawan. Mba Popi shopping nya lama amat sih. Berhari hari hiehiehiehiee. Ditunggu artikel terbarunya nih mba. Hiheihiehiheiieee

zachflazz said...

mana ada tanggal 110. ini pasti Kang Asep dari planet pluto.

Bebe said...

Aku belum pernah nyoba naik busway... :((

Muhammad A Vip said...

saya malah penginnya semua kendaraan yang menakutkan itu ditiadakan, biarlah andong dan becak yang berkeliaran di jakarta. damai...

zachflazz said...

kangen tulisanmuuuu....

aryamahendrablog said...

Duh jadi pingin ke jakarta trus naik busway dari ujung ke ujung nih mbak hehe

tour and travel murah said...

sukses terus buat blognya..

dayatn said...

iya, saya juga waktu ke Jakarta langsung nyobaik Jalur Bus,
TransJakarta.? enakan buswae...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...