Thursday, October 11, 2012

Kereta Khusus Wanita

Mumpung lagi bebas absen, Selasa kemarin saya naik rangkaian Kereta Khusus Wanita jam 06.30 WIB.
Sudah lama saya ngincer pengen naik kereta ini. Maklum, kereta ini baru diluncurkan per tanggal 1 Oktober  2012. So, masih 'gress' gitu loh!

Karena kereta ini baru terbit jam 06.30, dan saya dengan hakul yakin bahwa jam segitu penumpang udah mulai surut, maka saya putuskan naik dari stasiun Cilebut (sebuah stasiun kecil setelah stasiun besar Bogor).
Saat kereta tiba dan saya masuk ke dalam gerbong, ternyata dugaan saya salah! semua kursi telah terisi penuh, bahkan sudah ada yang berdiri. Yah.....rada nyesel ga naik dari Bogor, tapi lumayanlah..ga 'seumpel-umpelan' kereta campuran, dan sepertinya kursi lipat yang udah lama teronggok di kolong meja kantor (dan hampir dijual lagi!) bisa digunakan lagi di kereta ini! Soalnya banyak space sepanjang gerbong.

Blog Cinta Damai
dari Bogor udah penuh!

Blog Cinta Damai
 masih bisa duduk lesehan atau pake kursi lipat

Ide peluncuran kereta khusus wanita didasarkan atas 3 alasan (versi saya):
1. Karena wanita ingin dimengerti....... **sambil nyanyi ADDA Band**
2. Jumlah penumpang wanita lebih banyak dari pria **belum di survey sih, cuma dikira2 sesuai pertumbuhan penduduk**
3. Demi kenyamanan dan keamanan penumpang wanita **you know-lah...sexual harrasment di kereta campuran-apalagi di KRL ekonomi- kadang terjadi**

Oiya, karena kereta ini khusus wanita, jadi dalam gerbong harummm...dan bersih! **berarti selama ini yang bikin bau dan kotor, penumpang pria ya? hihi..**

Jadwal kereta ini sebagai berikut:
Dari Bogor ke Jakarta Kota :  Jam 06.30 ,   10.05 ,  dan  13.14
Dari Bogor ke Jatinegara      :  Jam 16.38
Dari Jakarta Kota ke Bogor :  Jam 08.07,  11.38,  dan 14.47
Dari Jatinegara ke Bogor      :  Jam 18.36

silahkan di zoom!

semuanya Waktu Indonesia Bagian Barat alias WIB, entar kalo WIB udah diganti jadi WITA jadwalnya mungkin berubah!

Jujur saja, sebagai wanita, saya merasa di'istimewakan' dengan adanya kereta khusus ini! Bayangkan, sementara penumpang pria di tiap stasiun cuma 'cengo' melihat kereta ini lewat, penumpang wanita dengan leluasa naik kereta tanpa bersikut-sikutan! 
Lalu, karena kereta ini cuma mengangkut penumpang wanita dan wanita bawa balita  (Anak laki-laki umur dibawah 10 tahun kayaknya boleh kali ya?? saya belum pernah lihat sih.), otomatis stasiun cuma menyisakan penumpang pria, pasangan suami istri dan pasangan kekasih yang tidak mau dipisahkan!

Blog Cinta Damai
tebak:  ini petugas wanita apa pria??
Oiya, ada kejadian lucu dan mungkin ini sebagai 'sentimen' penumpang pria terhadap kehadiran kereta ini: Waktu berhenti di stasiun Citayam, beberapa penumpang pria teriak-teriak ke arah petugas keamanan yang ada dalam kereta kami. Teriakan mereka : "hoiii...itu petugas suruh pake rok!!"   Si petugas cuma melengos dan balik badan. Setelah kereta jalan, petugas itu cerita ke kami kalo seringkali mereka diteriaki oleh penumpang pria kalo lagi jaga di kereta khusus ini.  "ih..emangnya ike cewek apaan?" begitu katanya  sambil mengibaskan tangan **yang ini cuma tambahan saya**
Memang, selain masinis, kaum 'pria' di kereta ini adalah petugas keamanan yang berjumlah 2 orang di tiap gerbong. Sedangkan kondektur-nya semua wanita. 
Hm...kenapa masinis dan petugas keamanan ga sekalian wanita saja ya? Kalo masinis, okelah, jarang ada wanita yang tertarik jadi masinis, tapi kalo petugas keamanan? Satpam di kantorku beberapa wanita loh! cantik-cantik pula!
Mungkin PT KAI khawatir di jalan ada 'apa-apa' misal ada copet atau perampok, maka petugas keamanan tetap harus pria..**belum tau ya?padahal kaum wanita malah bisa lebih ganas dari pria loh!**

Anyway, saya tetap senang hadirnya kereta ini. Dengan harga tiket Rp9000,- rasanya sebandinglah dengan kenyamanan dan keamanan yang didapat!
Saya ga tau, apakah di negara lain ada kereta khusus wanita? kalo belum ada, berarti Indonesia yang pertama kali donk? Wow!! **sambil koprol**   
Kali ini, saya angkat jempol buat PT KAI.

This is it...... Kereta Khusus Wanita...

kenapa wanita identik ama pink ya? knapa ga kuning atau hijau??


Ini keretaku, mana keretamu?



110 comments:

  1. Yeeyyy..Waktu ke JAkarta kemaren, sengaja jalan2 naik KRL ,aku pernah naik kereta ini gerbong khusus wanita, menyenangkan..
    Tapi ga bisa cuci mata bo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hadeuh....cuci mata mah di kereta bisa pake air mineral mbak! hihi..

      Delete
  2. kereta khusus pria ada ga? ga campur sama wanita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaum pria-nya pada ga mau tuh (lihat komen BlognyaDarmanto di bawah!)
      katanya kalo pria semua, gerbong dalam seminggu aromanya bakal ga enak! hehe..

      Delete
  3. menarik nih mba, jadi pengen njaja.
    cumaaaaaaaa.......masak sih harus beda kereta sama suami?
    apa kata dunia hehehe

    semoga kaum pria pun makin tersejahterakan dengan menyepinya tiap gerbong kereta campuran itu

    eh tapi, buat para single teteplah naik kereta campuran, sapa tau di sana ketemu jodoh kan? hihiihhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali2 dipisahkan oleh kereta-lah mbak! masa kemana2 kudu 'sejoli' terus?? ga di rumah ga di kereta?
      bener tuh, buat yg masih single mending tetep naik KRL campuran

      Delete
  4. apa kata orang sini kalau ada kereta khusus wanita di sini ya, emang lain ladang lain belalang ya mbak, di sini kereta campur semua cowok cewek, dan amat sangat aman dan nyaman, penumpangnya sungguh sopan sopan, jd nggak perlu kereta khusus wanita

    btw, keretanya di atas keren ya, semoga sellau begitu keadaannya di masa depan, nggak berubah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, beda budaya beda tabiat mbak! Masalahnya disini keretanya cuma 2 jalur, terus armadanya masih kurang, jadi kereta very full! Berdiri saja ampe ga bisa napak! Jadi kemungkinan terjadi 'gesekan' ga bisa dihindari.. :D
      Disana pasti keretanya nyaman dan lenggang2 ya?

      Delete
  5. kabarnya aku dengar di TV dari bekasi juga ada ya mbak. enak nih kalau khusus wanita jadi meminimalkan bahkan menghilangkan tindakan pelecehan. oh ya kalau bawa anak laki2 boleh kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bekasi pastinya ada juga! kalo engga, bakal sirik tuh! hihi..
      anak lelaki boleh kayaknya! Tapi bukan ABG loh!

      Delete
  6. hmmm.... saya tak berharap ada kereta khusus laki2... pasti nggak bertahan ampe seminggu dah aneh bentuk, rasa, warna dan baunya... :( :(

    alhamdulillah ya klo ada begituan,,, cuman aje gile aja kalo pemerintah bikin ini karena terinspirasi lagunya ADDA Band... WOW... koprol ke belakang sambil merem...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...pasti demikian!

      Eh, sapa tau ADDA Band sumbernya?

      Delete
  7. kenapa ya gerbong pria tidak disediakan di gerbong depan dan be;lakang saja ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu! Harusnya gitu! kan penumpang pria lebih sedikit toh?

      Delete
  8. smartphone memang cepat panas dan boros baterai mbak, kan kalau komputer ada kipasnya di casing, di smartphone ga ada kipas :D

    kalau mau masalah boros baterai berkurang, ikuti saja tips yg bertebaran di internet atau... tunggu tahun depan saat banyak smartphone akan pakai processor krait yang diklaim mampu mengurangi panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh. Panas banget kalo kelamaan pake!
      ampe terpikir: ini Hp apa kompor?

      Delete
    2. derajatnya bisa 50 celcius lebih mbak, bisa buat masak air :D

      *notebook untuk anak2 yg anti pornografi aku ga tahu, kemungkinan notebook biasa yg ditambahi software antipornografi mbak

      Delete
    3. tapi ada merknya kok RiO...apa ya? ntar deh, kalo ketemu cewek itu di kereta lagi, kupinjam tabloid yg ada iklan itu! hihii...

      Delete
  9. Bagus juga nih soalnya kasihan kalo ada wanita yang harus mepet-mepet gitu sama lawan jenis.

    ReplyDelete
  10. benar-benar tak adil, masak pria tak diberi kereta khusus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau tau alasannya?? coba lihat komen di atas (Blognya Darmanto)

      Pasti situ termasuk yg suka teriakin petugas keamanan ya?

      Delete
    2. atau kereta khusus laki-laki itu krl ekonomi saja?

      Delete
  11. 9000 yaa.. kok waktu itu gia 6000 harganya.. wah udah naik yaa mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gia Naik ke depok kali ya? sekarang ke Depok jadi 8000,- kalo ga salah

      Delete
  12. AAAA aku belum pernah naik itu...
    Tadi ada gak jauh dari kereta yang aku naikin, tapi berhubung ekonomi duluan, pilih eko lah ya, lumanyun 6500 nya bisa buat ditabung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah baru tau nih saya Mba Una selain ayu, baik hati juga rajin menabung.

      Delete
    2. cieee...Kang Asep lg merayu Una!
      Hati2 Un, Kang ASep biasanya tau2 udah ada depan pintu rumah Una! **sambil bawa map sumbangan** hehehe....

      Delete
    3. ih jadi malu. Tau aja saya suka cari sumbangan

      Delete
    4. oh...jadi bener ya??? **ekspresi ga percaya**
      hihii..

      Delete
  13. yaha, semoga sukses dan membuat wanita terlindungi di angkutan umum ..
    kalo petugas security nya cowok dong mbak, meski kadang wanita bisa lebih ganas, tapi lebih sipan cowok deh :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyalah. Biar tetap lebh 'berwarna' ya? aplg kalo tampang petugasnya kayak Eric Bana atau Bretpit! hihi

      Delete
    2. Saya jadi ingat kawan saya dari The Philiphines, Jezebel Colata yang pernah bilang kalaw saya mirip Brad Pitt. Bukan saya yang ngomong loh. Cuma saya matut matut di kaca memang ada mirip juga. Huahahahahahahhahahahaa

      Delete
    3. Iya bener. Kang Asep emang mirip Brad Pitt!! Suerr... :D

      Delete
  14. naik kereta, di tempat saya belum ada kereta api tapi melihat foto2 seru kelihatannya naik kereta api :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAduh..maaf kalo postingan saya bisa bikin 'kecemburuan' dalam hal pemerataan pembangunan di daerah lain! hihi...
      semoga di daerahmu kelak dibangun transportasi kereta

      Delete
  15. Pada prinsipnya saya setuju cekalee dengan adanya Kereta Khusus Wanita lengkap dengan segala "kemewahan" dan kenyamaman fasilitas di dalamnya. Kaum pria (termasuk saya pria tulen-red) tentu nda perlu sirik dengan ini lantas minta disediakan kereta khusus untuk pria.

    Soale saya kuatir nanti bisa dibalik balik. Kalaw ada kreta khusus PRIA nanti bisa bisa para para penumpang Kereta khusus Pria nya minta disediakan petugas kemanan Wanita , Masinis Wanita, dan semua loket , crew, bahkan cleaning servicenya Wanita dengan paras cantik dan bodi aduhai. Wah wah jadi ngaco hehehehe. Iyalah daripada serius terus hihihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya engga akan bertahan lama kereta khusus pria. Soalnya pria tanpa wanita, hidupnya akan terasa hampa....

      Delete
    2. Hidup Wanita. Hidup Mba Popi. Hidup,,

      Delete
  16. kalo aku seorang wanita, tentu aku menolak dibuatkan kereta khusus begini. ini bukan pengistimewaan, tapi deskriminasi gender! selamanya, kaum wanita akan dianggap lemah. Bu Kartini kecewa jika melihat ini.

    Lebih parah lagi (ini soal gerbong khusus wanita yang cuma ada 2 di rangkaian panjang itu), tu si petugas di gerbong wanita. mentang-mentang udah jadi yang paling ganteng di situ, saat ada kaum lelaki salah gerbong atau sekedar lewat gerbong itu, mukanya mendadak jadi sangar kayak ngeliat copet. Aku jasi pengin nonjok rasanya. Tapi jaman sekarang nggak kayak dulu, sekarang sekali nonjok urusannya ke pengadilan.

    tapi kayaknya kamu menikmati sekali kereta ini Pop?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya saya bisa menebak, siapa oknum yg di'sangka' copet oleh petugas wanita itu! hihi..
      BU Kartini bakalan senang donk! Emansipasi yg dia maksudkan bukan berarti meniadakan kodrat wanita! Kesetaraan gender bukan berarti wanita jadi perkasa melebihi laki2!
      Emang situ suka nyuruh istri benerin genteng pa' gimana??

      Delete
    2. ngebenerin genteng memang harus tiarap koq. silakan, hiehiehiehie... (edyann, ketawa saya jadi rusak begini).

      Delete
    3. kalian berdua emang berjodoh!

      Delete
    4. ah bisa aja. Ih saya jadi malu. Padahal saya sudah pake celana

      Delete
  17. itu yang teriak gitu pasti iri tuh ga ada kereta khusus dia.. hihihi..

    ReplyDelete
  18. keretanya nyaman ya
    pantaslah..., apalagi kalau untuk pulang kerja ... bisa agak sedikit istirahat
    sampai dirumah kan puluhan tugas rumah tangga masih menunggu untuk dikerjakan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak! wanita memang harus diistimewakan. Soalnya tugas dan peranannya double gardan!

      Delete
  19. Etapi jadwalnya ga sesering kereta umum ya Mba Popi? Ga telat ngantor?

    Emang bagus kereta ini. Dan semoga nambbh terus armada dan jalurnya. Kan harga udah mahal ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Dan! mulai start jam 06.30. Itu juga saya bisa naik, karena kebetulan saya lagi bebas absen! Kalo lg wajib absen, saya bakalan kena SP terus!

      Delete
  20. sy udah lama gak naik kereta.. Tapi bagus juga ya kl ada kereta khusus wanita..

    ReplyDelete
  21. Kerteta khusus wanita warnanya manis bgt..khas cewek deh ^_^
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pink warna cewek ya? knapa bukan hijau ya? hehe..
      Makasih udah mampir.

      Delete
  22. kira kira saya boleh naik keretanya nggak mbak, nanti saya akan pake cadar biar nggak ketahuan, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake cadar aja! Jangan lupa pasang bulu mata lentik biar sempurna!

      Delete
  23. wah pa securitynya bisa cuci mata terus tuh.. :D wkwkwkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe belekan dikit kagak papa deh kayanya.. :D ckckckckk

      Delete
  24. Sekarang gak pake gerbong lagi yak mbak? jadi langsung satu kereta gitu? Waahh mantap..

    tapi buat satu keluarga yang mau pergi susah kali yak, kecuali ya seperti mbak yang mau ke kantor dan emang setiap hari dilakukan sebagai rutinitas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya. Ini cocoknya buat yg pergi tanpa pasangan.

      Delete
  25. hehe bener juga...
    satpamnya kudu pake lipstik dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih. ini kereta khusus wanita! Bukan kereta buat bences.

      Delete
  26. Tp ada yg kurang setuju dgn jadwal pemberangkatan-nya, katanya kurang pagi, seharusnya jam 06:00 bukan jam 06:00.

    Wanita itu ingin selalu dimengerti, bukan wanita ingin dimengerti. Tp terkadang wanita terlalu ingin dimengerti. Iya kan? Hayo... ngaku. Ngaku engga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. situ nulis sambil tidur nih pasti. "seharusnya jam 06:00 bukan jam 06:00" (aja nggawe wong sing maca mumet. nang ajibarang langka sepur listrik!).



      Delete
  27. jangan salah loh, wanita jg butuh pria kan?
    hehe :D
    hayoo ngaku..
    terkadang cewek tuh malu2 utk mengakui

    ReplyDelete
  28. Hello!
    After visiting your blog, I invite you to join us in the "International Directory Blogspot".
    "International Directory Blogspot" It's 159 Countries and 5920 Websites !
    Missing yours join us
    If you join us and follow our blog, you will have many more visitors.
    It's very simple, you just have to follow our blog, enter your Country and your blog url in a comment, and you will be automatically integrate into the Country list.
    We are fortunate to be on the Blogspot platform that offers the opportunity to speak to the world and to share different passions, fashion, paintings, art works, photos, poems.
    So you will be able to find in different countries other people with passions similar to your ones.
    I think this community could also interest you.
    We ask you to follow the blog "Directory" because it will give you twice as many possibilities of visits to your blog!
    Thank you for your understanding.
    Please follow our blog, it will be very appreciate.
    I wish you a great day, with the hope that you will follow our blog "Directory".
    After your approval to join us, you will receive your badge
    We ask that you follow our blog and place a badge of your choice on your blog, in order to introduce the "directory" to your friends.
    Regards
    Chris
    I follow your blog, I hope it will please you
    To find out more about us, click on the link below:
    http://world-directory-sweetmelody.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. I think I wanna say "WOW".. :D
      thanks for your invitation. I will follow you back soon

      Delete
  29. Ngeri bgt dah tuh kereta nya, gw ga boleh naik dong hehe

    Mampir yuk
    Bisnis Konveksi menjadi salah satu bisnis terpopuler di Indonesia
    Selengkapnya disini ya ...
    http://www.polman-tab.co.cc/2012/10/bisnis-konveksi-menjadi-salah-satu.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang sampean laki apa perempuan?? hihi

      Delete
  30. seharusnya penjaganya itu semacam polwan ya, gak harus laki.
    kalo perlu jangan satu gerbong, tapi satu kereta sekalian :))
    yg laki suruh jalan kaki aja, kan lebih kuat :))
    jadi ngebayangin, kalo banci naek yg mana :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh, emang satu kereta! cuma jam-nya tertentu.
      Ide bagus, laki2 jalan kaki saja ya?

      Delete
    2. Emang laki gak dimarahin kalo terlambat di kantor, Anda saja yang jalan kaki, anda gak ada hak nyuruh laki-laki lain.

      Delete
  31. pa kabar mbak? sorry lg jarang bw aku. :D

    aku naik kereta cm pulkam aja, hehehe
    katanya naik ya tarifnya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik 2000 perak! Kebijakan memihak

      Delete
  32. wah, setuju banget dengan ini Teh....

    semoga bisa semakin baik dan berkelanjutan fasilitasnya.....

    ReplyDelete
  33. semoga lebih aman dan nyaman tentunya dengan naik kereta ini bagi kaum hawa

    ReplyDelete
  34. alhamdulillah, akhirnya pemerintah juga turut memaklumi kondisi wanita sebenarnya dengan berpartisipasi menyediakan kereta khusus wanita...semoga keretanya tetap lestari untuk penumpang wanita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Pak. Semoga fasilitasnya makin baik.

      Delete
  35. asik donk kalo pura2 gak tahu masuk kereta api cewek ... jadi kayak raja di kelilingi bidadari cantik .... jadi pengen naek ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bidadari dari Hongkong? haha..

      Delete
  36. aku bayanginnya dalemnya gambar hello kitty dan serba pink gitu, hihihi. menurutku sih gpp mbak petugas keamanannya laki2. mereka secara fisik (rata2) lebih kuat. terus gak panikan, hehehe. pasti ada pertimbangannya. yg penting penumpangnya perempuan semua, kan? HOREEE :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kursinya warna pink, Dri! hehe..kamu pasti suka!

      Delete
    2. Hidup Perempuan. Hidup Wanita. Hidup mba Popi. Hidup. Merdekaaaaaa

      Delete
  37. Wach enak juga ya, kereta khusus wanita nyaman lagi..

    ReplyDelete
  38. klo saya tebak petugasnya pria bukan wanita, karna dari belakang saja sudah kelihatan klo itu petugas pria !!

    ReplyDelete
  39. Wow disana ada kereta khusus wanita ya !!
    klo disini kendaraannya campur cewek cowok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti nyiprat ke provinsi lainnya!

      Delete
  40. menurut saya, jadwal perjalanan Kereta Khusus wanita ini kepagian, mestinya dari Bogor perjalanan pertama pukul setengah delapan untuk memberi kesempatan ibu-ibu pekerja membereskan pekerjaan rumah lebih dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih! Justru yg sekarang terlalu siang!

      Delete
  41. wah bagus bener, namanya wanita keselamatan yang terpenting hehe, kalo perlu sy anter kemana aja ibu atau adik sy perempuan biar gak naik angkutan umum

    salam kenal ya, kunjungan pertama

    ReplyDelete
  42. Aku udah sering denger ttg kereta ini, tapi belum pernah liat kondisi di dalamnya.. ternyata bersih banget yaa.. ^^

    btw, kunjungan pertama jugaaa.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bersih kok! karena cewek semua kali ya? dan kayaknyajadi sayang kalo buang sampah sembarangan. moga2 begitu seterusnya.

      Delete
  43. Sudah lama ga naik kereta. Warna pink ya? Mungkin biar berasa lebih lembut. Hehe... Ntar kalo ijo dikira widih ada lontong melaju. Xixi.. :mrgreen:

    ReplyDelete
    Replies
    1. waakkk..lontong, bukan ulat tentara ya mbak?

      Delete
  44. Hmmm sekedar mengingatkan, kalau berdasar sensus resmi dari BPS jumlah laki-laki lah yang lebih banyak, dan sejak tahun 1971 sampai sekarang jumlah laki-laki terus meningkat. Kalau gak percaya googling aja data resmi dari BPS , atau liat aja di sini di bagian jenis kelamin:
    http://sp2010.bps.go.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, masa sih? katanya jumlah wanita lebih banyak dari pria! Ih..jangan2 ini isu yg dilempar oleh oknum yg pengen agar poligamy direstui! hehe..

      Delete
    2. bisa saja jumlah pria lebih banyak, tapi banyak pria lebih memilih naik motor meskipun jauh daripada transportasi umum

      Delete
  45. mantap. setuju sekali ada kereta khusus wanita, karena sering pengalaman buruk kalau saya naik transport umum yang campur. busway yang sekarang depan wanita belakang campur aja sudah sangat membantu. Sayang kereta ga ada yang dari arah tangerang ke jkt.

    ReplyDelete
  46. Thank you for any other great post. The place else may anybody get that kind of info in such an ideal means of writing?
    I've a presentation next week, and I'm on the search for such
    information.

    Feel free to surf to my web page; cccamsharing

    ReplyDelete
  47. Sekarang udah dihapus, gw setuju ini dihapus, bukan apa2, laki-laki juga butuh ngejar waktu, apa dikira waktu gak berharga buat laki-laki, tapi gw setuju kalau te2p ada gerbong khusus wanita, tapi harusnya ada jg yg khusus pria biar gak kecampur-campur. Seharusnya gerbong campur sedikit aja, khusus buat keluarga dan pasangan.

    ReplyDelete

Orang Yang Baik Adalah Yang Mau Menerima Kritik Dari Manapun, Sekalipun Kritik itu Buruk.