Thursday, October 11, 2012

Kereta Khusus Wanita

Mumpung lagi bebas absen, Selasa kemarin saya naik rangkaian Kereta Khusus Wanita jam 06.30 WIB.
Sudah lama saya ngincer pengen naik kereta ini. Maklum, kereta ini baru diluncurkan per tanggal 1 Oktober  2012. So, masih 'gress' gitu loh!

Karena kereta ini baru terbit jam 06.30, dan saya dengan hakul yakin bahwa jam segitu penumpang udah mulai surut, maka saya putuskan naik dari stasiun Cilebut (sebuah stasiun kecil setelah stasiun besar Bogor).
Saat kereta tiba dan saya masuk ke dalam gerbong, ternyata dugaan saya salah! semua kursi telah terisi penuh, bahkan sudah ada yang berdiri. Yah.....rada nyesel ga naik dari Bogor, tapi lumayanlah..ga 'seumpel-umpelan' kereta campuran, dan sepertinya kursi lipat yang udah lama teronggok di kolong meja kantor (dan hampir dijual lagi!) bisa digunakan lagi di kereta ini! Soalnya banyak space sepanjang gerbong.

Blog Cinta Damai
dari Bogor udah penuh!

Blog Cinta Damai
 masih bisa duduk lesehan atau pake kursi lipat

Ide peluncuran kereta khusus wanita didasarkan atas 3 alasan (versi saya):
1. Karena wanita ingin dimengerti....... **sambil nyanyi ADDA Band**
2. Jumlah penumpang wanita lebih banyak dari pria **belum di survey sih, cuma dikira2 sesuai pertumbuhan penduduk**
3. Demi kenyamanan dan keamanan penumpang wanita **you know-lah...sexual harrasment di kereta campuran-apalagi di KRL ekonomi- kadang terjadi**

Oiya, karena kereta ini khusus wanita, jadi dalam gerbong harummm...dan bersih! **berarti selama ini yang bikin bau dan kotor, penumpang pria ya? hihi..**

Jadwal kereta ini sebagai berikut:
Dari Bogor ke Jakarta Kota :  Jam 06.30 ,   10.05 ,  dan  13.14
Dari Bogor ke Jatinegara      :  Jam 16.38
Dari Jakarta Kota ke Bogor :  Jam 08.07,  11.38,  dan 14.47
Dari Jatinegara ke Bogor      :  Jam 18.36

silahkan di zoom!

semuanya Waktu Indonesia Bagian Barat alias WIB, entar kalo WIB udah diganti jadi WITA jadwalnya mungkin berubah!

Jujur saja, sebagai wanita, saya merasa di'istimewakan' dengan adanya kereta khusus ini! Bayangkan, sementara penumpang pria di tiap stasiun cuma 'cengo' melihat kereta ini lewat, penumpang wanita dengan leluasa naik kereta tanpa bersikut-sikutan! 
Lalu, karena kereta ini cuma mengangkut penumpang wanita dan wanita bawa balita  (Anak laki-laki umur dibawah 10 tahun kayaknya boleh kali ya?? saya belum pernah lihat sih.), otomatis stasiun cuma menyisakan penumpang pria, pasangan suami istri dan pasangan kekasih yang tidak mau dipisahkan!

Blog Cinta Damai
tebak:  ini petugas wanita apa pria??
Oiya, ada kejadian lucu dan mungkin ini sebagai 'sentimen' penumpang pria terhadap kehadiran kereta ini: Waktu berhenti di stasiun Citayam, beberapa penumpang pria teriak-teriak ke arah petugas keamanan yang ada dalam kereta kami. Teriakan mereka : "hoiii...itu petugas suruh pake rok!!"   Si petugas cuma melengos dan balik badan. Setelah kereta jalan, petugas itu cerita ke kami kalo seringkali mereka diteriaki oleh penumpang pria kalo lagi jaga di kereta khusus ini.  "ih..emangnya ike cewek apaan?" begitu katanya  sambil mengibaskan tangan **yang ini cuma tambahan saya**
Memang, selain masinis, kaum 'pria' di kereta ini adalah petugas keamanan yang berjumlah 2 orang di tiap gerbong. Sedangkan kondektur-nya semua wanita. 
Hm...kenapa masinis dan petugas keamanan ga sekalian wanita saja ya? Kalo masinis, okelah, jarang ada wanita yang tertarik jadi masinis, tapi kalo petugas keamanan? Satpam di kantorku beberapa wanita loh! cantik-cantik pula!
Mungkin PT KAI khawatir di jalan ada 'apa-apa' misal ada copet atau perampok, maka petugas keamanan tetap harus pria..**belum tau ya?padahal kaum wanita malah bisa lebih ganas dari pria loh!**

Anyway, saya tetap senang hadirnya kereta ini. Dengan harga tiket Rp9000,- rasanya sebandinglah dengan kenyamanan dan keamanan yang didapat!
Saya ga tau, apakah di negara lain ada kereta khusus wanita? kalo belum ada, berarti Indonesia yang pertama kali donk? Wow!! **sambil koprol**   
Kali ini, saya angkat jempol buat PT KAI.

This is it...... Kereta Khusus Wanita...

kenapa wanita identik ama pink ya? knapa ga kuning atau hijau??


Ini keretaku, mana keretamu?



110 comments:

Nchie Hanie said...

Yeeyyy..Waktu ke JAkarta kemaren, sengaja jalan2 naik KRL ,aku pernah naik kereta ini gerbong khusus wanita, menyenangkan..
Tapi ga bisa cuci mata bo..

catatan-r10.com said...

kereta khusus pria ada ga? ga campur sama wanita :D

nicamperenique said...

menarik nih mba, jadi pengen njaja.
cumaaaaaaaa.......masak sih harus beda kereta sama suami?
apa kata dunia hehehe

semoga kaum pria pun makin tersejahterakan dengan menyepinya tiap gerbong kereta campuran itu

eh tapi, buat para single teteplah naik kereta campuran, sapa tau di sana ketemu jodoh kan? hihiihhi

duniaely said...

apa kata orang sini kalau ada kereta khusus wanita di sini ya, emang lain ladang lain belalang ya mbak, di sini kereta campur semua cowok cewek, dan amat sangat aman dan nyaman, penumpangnya sungguh sopan sopan, jd nggak perlu kereta khusus wanita

btw, keretanya di atas keren ya, semoga sellau begitu keadaannya di masa depan, nggak berubah

Lidya - Mama Cal-Vin said...

kabarnya aku dengar di TV dari bekasi juga ada ya mbak. enak nih kalau khusus wanita jadi meminimalkan bahkan menghilangkan tindakan pelecehan. oh ya kalau bawa anak laki2 boleh kan?

blognyadarmanto said...

hmmm.... saya tak berharap ada kereta khusus laki2... pasti nggak bertahan ampe seminggu dah aneh bentuk, rasa, warna dan baunya... :( :(

alhamdulillah ya klo ada begituan,,, cuman aje gile aja kalo pemerintah bikin ini karena terinspirasi lagunya ADDA Band... WOW... koprol ke belakang sambil merem...

kikils said...

kenapa ya gerbong pria tidak disediakan di gerbong depan dan be;lakang saja ya??

catatan-r10.com said...

smartphone memang cepat panas dan boros baterai mbak, kan kalau komputer ada kipasnya di casing, di smartphone ga ada kipas :D

kalau mau masalah boros baterai berkurang, ikuti saja tips yg bertebaran di internet atau... tunggu tahun depan saat banyak smartphone akan pakai processor krait yang diklaim mampu mengurangi panas

FB said...

Bagus juga nih soalnya kasihan kalo ada wanita yang harus mepet-mepet gitu sama lawan jenis.

Muhammad A Vip said...

benar-benar tak adil, masak pria tak diberi kereta khusus.

GIA Sitti Ghaliyah said...

9000 yaa.. kok waktu itu gia 6000 harganya.. wah udah naik yaa mba

Tebak Ini Siapa said...

AAAA aku belum pernah naik itu...
Tadi ada gak jauh dari kereta yang aku naikin, tapi berhubung ekonomi duluan, pilih eko lah ya, lumanyun 6500 nya bisa buat ditabung :D

EYSurbakti said...

yaha, semoga sukses dan membuat wanita terlindungi di angkutan umum ..
kalo petugas security nya cowok dong mbak, meski kadang wanita bisa lebih ganas, tapi lebih sipan cowok deh :P

fajar_p_k said...

naik kereta, di tempat saya belum ada kereta api tapi melihat foto2 seru kelihatannya naik kereta api :)

Asep Haryono said...

Pada prinsipnya saya setuju cekalee dengan adanya Kereta Khusus Wanita lengkap dengan segala "kemewahan" dan kenyamaman fasilitas di dalamnya. Kaum pria (termasuk saya pria tulen-red) tentu nda perlu sirik dengan ini lantas minta disediakan kereta khusus untuk pria.

Soale saya kuatir nanti bisa dibalik balik. Kalaw ada kreta khusus PRIA nanti bisa bisa para para penumpang Kereta khusus Pria nya minta disediakan petugas kemanan Wanita , Masinis Wanita, dan semua loket , crew, bahkan cleaning servicenya Wanita dengan paras cantik dan bodi aduhai. Wah wah jadi ngaco hehehehe. Iyalah daripada serius terus hihihihihi

Asep Haryono said...

Wah baru tau nih saya Mba Una selain ayu, baik hati juga rajin menabung.

zachflazz said...

kalo aku seorang wanita, tentu aku menolak dibuatkan kereta khusus begini. ini bukan pengistimewaan, tapi deskriminasi gender! selamanya, kaum wanita akan dianggap lemah. Bu Kartini kecewa jika melihat ini.

Lebih parah lagi (ini soal gerbong khusus wanita yang cuma ada 2 di rangkaian panjang itu), tu si petugas di gerbong wanita. mentang-mentang udah jadi yang paling ganteng di situ, saat ada kaum lelaki salah gerbong atau sekedar lewat gerbong itu, mukanya mendadak jadi sangar kayak ngeliat copet. Aku jasi pengin nonjok rasanya. Tapi jaman sekarang nggak kayak dulu, sekarang sekali nonjok urusannya ke pengadilan.

tapi kayaknya kamu menikmati sekali kereta ini Pop?

diniehz said...

itu yang teriak gitu pasti iri tuh ga ada kereta khusus dia.. hihihi..

monda said...

keretanya nyaman ya
pantaslah..., apalagi kalau untuk pulang kerja ... bisa agak sedikit istirahat
sampai dirumah kan puluhan tugas rumah tangga masih menunggu untuk dikerjakan.....

danirachmat said...

Etapi jadwalnya ga sesering kereta umum ya Mba Popi? Ga telat ngantor?

Emang bagus kereta ini. Dan semoga nambbh terus armada dan jalurnya. Kan harga udah mahal ya.

Popi said...

hadeuh....cuci mata mah di kereta bisa pake air mineral mbak! hihi..

Popi said...

kaum pria-nya pada ga mau tuh (lihat komen BlognyaDarmanto di bawah!)
katanya kalo pria semua, gerbong dalam seminggu aromanya bakal ga enak! hehe..

Popi said...

Sekali2 dipisahkan oleh kereta-lah mbak! masa kemana2 kudu 'sejoli' terus?? ga di rumah ga di kereta?
bener tuh, buat yg masih single mending tetep naik KRL campuran

Popi said...

ya, beda budaya beda tabiat mbak! Masalahnya disini keretanya cuma 2 jalur, terus armadanya masih kurang, jadi kereta very full! Berdiri saja ampe ga bisa napak! Jadi kemungkinan terjadi 'gesekan' ga bisa dihindari.. :D
Disana pasti keretanya nyaman dan lenggang2 ya?

Popi said...

Bekasi pastinya ada juga! kalo engga, bakal sirik tuh! hihi..
anak lelaki boleh kayaknya! Tapi bukan ABG loh!

Popi said...

Hahaha...pasti demikian!

Eh, sapa tau ADDA Band sumbernya?

Popi said...

nah itu! Harusnya gitu! kan penumpang pria lebih sedikit toh?

Popi said...

iya tuh. Panas banget kalo kelamaan pake!
ampe terpikir: ini Hp apa kompor?

Popi said...

Bener banget!

Popi said...

mau tau alasannya?? coba lihat komen di atas (Blognya Darmanto)

Pasti situ termasuk yg suka teriakin petugas keamanan ya?

Popi said...

Gia Naik ke depok kali ya? sekarang ke Depok jadi 8000,- kalo ga salah

ke2nai said...

sy udah lama gak naik kereta.. Tapi bagus juga ya kl ada kereta khusus wanita..

Popi said...

cieee...Kang Asep lg merayu Una!
Hati2 Un, Kang ASep biasanya tau2 udah ada depan pintu rumah Una! **sambil bawa map sumbangan** hehehe....

Popi said...

Iyalah. Biar tetap lebh 'berwarna' ya? aplg kalo tampang petugasnya kayak Eric Bana atau Bretpit! hihi

Popi said...

WAduh..maaf kalo postingan saya bisa bikin 'kecemburuan' dalam hal pemerataan pembangunan di daerah lain! hihi...
semoga di daerahmu kelak dibangun transportasi kereta

Popi said...

Pastinya engga akan bertahan lama kereta khusus pria. Soalnya pria tanpa wanita, hidupnya akan terasa hampa....

Popi said...

Sepertinya saya bisa menebak, siapa oknum yg di'sangka' copet oleh petugas wanita itu! hihi..
BU Kartini bakalan senang donk! Emansipasi yg dia maksudkan bukan berarti meniadakan kodrat wanita! Kesetaraan gender bukan berarti wanita jadi perkasa melebihi laki2!
Emang situ suka nyuruh istri benerin genteng pa' gimana??

Popi said...

Pastinya begitu mbak!

Popi said...

betul mbak! wanita memang harus diistimewakan. Soalnya tugas dan peranannya double gardan!

Popi said...

iya Dan! mulai start jam 06.30. Itu juga saya bisa naik, karena kebetulan saya lagi bebas absen! Kalo lg wajib absen, saya bakalan kena SP terus!

Popi said...

banget! nyaman dan aman..

catatan-r10.com said...

derajatnya bisa 50 celcius lebih mbak, bisa buat masak air :D

*notebook untuk anak2 yg anti pornografi aku ga tahu, kemungkinan notebook biasa yg ditambahi software antipornografi mbak

Popi said...

tapi ada merknya kok RiO...apa ya? ntar deh, kalo ketemu cewek itu di kereta lagi, kupinjam tabloid yg ada iklan itu! hihii...

Asep Haryono said...

ih jadi malu. Tau aja saya suka cari sumbangan

Asep Haryono said...

Saya tiarap dulu

Popi said...

oh...jadi bener ya??? **ekspresi ga percaya**
hihii..

Enny Mamito said...

Kerteta khusus wanita warnanya manis bgt..khas cewek deh ^_^
Salam kenal :)

Imam Boll said...

kira kira saya boleh naik keretanya nggak mbak, nanti saya akan pake cadar biar nggak ketahuan, hehe

Unlimit -Soft said...

wah pa securitynya bisa cuci mata terus tuh.. :D wkwkwkwkk

niee said...

Sekarang gak pake gerbong lagi yak mbak? jadi langsung satu kereta gitu? Waahh mantap..

tapi buat satu keluarga yang mau pergi susah kali yak, kecuali ya seperti mbak yang mau ke kantor dan emang setiap hari dilakukan sebagai rutinitas :)

Asep Haryono said...

Saya jadi ingat kawan saya dari The Philiphines, Jezebel Colata yang pernah bilang kalaw saya mirip Brad Pitt. Bukan saya yang ngomong loh. Cuma saya matut matut di kaca memang ada mirip juga. Huahahahahahahhahahahaa

Rawins said...

hehe bener juga...
satpamnya kudu pake lipstik dong

Zevin said...

Tp ada yg kurang setuju dgn jadwal pemberangkatan-nya, katanya kurang pagi, seharusnya jam 06:00 bukan jam 06:00.

Wanita itu ingin selalu dimengerti, bukan wanita ingin dimengerti. Tp terkadang wanita terlalu ingin dimengerti. Iya kan? Hayo... ngaku. Ngaku engga?

zachflazz said...

ngebenerin genteng memang harus tiarap koq. silakan, hiehiehiehie... (edyann, ketawa saya jadi rusak begini).

zachflazz said...

situ nulis sambil tidur nih pasti. "seharusnya jam 06:00 bukan jam 06:00" (aja nggawe wong sing maca mumet. nang ajibarang langka sepur listrik!).



Asep Haryono said...

Hidup Wanita. Hidup Mba Popi. Hidup,,

Penghuni 60 said...

jangan salah loh, wanita jg butuh pria kan?
hehe :D
hayoo ngaku..
terkadang cewek tuh malu2 utk mengakui

Muhammad A Vip said...

atau kereta khusus laki-laki itu krl ekonomi saja?

International Directory Blogspot said...

Hello!
After visiting your blog, I invite you to join us in the "International Directory Blogspot".
"International Directory Blogspot" It's 159 Countries and 5920 Websites !
Missing yours join us
If you join us and follow our blog, you will have many more visitors.
It's very simple, you just have to follow our blog, enter your Country and your blog url in a comment, and you will be automatically integrate into the Country list.
We are fortunate to be on the Blogspot platform that offers the opportunity to speak to the world and to share different passions, fashion, paintings, art works, photos, poems.
So you will be able to find in different countries other people with passions similar to your ones.
I think this community could also interest you.
We ask you to follow the blog "Directory" because it will give you twice as many possibilities of visits to your blog!
Thank you for your understanding.
Please follow our blog, it will be very appreciate.
I wish you a great day, with the hope that you will follow our blog "Directory".
After your approval to join us, you will receive your badge
We ask that you follow our blog and place a badge of your choice on your blog, in order to introduce the "directory" to your friends.
Regards
Chris
I follow your blog, I hope it will please you
To find out more about us, click on the link below:
http://world-directory-sweetmelody.blogspot.com/

TAB Polman ASTRA said...

Ngeri bgt dah tuh kereta nya, gw ga boleh naik dong hehe

Mampir yuk
Bisnis Konveksi menjadi salah satu bisnis terpopuler di Indonesia
Selengkapnya disini ya ...
http://www.polman-tab.co.cc/2012/10/bisnis-konveksi-menjadi-salah-satu.html?m=1

Hiaku Herry said...

seharusnya penjaganya itu semacam polwan ya, gak harus laki.
kalo perlu jangan satu gerbong, tapi satu kereta sekalian :))
yg laki suruh jalan kaki aja, kan lebih kuat :))
jadi ngebayangin, kalo banci naek yg mana :))

kira said...

pa kabar mbak? sorry lg jarang bw aku. :D

aku naik kereta cm pulkam aja, hehehe
katanya naik ya tarifnya???

cumakatakata said...

wah, setuju banget dengan ini Teh....

semoga bisa semakin baik dan berkelanjutan fasilitasnya.....

win3 said...

semoga lebih aman dan nyaman tentunya dengan naik kereta ini bagi kaum hawa

BlogS of Hariyanto said...

alhamdulillah, akhirnya pemerintah juga turut memaklumi kondisi wanita sebenarnya dengan berpartisipasi menyediakan kereta khusus wanita...semoga keretanya tetap lestari untuk penumpang wanita :)

ghielz said...

asik donk kalo pura2 gak tahu masuk kereta api cewek ... jadi kayak raja di kelilingi bidadari cantik .... jadi pengen naek ..

dunia kecil indi said...

aku bayanginnya dalemnya gambar hello kitty dan serba pink gitu, hihihi. menurutku sih gpp mbak petugas keamanannya laki2. mereka secara fisik (rata2) lebih kuat. terus gak panikan, hehehe. pasti ada pertimbangannya. yg penting penumpangnya perempuan semua, kan? HOREEE :D

Popi said...

kalian berdua emang berjodoh!

Popi said...

sepertinya iya!

Popi said...

Iya bener. Kang Asep emang mirip Brad Pitt!! Suerr... :D

Popi said...

pink warna cewek ya? knapa bukan hijau ya? hehe..
Makasih udah mampir.

Popi said...

pake cadar aja! Jangan lupa pasang bulu mata lentik biar sempurna!

Popi said...

awas belekan!

Popi said...

ya. Ini cocoknya buat yg pergi tanpa pasangan.

Popi said...

ih. ini kereta khusus wanita! Bukan kereta buat bences.

Popi said...

Hahaha..

Popi said...

itu sih udah kodrat!

Popi said...

I think I wanna say "WOW".. :D
thanks for your invitation. I will follow you back soon

Popi said...

Emang sampean laki apa perempuan?? hihi

Popi said...

loh, emang satu kereta! cuma jam-nya tertentu.
Ide bagus, laki2 jalan kaki saja ya?

Popi said...

naik 2000 perak! Kebijakan memihak

Popi said...

betul!

Popi said...

amiin

Popi said...

Betul Pak. Semoga fasilitasnya makin baik.

Popi said...

bidadari dari Hongkong? haha..

Popi said...

Kursinya warna pink, Dri! hehe..kamu pasti suka!

Asep Haryono said...

Hidup Perempuan. Hidup Wanita. Hidup mba Popi. Hidup. Merdekaaaaaa

Asep Haryono said...

ah bisa aja. Ih saya jadi malu. Padahal saya sudah pake celana

Shiva rei said...

Wach enak juga ya, kereta khusus wanita nyaman lagi..

Ulan News said...

klo saya tebak petugasnya pria bukan wanita, karna dari belakang saja sudah kelihatan klo itu petugas pria !!

Senja Berita said...

Wow disana ada kereta khusus wanita ya !!
klo disini kendaraannya campur cewek cowok.

Unlimit -Soft said...

hehehe belekan dikit kagak papa deh kayanya.. :D ckckckckk

Muhammad A Vip said...

menurut saya, jadwal perjalanan Kereta Khusus wanita ini kepagian, mestinya dari Bogor perjalanan pertama pukul setengah delapan untuk memberi kesempatan ibu-ibu pekerja membereskan pekerjaan rumah lebih dulu

Popi said...

hadeuhh...Kang asep

aryamahendrablog said...

wah bagus bener, namanya wanita keselamatan yang terpenting hehe, kalo perlu sy anter kemana aja ibu atau adik sy perempuan biar gak naik angkutan umum

salam kenal ya, kunjungan pertama

bebe said...

Aku udah sering denger ttg kereta ini, tapi belum pernah liat kondisi di dalamnya.. ternyata bersih banget yaa.. ^^

btw, kunjungan pertama jugaaa.. :D

hijihawu said...

Sudah lama ga naik kereta. Warna pink ya? Mungkin biar berasa lebih lembut. Hehe... Ntar kalo ijo dikira widih ada lontong melaju. Xixi.. :mrgreen:

sunflower said...

Emang laki gak dimarahin kalo terlambat di kantor, Anda saja yang jalan kaki, anda gak ada hak nyuruh laki-laki lain.

sunflower said...

Hmmm sekedar mengingatkan, kalau berdasar sensus resmi dari BPS jumlah laki-laki lah yang lebih banyak, dan sejak tahun 1971 sampai sekarang jumlah laki-laki terus meningkat. Kalau gak percaya googling aja data resmi dari BPS , atau liat aja di sini di bagian jenis kelamin:
http://sp2010.bps.go.id/

Popi said...

Semoga nanti nyiprat ke provinsi lainnya!

Popi said...

hihi

Popi said...

ih! Justru yg sekarang terlalu siang!

Popi said...

makasih Arya.

Popi said...

Iya bersih kok! karena cewek semua kali ya? dan kayaknyajadi sayang kalo buang sampah sembarangan. moga2 begitu seterusnya.

Popi said...

waakkk..lontong, bukan ulat tentara ya mbak?

Popi said...

wah, masa sih? katanya jumlah wanita lebih banyak dari pria! Ih..jangan2 ini isu yg dilempar oleh oknum yg pengen agar poligamy direstui! hehe..

prissy said...

mantap. setuju sekali ada kereta khusus wanita, karena sering pengalaman buruk kalau saya naik transport umum yang campur. busway yang sekarang depan wanita belakang campur aja sudah sangat membantu. Sayang kereta ga ada yang dari arah tangerang ke jkt.

prissy said...

bisa saja jumlah pria lebih banyak, tapi banyak pria lebih memilih naik motor meskipun jauh daripada transportasi umum

Anonymous said...

Thank you for any other great post. The place else may anybody get that kind of info in such an ideal means of writing?
I've a presentation next week, and I'm on the search for such
information.

Feel free to surf to my web page; cccamsharing

Anonymous said...

Sekarang udah dihapus, gw setuju ini dihapus, bukan apa2, laki-laki juga butuh ngejar waktu, apa dikira waktu gak berharga buat laki-laki, tapi gw setuju kalau te2p ada gerbong khusus wanita, tapi harusnya ada jg yg khusus pria biar gak kecampur-campur. Seharusnya gerbong campur sedikit aja, khusus buat keluarga dan pasangan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...