Thursday, October 11, 2012

Kereta Khusus Wanita

Mumpung lagi bebas absen, Selasa kemarin saya naik rangkaian Kereta Khusus Wanita jam 06.30 WIB.
Sudah lama saya ngincer pengen naik kereta ini. Maklum, kereta ini baru diluncurkan per tanggal 1 Oktober  2012. So, masih 'gress' gitu loh!

Karena kereta ini baru terbit jam 06.30, dan saya dengan hakul yakin bahwa jam segitu penumpang udah mulai surut, maka saya putuskan naik dari stasiun Cilebut (sebuah stasiun kecil setelah stasiun besar Bogor).
Saat kereta tiba dan saya masuk ke dalam gerbong, ternyata dugaan saya salah! semua kursi telah terisi penuh, bahkan sudah ada yang berdiri. Yah.....rada nyesel ga naik dari Bogor, tapi lumayanlah..ga 'seumpel-umpelan' kereta campuran, dan sepertinya kursi lipat yang udah lama teronggok di kolong meja kantor (dan hampir dijual lagi!) bisa digunakan lagi di kereta ini! Soalnya banyak space sepanjang gerbong.

Blog Cinta Damai
dari Bogor udah penuh!

Blog Cinta Damai
 masih bisa duduk lesehan atau pake kursi lipat

Ide peluncuran kereta khusus wanita didasarkan atas 3 alasan (versi saya):
1. Karena wanita ingin dimengerti....... **sambil nyanyi ADDA Band**
2. Jumlah penumpang wanita lebih banyak dari pria **belum di survey sih, cuma dikira2 sesuai pertumbuhan penduduk**
3. Demi kenyamanan dan keamanan penumpang wanita **you know-lah...sexual harrasment di kereta campuran-apalagi di KRL ekonomi- kadang terjadi**

Oiya, karena kereta ini khusus wanita, jadi dalam gerbong harummm...dan bersih! **berarti selama ini yang bikin bau dan kotor, penumpang pria ya? hihi..**

Jadwal kereta ini sebagai berikut:
Dari Bogor ke Jakarta Kota :  Jam 06.30 ,   10.05 ,  dan  13.14
Dari Bogor ke Jatinegara      :  Jam 16.38
Dari Jakarta Kota ke Bogor :  Jam 08.07,  11.38,  dan 14.47
Dari Jatinegara ke Bogor      :  Jam 18.36

silahkan di zoom!

semuanya Waktu Indonesia Bagian Barat alias WIB, entar kalo WIB udah diganti jadi WITA jadwalnya mungkin berubah!

Jujur saja, sebagai wanita, saya merasa di'istimewakan' dengan adanya kereta khusus ini! Bayangkan, sementara penumpang pria di tiap stasiun cuma 'cengo' melihat kereta ini lewat, penumpang wanita dengan leluasa naik kereta tanpa bersikut-sikutan! 
Lalu, karena kereta ini cuma mengangkut penumpang wanita dan wanita bawa balita  (Anak laki-laki umur dibawah 10 tahun kayaknya boleh kali ya?? saya belum pernah lihat sih.), otomatis stasiun cuma menyisakan penumpang pria, pasangan suami istri dan pasangan kekasih yang tidak mau dipisahkan!

Blog Cinta Damai
tebak:  ini petugas wanita apa pria??
Oiya, ada kejadian lucu dan mungkin ini sebagai 'sentimen' penumpang pria terhadap kehadiran kereta ini: Waktu berhenti di stasiun Citayam, beberapa penumpang pria teriak-teriak ke arah petugas keamanan yang ada dalam kereta kami. Teriakan mereka : "hoiii...itu petugas suruh pake rok!!"   Si petugas cuma melengos dan balik badan. Setelah kereta jalan, petugas itu cerita ke kami kalo seringkali mereka diteriaki oleh penumpang pria kalo lagi jaga di kereta khusus ini.  "ih..emangnya ike cewek apaan?" begitu katanya  sambil mengibaskan tangan **yang ini cuma tambahan saya**
Memang, selain masinis, kaum 'pria' di kereta ini adalah petugas keamanan yang berjumlah 2 orang di tiap gerbong. Sedangkan kondektur-nya semua wanita. 
Hm...kenapa masinis dan petugas keamanan ga sekalian wanita saja ya? Kalo masinis, okelah, jarang ada wanita yang tertarik jadi masinis, tapi kalo petugas keamanan? Satpam di kantorku beberapa wanita loh! cantik-cantik pula!
Mungkin PT KAI khawatir di jalan ada 'apa-apa' misal ada copet atau perampok, maka petugas keamanan tetap harus pria..**belum tau ya?padahal kaum wanita malah bisa lebih ganas dari pria loh!**

Anyway, saya tetap senang hadirnya kereta ini. Dengan harga tiket Rp9000,- rasanya sebandinglah dengan kenyamanan dan keamanan yang didapat!
Saya ga tau, apakah di negara lain ada kereta khusus wanita? kalo belum ada, berarti Indonesia yang pertama kali donk? Wow!! **sambil koprol**   
Kali ini, saya angkat jempol buat PT KAI.

This is it...... Kereta Khusus Wanita...

kenapa wanita identik ama pink ya? knapa ga kuning atau hijau??


Ini keretaku, mana keretamu?



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...