Tuesday, December 11, 2012

Pengamen itu..

Pengamen itu masuk ke dalam bis jurusan Tj. Priok - Bogor yang sedang merayap karena macet. Wanita muda disampingku berdecak tanda tak berkenan dengan kehadirannya. Dan kupikir hampir semua penumpang pun berpikir demikian. Saya juga! 
Kondisi macet gini, pengennya kita bisa tidur nyenyak dan berharap pas bangun, bis sudah sampai di terminal Bogor. 
Kehadiran pengamen itu tentunya bakal mengusik tidur kami.
Jreng....pengamen itu pelan2 memainkan gitarnya, terus nyetem senar biar pas bunyinya. Dia berdiri ga begitu jauh dari kursi saya, sehingga saya bisa dengan jelas melihat aktifitas dia sebelum trala-trili. 
Dalam hati saya berkata.. ah..paling juga nanti yang keluar lagu mars pengamen yang berlirik "..bila kami kurang sopan, mohon kami dimaafkan....daripada kami nyopet"...dst.. terus bunyi gitar yang keluar pun asal jrang-jreng ga jelas. Bikin ilfil dan jadi ga pengen ngasih duit.
but, ternyata, jreng...sebuah petikan gitar apik mengalun lembut, disusul suara merdu bervibrasi menyenandungkan lagu jadul I've been away too long..  surprised! Saya yakin, bukan cuma saya yang terpana, penumpang lain pun pastinya.

Demikianlah, akhirnya pengamen itu berhasil membuat para penumpang ga bisa tidur, tapi ga juga bikin penumpang misuh2 karena bunyi suara jeleknya.
Hampir sebagian besar dia bawakan lagu-lagu jadul barat, sebagian kecil lainnya lagu Indonesia masa kini. 
Total lagu yang dia nyanyikan (dari mulai bis masuk tol rawamangun sampai keluar pintu tol Bogor) ada 9 lagu... mulai dari I've been away too long, Forever in love, Hargai Aku -Armada, Boulevard, Separuh Aku - Noah, Cinta Putih-KLa, Hey Jude, Rasa Sesal-Iwan Fals, dan ditutup dengan Sway versi latin.. (edyan, segitu apalnya gua? ya jelas..soale saya nyimak dari awal ampe akhir, dan kebetulan semua lagu itu kesukaan saya..hihi).
Sebetulnya saat itu saya pengen nyeletuk ....'bang, boleh request ga? Bang Toyib , please!....

Kemudian, saat sang pengamen mengedarkan kantong plastik bekas permen sambil mengucap terima kasih atas ijin pak supir, plus doa2 agar penumpang selamat sampe tujuan, para penumpang kulihat masih punya apresiasi, mana yang layak dapat tips mana yang tidak. Hampir semua penumpang, termasuk wanita muda disampingku tadi, merogoh uang recehan dan lembaran di kantongnya.
Saya, sebagai bentuk apresiasi dan rasa puas atas lagu2nya, sebenarnya saat itu berniat merogoh lembaran warna ungu, cuma sayangnya tak perhatiin di dompet saat itu cuma ada lembar abu2..**alesan**
Yah, sudahlah, yang penting ikhlas .. 

84 comments:

HM Zwan said...

wowwww....hebat juga

Lidya - Mama Cal-Vin said...

kalau yang seperti ini sih rela ya mbak kita mendnegarkannya

Asep Haryono said...

"I've been away too long" itu kan lagunya George Baker Selection khan ya. Soale itu "lagu wajib" saya di kantor, dan rasanya kurang lengkap kalaw nda mendengar lagu lagunya George Baker Selection yang indah itu.

Jangan anggap remeh uang recehan biarpun cuma seribu rupiah yang kita berikan kepada Musisi Jalanan (Kata mas Katon Bagaskara) seperti yang tertulis dengan cerita yang apik di sini. Jika itu didasari hati yang Ikhlas, Insya Allah hati kita akan lapang.

Semoga Allah SWT melipat gandakan rezeki mba Popi karena keihlasannya dalam bersodakoh. Menyumbang dengan nilai yang besar itu baik, namun bersedekah dengan hati yang ikhlas dan semata mata karena ALLAH SWT itu yang paling indah. Wallahu Alam Bisawab

Asep Haryono said...

Saya punya pengalaman hidup soal sodakoh recehan ini. Singkat kata, pada suatu hari saya membeli es Torabika (Halah saya nyebut merek eui) di kantin sebelah kantor. Harganya 3 ribu rupiah, namun saya kecewa karena es pesanan saya itu tidak pake SUSU. Manis sih namun tidak pake SUSU.

Ternyata jika es tersebut pake SUSU maka harganya 5 ribu rupiah. Karena kadung sudah saya beli dan saya berniat pesan es yang sama namun pake susu. Jadi es yang sudah saya beli tadi dan belum diapa apakan sama saya, sudah saya berikan kepada Satpam kantor saya. "Wah terimakasih ya saya dapat es" kata pak Satpam.

Saya pun kembali ke kantin dan pesan es SUSU sesuai harapan saya di awal dan saya lanjut naek lift ke lantai 5. Ntah kebetulan atau apa gitu ternyata ada klien datang dan menawarkan proyek websitenya untuk saya tangani. Nilai kontraknya 3 juta rupiah dibayar tunai. Saya bengong menerima dan berucap Syukur Alhamdulillah. Dari sodakoh 3 ribu diganti menjadi 3 juta. Maha Besar ALLAH SWT. Maha Kaya ALLAH SWT

zachflazz said...

pantesan di-sms susah banget ngejawabnya. lagi terkesima rupanya.

ciptakan dong suasana itu di rumah. suami suruh aja mainkan gitar, tapi diingetin jangan ngancam dulu sebelum main gitar.

zachflazz said...

betul!

Rawins said...

gimana mau dijawab wong sms minta pulsa...

Rawins said...

kalo lagi nongkrong di alun-alun nemu pengamen keren, aku juga suka borong sekian lagu 20 apa 50 rebu tergantung jumlah personalnya
ga pernah mikir apa-apa
cukup merasa terhibur, itu saja...

BlogS of Hariyanto said...

pengamen sekarang banyak macamnya,
kalau lagi mujur..ya dapat yang berkualitas seperti kisah diatas,
tapi kalau lagi sial...dapat yang hanya mengandalkan tatto..kemudian berpidato pengakuan pernah dipenjara...tapi pengamen ini tak pernah cerita kalau pernah dikeroyok penumpang satu bus :)

izzawa said...

kerennn ..
saya juga pernah mbak hampir nangis waktu itu ada pengamen anak2 suaranya baguss bget...dia bawaian lagu "ayah" ,,pghl sblum2nya sya biasa aja denger lagu itu..tpi pas pngemn itu bawain entah kenapa lagu itu jadi sangat sedih :-)

opickaza said...

hebat apanya tuh

Ely Meyer said...

keren ya mbak, pengamennya

aku dah lama ndak lihat pengamen di bis

zachflazz said...

kalo duitnya udah habis, pasti situ gantian ngamen ke orang2 itu kan?

pake kecrekan atau icik-icik tutup teh botol orijinal, sambil ngibing, nyanyi deh: "aku tak mau..kalo cintaku dimadu..."

Arman said...

kalo nyanyi nya bagus dan gak maksa minta duit, malah kita rela mau ngasih duit ya..

Asep Haryono said...

kalaw sms minta pulsa, ya sms lagi situ kirim pulsa dulu

Asep Haryono said...

Yang pegang kicrikan itu sayah hheiheiee. Basnya pake panci

zachflazz said...

tobaaatt..

diniehz said...

pengamennya ajiib, memiliki khazanah musik yg oke doke juga ternyata :)

waktu saya ke jogja, di daerah alun2, kan ada banyak pengamennya juga ya di situ, saya request 5 lagu sama sekelompok pengamen yg nyamperin saya sama teman xixixi..

netta said...

waaa... bersyukur lah saya dulu jaman kuliah sering banget ketemu pengamen2 kayak yg mbak posting ini, bisa nyanyi merdu + lagu2 bagus :)

Popi said...

hebat pengamen yg bisa nyanyi bagus atau saya yg bisa apal semua lagu? hihi

Popi said...

bener mbak..malah kalo bisa ngasih lebih, kasih..

Popi said...

Kang Asep cerita penuh hikmahnya layak ditayang di blog tuh! serasa lagi denger cerita Ustad Mansyur!

Makasih doanya Kang Asep..

Popi said...

@ZAch: mendengarkan alunan musik dan suara merdu lebih penting drpd bales sms..hihi
@Rawins&Kang Asep : kok tau?

Popi said...

@Rawin:..emang satu lagu dihargain berapa? jangan2 1000 perak? jadi situ ngasih 20 ribu untuk 20 lagu, trus 50 ribu untuk 50 lagu? edyan..sampe gempor tuh pengamen!

Popi said...

@Kang asep & Zach:...ga bisa komen, lagi bayangin Kang asep pegang kricingan dengan make up tebal, sementara zach ngibing dan nyanyi lagu "aku tak mau.."

Popi said...

emang di Makasar ada pengamen model ngancam juga ya?

Popi said...

pas banget ya dia bawain lagu? mungkin sekalian curhat kali mbak.

Popi said...

di Jerman pastinya pengamen lebih keren2 dan kreatif ya?

Popi said...

betul

Popi said...

jogya itu eksotik, makan lesehan sambil denger pengamen nyentrik ya mbak?

Popi said...

dimana nih? Bandung?

dea said...

udah lama ga liat pengamen ..
kalo pengamen nya seprti itu ga ngerasa berisik ya :)

Asep Haryono said...

ih jadi malu. Narik celana

Asep Haryono said...

make up tebal mau nyaingin dakocan

Asep Haryono said...

Jogja emang kreatif. BUS aja bisa jadi kafe. Atau Bus yang disulap jadi resto

popi said...

situ yg ngomong loh, bukan saya!

popi said...

eh..?

hilsya said...

i've been away too long-nya george baker bukan?
itu kan udah lama bangeeeet.. huhuhu
langsung cari YT

thanks for remind me

tuaffi said...

wew... :D saya juga pernah ketemu pengamen yang keren. Niat banget bawa biola yang satunya nyanyi bawa gitar. Harusnya kayak gitu nah semua pengamen, gag asal- asalan genjrang genjreng. hehehe

salam kenal

zachflazz said...

ada satu yang salah di postingan kamu di atas. setahuku, nggak ada lagunya Iwan Fals yang judulnya "Rasa Sesal". Itu lagunya Mel Shandy kalee. Kalo yang kamu maksud, mungkin "Yang Terlupakan". diralat tuh sebelum digropyok "OI".

zachflazz said...

Cilacap juga kreatif. Nusakambangan tuh, tempat narapidana bisa jadi obyek wisata.

zachflazz said...

tapi efektif juga sih ngamen sambil ngancam.

aku pernah membuktikannya. gitaran sambil ngancam dengan cara yang yang super duper romantis, jadilah lahir Arien sama Agree.

zachflazz said...

bukan situ bukan saya, tapi eno (versi ilang h-nya)

Asep Haryono said...

Nusakambangan sudah kaya Penjara Alcatraz nya Indonesia. Penjara tidak berdinding. Jadi tahanan nda bisa lari. Bisa sih sono gih berenang di laut. Dimakan HIU tau rasa nanti

myra anastasia said...

sy bbrp kali nemuin pengamen yg suaranya keren.. kl kayak gitu sih ikhlas aja ya mbak ngerogoh uang utk mereka.. apalagi kl suaranya kayak cakra khan.. hehehe...

tp paling sebel kl udah jelek suaranya pk ngancem pula.. hadeuuuuuhhhh...

popi said...

kasian banget mama arien, hidup penuh ancaman! ckckck..

popi said...

ah peduli amat! yg jelas liriknya ada "rasa sesal di dasar hati..."

popi said...

kok kalian bisa kenal tau bener situasi Nusakambangan? jangan2...

popi said...

engga, malah terhibur

popi said...

iya bener. Keren tuh lagu, kagak ada matinye!

popi said...

wah kalo udah ada yg bawa biola bakal terhipnotis saya, dan kalo bisa dia ngamen terus! Di kereta banyak tuh yg suka ngamen pake biola, udah gitu bawain musik klasik pula! sip bener

popi said...

Oh tidakk..cakra khan? saya lg suka lagunya "harus terpisah"

di metromini sering tuh ngamen sambil ngancem bawa silet!

Asep Haryono said...

jangan jangan mantan Napi? ih tau aja deh

Asep Haryono said...

Pengamen ngancem bawa silet? hahahaha. Saya jadi ingat waktu naek kereta dari arah Bandung ke Jakarta. Saya bersama 4 kawan saya cowok semuanya, badannya gede gede. Cuma saya aja yang mungil. Eh didatangin preman dari daerah ******* (Kalaw saya sebut nanti SARA). Malaknya pake bahasa Sunda.

Saya tau 2 orang preman ini mau minta uang buat makan barangkali. Cuma kami yang tidak paham bahasa SUnda malah pada ketawa. Dia marah marah pake bahasa Sunda, makin meledak tawa kami

Dihas Enrico said...

yap bener banget mas...
untuk pengamen yang lagunya panjang dan enak didenger layak diapresiasi.....
saya pernah mengalaminya,,pengamennya mulai bernyanyi dari jombor sampe muntilan..
:)

popi said...

Kang..katanya ga nyebut takut SARA, lah itu diujung dibilang pake Bahasa S.... **rollingeyes**

terus akhirnya diksh ga duit tuh preman?

popi said...

haiya...ane dipanggil Mas?

jhonytato said...

mantap judule ya admin? takut mau panggil mas? hehee

Untje van Wiebs said...

Aku cuma tau lagu Boulevard ama Sway...
Aku juga sebel tu kalo pengamen nyanyiin marsnyah itu huwww...
Terakhir pengamen di bis yang aku temui yang suaranya enak, dia nyanyiin Quizzas, Quizzas, Quizzas, mantap lah~

novi rahantan said...

wah, kalo aku yg jd kondektur,

pengamennya gak aku bolehin turun... biar ngamen di atas bis terus. pasti penumpangnya tambah rame :)

catatan-r10.com said...

pengamen itu kayak berasa konser yah.... sebentar lagi mungkin dia ketemu produser musik!

Asep Haryono said...

Nda dikasih. Kami jawabnya dengan damai, Maaf tidak ada uang cuma recehan saja. Lalu mereka ngoyor pergi. WIn win solutions

Asep Haryono said...

eheheh eiya yah

dunia kecil indi said...

pengamen kalau nyanyinya gak asal dan sungguh2 memang mengasyikan buat dinikmati :) minimal bisa bikin senyum karena tau kalau dia ngamen betulan buat cari uang, bukan minta uang (baca: mengemis). keren tuh dia nyanyiin KLA, aku fansnya KLA, hihihi :)

zachflazz said...

Mas itu kalo di budaya kraton berarti panggilan hormat untuk wanita loh.

popi said...

hahaha

popi said...

sampe apal ya Un, mars-nya pengamen!

popi said...

kalo gitu harusnya jadi Pengamen Tetap! kyk di cafe2..hihi

popi said...

moga2 gitu, ada yg beruntung di hire jadi penyanyi tetap di cafe

popi said...

iya ndi, kalo nyanyinya sungguh2 dan menghayati biasanya bunyinya lebih bagus.

Elsa said...

kalo pengamennya sopan, dan suaranya enak, para penumpang gak keberatan kok memberi lebih ya Mbak...

tapi aku pernah tuh naik kereta ekonomi, yang pengamennya subhanallaaaaahhhhh
udah dandan menakutkan, bau banget gak pernah mandi kayaknya, nyanyi asal asalan, trus pake maksa maksa penumpang buat ngasih uang. sebel banget kan... siapa yang gak pingin misuh...
tapi alhamdulillah, kayaknya kereta api sekarang bebas pengamen

zachflazz said...

ati2 terutama kalo mereka kecium bau araknya. bisa nekad dan brutal. memberi uang adalah pilihan terbaik.

Mbak Iis said...

saking asiknya dengerin pengamin sampai gak tahu kalau ada sms..heheee

Sri Efriyanti az-Zahra Harahap said...

Subhanallah...
Semoga Allah membalas kebaikanmu mbak...
Perjalanan yang menyenangkan ya kalau diiringi lagu2 favorit ^^

zachflazz said...

emang Mbak Sri percaya Mbak Poppy ini baik? hm... huhh!!

Andy said...

kaya'a lagu begenre cinta galau,mungkin pengamen lagi patah hati tuh,mpe 9 lagu dibawakan :)

zachflazz said...

pasti pengamennya penggemar kiyu-kiyu.
kalo cuma 3 atau 4 lagu, dia penggemar poker.
kalo sampai 16 lagu, pasti penggemar ludo.
kalo 100, jelas jago ular tangga!

diNa said...

Klo ketemu lg jgn lupa direkam trus upload disini ya mb.. Jd penasaran dengerin suara dan lagu2-nya..

diNa said...

Klo ketemu lg jgn lupa direkam ya mb plus difoto trus upload disini :) #penasaran

zachflazz said...

gimana kalo Mbak Poppy nyanyi, saya gitarin, lalu di-upload, temen2 di sini setuju nggak?

Asep Haryono said...

iya saya yang pegang kicrikan

zachflazz said...

kecrekan Kang! kalo kicrikan yang di leher kucing kalii.

BlogS of Hariyanto said...

alhamdulillah di makassar, belum ada sampe sekarang ...tapi kalau gores body mobil pake paku apabila ngamennya tidak ditanggapi sudah ada :)

silvi silviani said...

jangan lupa upload photo"nya yang banyak :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...