Thursday, January 31, 2013

Helm-ku mana?

Satu-satunya alat pelindung kepala pada saat naik motor ini keberadaannya masih sering diabaikan. Kadang orang pake helm kalo dilihat ada polisi di jalan. Kalo ga ada, ya ga dipake.
Padahal fungsi pake helm itu ga ada hubungannya sama polisi. Fungsi helm itu buat si pemakai itu sendiri. "Kepala, kepala loe! ga ada ruginya buat gue!" gitu mungkin kata Polisi.

Herannya, kadang orang pake helm ngasal nempel doank! Boro-boro diiket di kepala dengan bener, helm-nya pun pake helm proyek yang ga sesuai SNI. 

Saya, sebagai orang yang sadar akan keselamatan diri, sengaja minta suami beliin helm bagus yg sesuai SNI. Rada mahal sih, tapi kalo buat kenyamanan dan keselamatan, apa salahnya berkorban?
Cuma yang jadi masalah, helm bagus kayak gitu suka rawan pencurian. Apalagi pas kita parkirin motor di mall, tempat penitipan motor atau dimana saja. Suami saya udah 2 x ketuker helm di tempat penitipan stasiun. Helm-nya yang bagus, dituker dengan yang sompak. Maka ga heran kalo beberapa orang saya lihat suka bawa-bawa helm-nya kemana-mana. Daripada dicuri atau dituker?

Segitu pentingnya helm, sampe naik ojek pun saya suka minta helm sama si tukang ojek. Sayangnya, ga semua tukang ojek punya helm buat penumpang. 
Nah, kalo tadi pagi, beberapa tukang ojek di stasiun Juanda kulihat menyediakan helm buat penumpang. Wah...sip! pikirku.  Maka dengan langkah pasti kuhampiri salah satu dari mereka.

Sesaat sebelum naik motor, dengan tenang kuambil helm penumpang (kayaknya bagus dan sesuai SNI) yang saat itu nangkring di atas jok penumpang. Namun, belum sempat kupake di kepala, mendadak si tukang ojek mengambilnya kembali dari tanganku, sambil bilang "gak perlu pake helm Bu, kan Ibu udah pake jilbab!"  ....hah? **bengong**  jilbabku dianggapnya tahan banting = helm.


74 comments:

  1. Replies
    1. Lama lama jubahnya juga bESI. Jadi IRON MAN atau IRON GIRL nanti

      Delete
  2. Suka sebel juga Mba Pop sama tukang ojek yang ga ngasih helm. Padahalan kita jelas-jelas minta. KAdang sampe saya batalin naik motornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. Mungkin mereka khawatir ada yg berkutu dan berketombe penumpangnya..hehe

      Delete
  3. Jilbab sebagai penutup aurat juga bisa berfungsi sebagai pengganti helm bagi penumpang tukang ojek teh,,, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, iya..kan pelindung dari segala godaan syaiton dan bencana ya?

      Delete
    2. bukan, maksudnya abang ojeknya yang harusnya pake jilbab kali ya

      Delete
  4. Pak tukang ojeknya masih anggap helm sbg penutup kepala aja nih U_U

    Sbln marak peraturan helm SNI standard sy udah pakai krn suka sm modelnya yg ada kaca transparannya. Pas ke luar kota dirumah sodara mereka pada pakai. Sy tertarik juga :) eh ternyata lama2 jadi wajih. Alhamdulillah g uring2an suruh ganti yg std

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu malah ada HELM yang sudah dilengkapi dengan radio FM jadi sambil berkendaraan dan pake helm, bisa sekalian menikmati sajian musik dari radio FM yang sudah embbed di helm. Sayang sekali sekali jenis HELM yang ada radio FM nya ini sudah jarang ditemui. Apa masih ada jual ya?

      Delete
    2. nyang bener aja Kang! Helm pake radio, bahaya itu! ntar kalo pak polisi mriwit atau ada yg manggil ga kedengeran!

      Delete
    3. betul itu. Apalagi kalau lagunya ngeROCK wahhhhhhhhhhhhhh

      Delete
  5. Akhirnya terus gimana mbak, jadi tetap pakai helm khan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..engga mbak! helmnya langsung dia simpen. saya males berdebat, soalnya lagi buru2 ke kantor.

      Delete
  6. hihihi.. disangkanya fungsi helm cuma utk melindungi kepala dr sinar matahari kali mbak :D

    ReplyDelete

  7. aku kebayang Pak HS Dillon pake helm, apa nggak numpuk kayak gunung gede pangrango tu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ki manteb tu blangkonnya kan ada pentol di belakang. kalo pake helm, pasti posisi helmnya nungging ya?

      Delete
    2. @zach..kamu suka bayangin yg engga-engga sih.

      Delete
    3. kamu tau, di yang nggak-nggak itu kadang terselip mutiara-mutiara lucu #halahh apaan sih, lagi insomnia nih.

      Delete
    4. Ngayal yang engga engga ya?
      MEndingan ngayal yang iya iya.
      Ngayal bubur ayam

      Delete
  8. wakak parah kalau tukang ojeknya menganggap jilbab sama dengan helem, pantasan Tukang Ojek juga banyak ngak pake helem kerena kalau mereka pake helm ntar di kira pake jilbab dan mungkin aja di kira cewek...

    ReplyDelete
  9. huahahaha... keren banget kalo jilbab nya bisa sekalian jadi helm... :P

    ReplyDelete
  10. Helm memang sering menjadi masalah pagi para penumpang atau yang diboncengin misalnya saat ada undangan kondangan nikahan rekan kerja atau sahabat, dah ibu ibu suka protes tentang helm ini karena rambutnya sudah dihias apalagi pake konde. Ujung ujungnya WIN WIN SOLUTIONS. Sang HELM dibawa tapi nda dipake. Soalnya rambut ibu ibu pada pake konde

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kondenya copot dulu ganti helm. Ntar sampe ondangan pasang lagi.
      Gitu aja kok repot!

      Delete
    2. apaa?? Kang Asep pake konde?? (maklumi saya yang komen dinihari begini)

      Delete
  11. hihihi dipikirnya jilbabnya keras gitu kali ya, ada-ada aja. pantesan ya mbak orang rela menenteng heml karena gak mau dicuri

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. Temenku sampe dibawa2 ke kantor

      Delete
  12. aih,ada2 ajah...apun deh :D
    ya tetep dong,pake helm.....

    ReplyDelete
  13. hahaha.. ngakak loh gia baca yang kalimat terakhirnya mba popi..
    moso iyaa jilbab disamaiin kaya helm. hahaha
    kocak juga abang tukang ojek nyaaa..

    ReplyDelete
  14. mbak sy pernah bikin postingan lengkap ttg TANAKITA termasuk harganya di postingan ini ya :)

    http://www.kekenaima.com/2012/12/tanakita-five-star-camp.html

    ReplyDelete
  15. Saya pernah kehilangan helm pas jalan2 dan motornya diparkir jauh dari tempat saya istirahat. Padahal itu helm mihiiil banget (>,<") Dulu sengaja beli mahal biar aman dan awet, eh malah ilang. Kurang shodaqoh kali yaaa.. *malah curhat*

    Kalo di Stasiun Jatinegara biasanya penumpang ojeknya dikasih helm, meskipun helm yang nggak standar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin perlu pake rante gembok ke motornya kali ya?

      Delete
    2. Helm nya perlu dipasang GPS kayak panci mas Rawins

      Delete
    3. Mas Rawins lagi berhandai-handai sama Pak Anoman, gacoan barunya, hehe...

      Delete
  16. emang helmnya bahannya pakai apa sih, Bu? pakai alumuniaum ya?

    ReplyDelete
  17. tukang ojeknya pelit..he..he...

    ReplyDelete
  18. jangan saling menyalahkan, itu lebih baik. Karena setiap dari kita turut serta melanggar aturan yang sudah kok, kalau kata " Ketua Umum PKS yang baru, Bpk. Anis Matta, harus tobat nasional dulu kalau mau bener ",hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh,,jangan sebut2 partai yg skrg citranya lagi buruk mas...

      Delete
  19. saya beberapa kali naik ojek saat berkunjung ke daerah lain, dan saat itu saya diberikan helm untuk penumpang, tapi helmnya benar-benar kumal dan rompal, dan satu lagi sangat bau apek...jadi saya memilih untuk naik becak saja..... , lagian saya kan harus pake helm kalau dibonceng motor karena saya tidak pake jilbab :)

    ReplyDelete
  20. hahaha, emang kesadaran masyarakat masih belum terlalu tinggi atas penggunaan helm ini y mbak. Rata" cuma ingin aman dari tilang aja,

    ReplyDelete
  21. hahaha....gila tuh ojek...
    seandainya smua tukang ojek pakek jilbab.beuhh....

    ReplyDelete
  22. hihihi. ada2 aja tukang ojek itu. jilbab kok di samain sm helm ;p

    salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
  23. menariik artikelnya mbaaa :D haha ada-ada saja tukang ojeknya ...

    ReplyDelete
  24. ya ampun setiap ke sini langsung baca tulisn "helmku mana melulu". ketemu belom???

    ReplyDelete
  25. hehehe mungkin disangkain di dalem jilbabnya ada helm
    hhahhahaaaa

    ReplyDelete
  26. orang indonesia, kalo pake helm, alasannya sama, biar nggak ditangkap polisi.
    padahal pake helm kan juga kebutuhan diri sendiri, untuk menjaga kepala karena di dalamnya ada otak yang apabila crash maka nggak akan terselematkan

    ReplyDelete
  27. hahaaa....
    pake jilbab plus pake helm kan lebih baik..
    :)

    ReplyDelete
  28. Hahaha ono ono ae tukang ojek itu. jilbab kok di samain sm helm ;p

    salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
  29. Hahahhaa... ngawur tu ojeknya. Sebenarnya maksud dia itu kan aman dari polisi, dikiranya orang2 pada ga doyan pake helm semua apa ya, jadi kalo pake jilbab kan ga keliatan rambutnya jadi polisi ga ngeh... ada2 aja.

    ReplyDelete
  30. huahahaha dasar mamang ojek yg aneh..

    kalo saya helm di rumah ada 3 mbak.. 1 buat cadangan. tapi saya sendiri aslinya mualeees pake helm, berat soalnya :p

    ReplyDelete
  31. Mungkin jilbabnya udah SNI, Mabk.. Jadi gak perlu pake helm..
    :D

    ReplyDelete
  32. lama juga nih blog kesayangan nggak update. dua bulan!

    ReplyDelete
  33. mungkin jilbab itu berfungsi juga sebagai helem ya:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa bukan. kecuali jilbab Mbak Poppy ini dibuat dari baja.

      Delete
  34. COPY-POST

    Helm-ku mana?

    Satu-satunya alat pelindung kepala pada saat naik motor ini keberadaannya masih sering diabaikan. Kadang orang pake helm kalo dilihat ada polisi di jalan. Kalo ga ada, ya ga dipake.
    Padahal fungsi pake helm itu ga ada hubungannya sama polisi. Fungsi helm itu buat si pemakai itu sendiri. "Kepala, kepala loe! ga ada ruginya buat gue!" gitu mungkin kata Polisi.

    Herannya, kadang orang pake helm ngasal nempel doank! Boro-boro diiket di kepala dengan bener, helm-nya pun pake helm proyek yang ga sesuai SNI.

    Saya, sebagai orang yang sadar akan keselamatan diri, sengaja minta suami beliin helm bagus yg sesuai SNI. Rada mahal sih, tapi kalo buat kenyamanan dan keselamatan, apa salahnya berkorban?
    Cuma yang jadi masalah, helm bagus kayak gitu suka rawan pencurian. Apalagi pas kita parkirin motor di mall, tempat penitipan motor atau dimana saja. Suami saya udah 2 x ketuker helm di tempat penitipan stasiun. Helm-nya yang bagus, dituker dengan yang sompak. Maka ga heran kalo beberapa orang saya lihat suka bawa-bawa helm-nya kemana-mana. Daripada dicuri atau dituker?

    Segitu pentingnya helm, sampe naik ojek pun saya suka minta helm sama si tukang ojek. Sayangnya, ga semua tukang ojek punya helm buat penumpang.
    Nah, kalo tadi pagi, beberapa tukang ojek di stasiun Juanda kulihat menyediakan helm buat penumpang. Wah...sip! pikirku. Maka dengan langkah pasti kuhampiri salah satu dari mereka.

    Sesaat sebelum naik motor, dengan tenang kuambil helm penumpang (kayaknya bagus dan sesuai SNI) yang saat itu nangkring di atas jok penumpang. Namun, belum sempat kupake di kepala, mendadak si tukang ojek mengambilnya kembali dari tanganku, sambil bilang "gak perlu pake helm Bu, kan Ibu udah pake jilbab!" ....hah? **bengong** jilbabku dianggapnya tahan banting = helm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. posting dan komentarnya panjangan komentarnya, jadi...saya ikutan kang zach deh

      Delete
  35. Hi to every one, it's really a good for me to go to see this web site, it contains important Information.

    Here is my web site :: How Soccer Coaching Can Be Uncomplicated

    ReplyDelete
  36. hehehe mungkin disangkain di dalem jilbabnya ada helm
    hhehee

    ReplyDelete

Orang Yang Baik Adalah Yang Mau Menerima Kritik Dari Manapun, Sekalipun Kritik itu Buruk.