Thursday, January 31, 2013

Helm-ku mana?

Satu-satunya alat pelindung kepala pada saat naik motor ini keberadaannya masih sering diabaikan. Kadang orang pake helm kalo dilihat ada polisi di jalan. Kalo ga ada, ya ga dipake.
Padahal fungsi pake helm itu ga ada hubungannya sama polisi. Fungsi helm itu buat si pemakai itu sendiri. "Kepala, kepala loe! ga ada ruginya buat gue!" gitu mungkin kata Polisi.

Herannya, kadang orang pake helm ngasal nempel doank! Boro-boro diiket di kepala dengan bener, helm-nya pun pake helm proyek yang ga sesuai SNI. 

Saya, sebagai orang yang sadar akan keselamatan diri, sengaja minta suami beliin helm bagus yg sesuai SNI. Rada mahal sih, tapi kalo buat kenyamanan dan keselamatan, apa salahnya berkorban?
Cuma yang jadi masalah, helm bagus kayak gitu suka rawan pencurian. Apalagi pas kita parkirin motor di mall, tempat penitipan motor atau dimana saja. Suami saya udah 2 x ketuker helm di tempat penitipan stasiun. Helm-nya yang bagus, dituker dengan yang sompak. Maka ga heran kalo beberapa orang saya lihat suka bawa-bawa helm-nya kemana-mana. Daripada dicuri atau dituker?

Segitu pentingnya helm, sampe naik ojek pun saya suka minta helm sama si tukang ojek. Sayangnya, ga semua tukang ojek punya helm buat penumpang. 
Nah, kalo tadi pagi, beberapa tukang ojek di stasiun Juanda kulihat menyediakan helm buat penumpang. Wah...sip! pikirku.  Maka dengan langkah pasti kuhampiri salah satu dari mereka.

Sesaat sebelum naik motor, dengan tenang kuambil helm penumpang (kayaknya bagus dan sesuai SNI) yang saat itu nangkring di atas jok penumpang. Namun, belum sempat kupake di kepala, mendadak si tukang ojek mengambilnya kembali dari tanganku, sambil bilang "gak perlu pake helm Bu, kan Ibu udah pake jilbab!"  ....hah? **bengong**  jilbabku dianggapnya tahan banting = helm.


74 comments:

Untje van Wiebs said...

Wahahaha jilbab besi apa yak :D

danirachmat said...

Suka sebel juga Mba Pop sama tukang ojek yang ga ngasih helm. Padahalan kita jelas-jelas minta. KAdang sampe saya batalin naik motornya

Burhanuddin Ojo said...

Jilbab sebagai penutup aurat juga bisa berfungsi sebagai pengganti helm bagi penumpang tukang ojek teh,,, hehe

Diah indri said...

Pak tukang ojeknya masih anggap helm sbg penutup kepala aja nih U_U

Sbln marak peraturan helm SNI standard sy udah pakai krn suka sm modelnya yg ada kaca transparannya. Pas ke luar kota dirumah sodara mereka pada pakai. Sy tertarik juga :) eh ternyata lama2 jadi wajih. Alhamdulillah g uring2an suruh ganti yg std

Ely Meyer said...

Akhirnya terus gimana mbak, jadi tetap pakai helm khan ?

myra anastasia said...

hihihi.. disangkanya fungsi helm cuma utk melindungi kepala dr sinar matahari kali mbak :D

zachflazz said...


aku kebayang Pak HS Dillon pake helm, apa nggak numpuk kayak gunung gede pangrango tu ya?

zachflazz said...

ki manteb tu blangkonnya kan ada pentol di belakang. kalo pake helm, pasti posisi helmnya nungging ya?

Mardianus Suwardi said...

wakak parah kalau tukang ojeknya menganggap jilbab sama dengan helem, pantasan Tukang Ojek juga banyak ngak pake helem kerena kalau mereka pake helm ntar di kira pake jilbab dan mungkin aja di kira cewek...

Arman said...

huahahaha... keren banget kalo jilbab nya bisa sekalian jadi helm... :P

Asep Haryono said...

Helm memang sering menjadi masalah pagi para penumpang atau yang diboncengin misalnya saat ada undangan kondangan nikahan rekan kerja atau sahabat, dah ibu ibu suka protes tentang helm ini karena rambutnya sudah dihias apalagi pake konde. Ujung ujungnya WIN WIN SOLUTIONS. Sang HELM dibawa tapi nda dipake. Soalnya rambut ibu ibu pada pake konde

Asep Haryono said...

Lama lama jubahnya juga bESI. Jadi IRON MAN atau IRON GIRL nanti

Asep Haryono said...

Dulu malah ada HELM yang sudah dilengkapi dengan radio FM jadi sambil berkendaraan dan pake helm, bisa sekalian menikmati sajian musik dari radio FM yang sudah embbed di helm. Sayang sekali sekali jenis HELM yang ada radio FM nya ini sudah jarang ditemui. Apa masih ada jual ya?

Asep Haryono said...

jelas

Lidya - Mama Cal-Vin said...

hihihi dipikirnya jilbabnya keras gitu kali ya, ada-ada aja. pantesan ya mbak orang rela menenteng heml karena gak mau dicuri

Hanna HM Zwan said...

aih,ada2 ajah...apun deh :D
ya tetep dong,pake helm.....

GIA said...

hahaha.. ngakak loh gia baca yang kalimat terakhirnya mba popi..
moso iyaa jilbab disamaiin kaya helm. hahaha
kocak juga abang tukang ojek nyaaa..

myra anastasia said...

mbak sy pernah bikin postingan lengkap ttg TANAKITA termasuk harganya di postingan ini ya :)

http://www.kekenaima.com/2012/12/tanakita-five-star-camp.html

Milo said...

Saya pernah kehilangan helm pas jalan2 dan motornya diparkir jauh dari tempat saya istirahat. Padahal itu helm mihiiil banget (>,<") Dulu sengaja beli mahal biar aman dan awet, eh malah ilang. Kurang shodaqoh kali yaaa.. *malah curhat*

Kalo di Stasiun Jatinegara biasanya penumpang ojeknya dikasih helm, meskipun helm yang nggak standar.

Popi said...

emang setrikaan!

Popi said...

iya. Mungkin mereka khawatir ada yg berkutu dan berketombe penumpangnya..hehe

Popi said...

oh, iya..kan pelindung dari segala godaan syaiton dan bencana ya?

Popi said...

nyang bener aja Kang! Helm pake radio, bahaya itu! ntar kalo pak polisi mriwit atau ada yg manggil ga kedengeran!

Popi said...

hehe..engga mbak! helmnya langsung dia simpen. saya males berdebat, soalnya lagi buru2 ke kantor.

Popi said...

begitu kyknya

Popi said...

@zach..kamu suka bayangin yg engga-engga sih.

Popi said...

hahaha iya betul

Popi said...

jilbab baja ya Man?

Popi said...

ya kondenya copot dulu ganti helm. Ntar sampe ondangan pasang lagi.
Gitu aja kok repot!

Popi said...

iya mbak. Temenku sampe dibawa2 ke kantor

Popi said...

Dia belum ngerti fungsi helm kali

Popi said...

kocak tapi nyebelin , Gi.

Popi said...

Oke. Thanks infonya

Popi said...

mungkin perlu pake rante gembok ke motornya kali ya?

zachflazz said...

kamu tau, di yang nggak-nggak itu kadang terselip mutiara-mutiara lucu #halahh apaan sih, lagi insomnia nih.

zachflazz said...

apaa?? Kang Asep pake konde?? (maklumi saya yang komen dinihari begini)

zachflazz said...

bukan, maksudnya abang ojeknya yang harusnya pake jilbab kali ya

Muhammad A Vip said...

emang helmnya bahannya pakai apa sih, Bu? pakai alumuniaum ya?

monda said...

tukang ojeknya pelit..he..he...

Andy said...

jangan saling menyalahkan, itu lebih baik. Karena setiap dari kita turut serta melanggar aturan yang sudah kok, kalau kata " Ketua Umum PKS yang baru, Bpk. Anis Matta, harus tobat nasional dulu kalau mau bener ",hehehe

Blogs of Hariyanto said...

saya beberapa kali naik ojek saat berkunjung ke daerah lain, dan saat itu saya diberikan helm untuk penumpang, tapi helmnya benar-benar kumal dan rompal, dan satu lagi sangat bau apek...jadi saya memilih untuk naik becak saja..... , lagian saya kan harus pake helm kalau dibonceng motor karena saya tidak pake jilbab :)

EYSurbakti said...

hahaha, emang kesadaran masyarakat masih belum terlalu tinggi atas penggunaan helm ini y mbak. Rata" cuma ingin aman dari tilang aja,

Asep Haryono said...

Hiehiheiee

Asep Haryono said...

Helm nya perlu dipasang GPS kayak panci mas Rawins

Asep Haryono said...

betul bang Zachflazz. TOp

Asep Haryono said...

betul itu. Apalagi kalau lagunya ngeROCK wahhhhhhhhhhhhhh

Asep Haryono said...

Ngayal yang engga engga ya?
MEndingan ngayal yang iya iya.
Ngayal bubur ayam

zachflazz said...

Mas Rawins lagi berhandai-handai sama Pak Anoman, gacoan barunya, hehe...

popi said...

baja!!

popi said...

males nyuci helm kyknya

popi said...

aduh,,jangan sebut2 partai yg skrg citranya lagi buruk mas...

popi said...

hihii..bisaaaa aja!

popi said...

begitulah.

zachflazz said...

Pop...

andy langit said...

hahaha....gila tuh ojek...
seandainya smua tukang ojek pakek jilbab.beuhh....

Vanisa Desfriani said...

hihihi. ada2 aja tukang ojek itu. jilbab kok di samain sm helm ;p

salam kenal mbak :)

Pesta ulang tahun said...

menariik artikelnya mbaaa :D haha ada-ada saja tukang ojeknya ...

zachflazz said...

ya ampun setiap ke sini langsung baca tulisn "helmku mana melulu". ketemu belom???

Elsa said...

hehehe mungkin disangkain di dalem jilbabnya ada helm
hhahhahaaaa

Ocha Rhoshandha said...

orang indonesia, kalo pake helm, alasannya sama, biar nggak ditangkap polisi.
padahal pake helm kan juga kebutuhan diri sendiri, untuk menjaga kepala karena di dalamnya ada otak yang apabila crash maka nggak akan terselematkan

Dihas Enrico said...

hahaaa....
pake jilbab plus pake helm kan lebih baik..
:)

Eswahyudi Kurniawan said...

Hahaha ono ono ae tukang ojek itu. jilbab kok di samain sm helm ;p

salam kenal mbak :)

Zizy Damanik said...

Hahahhaa... ngawur tu ojeknya. Sebenarnya maksud dia itu kan aman dari polisi, dikiranya orang2 pada ga doyan pake helm semua apa ya, jadi kalo pake jilbab kan ga keliatan rambutnya jadi polisi ga ngeh... ada2 aja.

BlogS of Hariyanto said...

:-)

diniehz said...

huahahaha dasar mamang ojek yg aneh..

kalo saya helm di rumah ada 3 mbak.. 1 buat cadangan. tapi saya sendiri aslinya mualeees pake helm, berat soalnya :p

Yudi said...

Mungkin jilbabnya udah SNI, Mabk.. Jadi gak perlu pake helm..
:D

zachflazz said...

lama juga nih blog kesayangan nggak update. dua bulan!

jasa review produk said...

mungkin jilbab itu berfungsi juga sebagai helem ya:D

zachflazz said...

saya rasa bukan. kecuali jilbab Mbak Poppy ini dibuat dari baja.

zachflazz said...

COPY-POST

Helm-ku mana?

Satu-satunya alat pelindung kepala pada saat naik motor ini keberadaannya masih sering diabaikan. Kadang orang pake helm kalo dilihat ada polisi di jalan. Kalo ga ada, ya ga dipake.
Padahal fungsi pake helm itu ga ada hubungannya sama polisi. Fungsi helm itu buat si pemakai itu sendiri. "Kepala, kepala loe! ga ada ruginya buat gue!" gitu mungkin kata Polisi.

Herannya, kadang orang pake helm ngasal nempel doank! Boro-boro diiket di kepala dengan bener, helm-nya pun pake helm proyek yang ga sesuai SNI.

Saya, sebagai orang yang sadar akan keselamatan diri, sengaja minta suami beliin helm bagus yg sesuai SNI. Rada mahal sih, tapi kalo buat kenyamanan dan keselamatan, apa salahnya berkorban?
Cuma yang jadi masalah, helm bagus kayak gitu suka rawan pencurian. Apalagi pas kita parkirin motor di mall, tempat penitipan motor atau dimana saja. Suami saya udah 2 x ketuker helm di tempat penitipan stasiun. Helm-nya yang bagus, dituker dengan yang sompak. Maka ga heran kalo beberapa orang saya lihat suka bawa-bawa helm-nya kemana-mana. Daripada dicuri atau dituker?

Segitu pentingnya helm, sampe naik ojek pun saya suka minta helm sama si tukang ojek. Sayangnya, ga semua tukang ojek punya helm buat penumpang.
Nah, kalo tadi pagi, beberapa tukang ojek di stasiun Juanda kulihat menyediakan helm buat penumpang. Wah...sip! pikirku. Maka dengan langkah pasti kuhampiri salah satu dari mereka.

Sesaat sebelum naik motor, dengan tenang kuambil helm penumpang (kayaknya bagus dan sesuai SNI) yang saat itu nangkring di atas jok penumpang. Namun, belum sempat kupake di kepala, mendadak si tukang ojek mengambilnya kembali dari tanganku, sambil bilang "gak perlu pake helm Bu, kan Ibu udah pake jilbab!" ....hah? **bengong** jilbabku dianggapnya tahan banting = helm.

Anonymous said...

Hi to every one, it's really a good for me to go to see this web site, it contains important Information.

Here is my web site :: How Soccer Coaching Can Be Uncomplicated

Ario Antoko said...

mbak bisa melucu juga :D

Cilembu thea said...

posting dan komentarnya panjangan komentarnya, jadi...saya ikutan kang zach deh

yadi said...

hehehe mungkin disangkain di dalem jilbabnya ada helm
hhehee

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...