Monday, April 15, 2013

Candra Naya - bangunan kuno diantara yang modern

tampak depan Candra Naya
Saya adalah pecinta bangunan tua, kuno, berhawa magis atau mungkin horor. Itu jangan diragukan lagi!
Kalo saya tanpa sengaja menemukan bangunan kuno, maka ibarat dua kekasih yang tak bertemu lama, rasanya senenggg banget. Kalo bisa pelukan, udah dipeluk tuh bangunan.

Rasa senang dan bahagia itu pun mendadak menyerang saya, saat tanpa sengaja -ini bener2 ga sengaja- saya dan teman2 menemukan suatu bangunan  kuno diantara bangunan modern yang tinggi menjulang.

Awalnya, saya dan teman2 berniat rapat di Hotel Novotel Gajah Mada Kota.
Saat memasuki halaman depan hotel, mata kami langsung disuguhi pemandangan sebuah bangunan khas Tionghoa. Rasanya aneh, kok bisa suatu bangunan kuno 'nyempil'  diantara hotel dan perkantoran yang menjulang? Tadinya kami pikir itu kelenteng tempat ibadah. Ternyata, bangunan ini sebagai bangunan cagar budaya yang dilindungi Pemerintah.

Bangunan yang terkenal dengan nama Candra Naya ini tadinya merupakan rumah Mayor Khouw Kim An, pemimpin masyarakat China di Jakarta sekitar tahun 1910-an. Riwayat dan sejarah lengkap berdirinya bangunan ini bisa dibaca di situs National Geographic.  Disini saya cuma mau berbagi keindahan isi bangunan tersebut, yang bikin para pengunjung terpesona, dan sekali lagi surprised...kok bisa ya, ada bangunan  kuno diantara gedung bertingkat?  posisinya yang 'nyempil' itu yang bikin unik.

O'iya...kata temenku -yang punya indera keenam- saat masuk ke suatu ruangan yang dulunya kamar, katanya hawanya rada lain. Entahlah. Tapi kalo aku mah biasa aja tuh.


area depan Hotel Novotel

ruang tengah

kolam di halaman belakang
sayap kiri bangunan

teman2 bergaya depan kolam



sebuah teras


51 comments:

BlogS of Hariyanto said...

hebat...bangunan cagar budaya bisa bertahan di tengah derasnya pembangunan pencakar langit...salut buat pemerintah kota jakarta yang bisa mengamankan bangunan ini dari tangan2 yang tidak bertanggung jawab dan hanya mementingkan keuntungan materi semata :-)

zachflazz said...

andai kamu pernah ke rumah orang tuaku di cilacap, pop, kamu bakalan nggak mau pulang deh. obyek di atas, kayaknya kalah jauh. secara tahun pembuatan aja, ini 1910-an kan, rumah orang tuaku tahun 1900.

zachflazz said...

hebat tuh gedung. langit aja bisa dicakar.
jadi terinspirasi bikin bangunan penerkam langit, pasti lebih heavy metal deh.

Ario Antoko said...

masuk bayar ga mbak?

:malu:

covalimawati said...

wuiiih.. bangunan kuno tapi terawat banget ya.. bersih bgt. Aku juga suka bangunan2 kuno loh. Pokoknya klo ada di t4 sperti itu, jd ngayal hidup di masa lalu.. hiihi

fitri anita said...

Serasa berada di mana gitu ya..kayak bukan di Jakarta Kota..he he he

Elsa said...

keeeeerrreeeeennn...
bangunan seperti itu masih dipertahankan yaaa
emang bagus banget sih..

D I J A said...

kalo bangunan bangunan lama gini, kesukaannya Tante Elsa nih

Tante kemana aja, kok baru update?

duniaely said...

tempatnya cantik ya mbak, damai dan nyaman sepertinya :)

Lidya - Mama Cal-Vin said...

hawanya lain, dingin soalnya ada angin mbak hehehe

Popi said...

@Haryanto:...beruntungnya bangunan itu terletak ditengah are ahotel dan perkantoran, jadinya bersih dan terawat

@Zach:...hadeuh

Popi said...

ayo donk, tampilkan foto2 rumahmu!

Popi said...

gratis Rio! kalo bayar, mana mau saya kesana! hiiihi

Popi said...

iya mbak, jadi inget film Somewhere in Time yg dibintangi Cristopher Reeves sama Jane Seymour

Popi said...

Kota Tua Jakarta malah banyak sampah., kurang terawat.

Popi said...

di Jombang lebih banyak bangunan kuno pastinya

Popi said...

kena penyakit M... Males

Popi said...

cantik banget mbak El. Terawat dan masih kokoh bangunannya

Popi said...

betul itu!

GIA said...

Jadi mau tinggal disitu deh..

Abdul Kholiq Hasan said...

jadi pengen kesana,, sayangnya jauh eh..

hlga said...

saya sering lewat gajah mada tapi bener gatau sama bangunan satu ini
nice info.

cobain ke kota tua semarang tuh kali aja belom pernah kesana.
hehehe

BlogS of Hariyanto said...

hadeuh juga ach :-)

zachflazz said...

wahh kalo Mbak Poppy sih dedengkotnya Semarang, Mas.
jiwa raganya Semarang banget.
kalo semarang bisa dipindahin ke bogor, bakalan dia pindahin Semarang sak-PSIS-nya segala.

Zizy Damanik said...

Beberapa orang memang sensitif dengan yg namanya "dunia lain". Untunglah aku enggak, soalnya penakut hehe...

wewengkon sumedang said...

bangunan-bangunan tua memang selalu memancarkan aura tersendiri yang membuatnya tampak begitu indah...walau kadang juga terkesan angker :D
kunjungan perdana mbak, salam kenal

Anonymous said...

Have you ever considered about including a little bit more than just your articles?
I mean, what you say is valuable and all. Nevertheless think of if you
added some great images or video clips to give your posts more, "pop"!
Your content is excellent but with pics and
videos, this blog could definitely be one of the greatest in its niche.
Fantastic blog!

Also visit my webpage; ver champions league gratis

Andy said...

banyak bangunan di Indonesia yg tua, tapi masih kurang mendapat perhatian dari pemerintah daerah maupun pusat, jadi banyak yang terbengkalai :(

dea purnama said...

waaa bangunan tua nya terlihat terawat banget yaa mbak :D

zachflazz said...

hiehiehiehie..
(entah kenapa tiba2 aku pengin ketawa parah begini di sini).

juju jojo said...

antik dan kuno, kalau di taksir itu nilainya berapa ya :D
#mata duitan

pengobatan herbal untuk penyakit ejakulasi dini said...

izin nyimak aja sobb ...

dunia kecil indi said...

wah, berasa lagi dimana gitu ya... :)

EYSurbakti said...

kalo kayak gitu emang biasanya ada magis" nya gitu mbak. Banyak" doa kalo suka ke tempat kaya gitu deh. Hehehe

Dihas Enrico said...

wah keren banget tu bangunan..
tetep kokh dianatara bangunan modern...

zachflazz said...

kerenan admins-nya beneran deh.
sayangnya doi hidden blogger. parah kan?

zachflazz said...

bangunan ini makin angker gara-gara kamu biarin nganggur di sini.

Asep Haryono said...

Kalau cakar saya jangan donk. Kan kasian dicakar. Kalau hati ku yang dicakar mba Popi sih mau donk. Hiheiheiheiheieiee. Eh itu foto foto yang didepan Kolam rasanya asik asyik nih. Apa ada ikannya ya di situ?

Asep Haryono said...

iya sekalian tampilkan foto Bang Zach waktu masih Bayi juga nda apa.
Seruuuuuuuuu

Asep Haryono said...

Wahh saya ikut di film itu loh. Bener.
Saya dibelakang lagi megang kabel di sequense terakhir.
Ngeliat nda

Asep Haryono said...

asyeeeeeeeeeeeeeek ada temen

Idah Ceris said...

Nyempil, tapi tidak mengurangi keindahan cagarnya ya, Mba. :)
Lama gak bewe kesini, eh malah blognya lagi ditinggal, ya. :D

zachflazz said...

kemana Kamu, Pop?
jangan2 keselong di bangunan ini nih anak.

Anonymous said...

Nice post. I was checking constantly this blog and I am impressed!
Very helpful information specifically the last part :
) I care for such info much. I was looking for this particular information for a
long time. Thank you and best of luck.

my web-site: jenis media promosi

Obat Kanker Nasofaring said...

Meskipun kuno tapi terlihat sangat antik ya ?

zachflazz said...

hehe, pasti lagi ngomongin admins-nya nih...
haha... saya mengiyakan dengan tulus.

agus herbal said...

nice info.,.,.

zachflazz said...

ngomong opo Pakde?
neng endi-endi komentare podho ae.

BlogS Of Hariyanto said...

kalo bakalan nggak mau pulang ...waduh gawat tuch....jangan2 jadi tahanan rumah-nya mas Zachflazz :-)

BlogS Of Hariyanto said...

hadir lagi menikmati bangunan kuno :-)

Lidya - Mama Cal-Vin said...

mudah-mudahan bangun2 tua ini selalu dijaga ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...