Monday, April 15, 2013

Candra Naya - bangunan kuno diantara yang modern

tampak depan Candra Naya
Saya adalah pecinta bangunan tua, kuno, berhawa magis atau mungkin horor. Itu jangan diragukan lagi!
Kalo saya tanpa sengaja menemukan bangunan kuno, maka ibarat dua kekasih yang tak bertemu lama, rasanya senenggg banget. Kalo bisa pelukan, udah dipeluk tuh bangunan.

Rasa senang dan bahagia itu pun mendadak menyerang saya, saat tanpa sengaja -ini bener2 ga sengaja- saya dan teman2 menemukan suatu bangunan  kuno diantara bangunan modern yang tinggi menjulang.

Awalnya, saya dan teman2 berniat rapat di Hotel Novotel Gajah Mada Kota.
Saat memasuki halaman depan hotel, mata kami langsung disuguhi pemandangan sebuah bangunan khas Tionghoa. Rasanya aneh, kok bisa suatu bangunan kuno 'nyempil'  diantara hotel dan perkantoran yang menjulang? Tadinya kami pikir itu kelenteng tempat ibadah. Ternyata, bangunan ini sebagai bangunan cagar budaya yang dilindungi Pemerintah.

Bangunan yang terkenal dengan nama Candra Naya ini tadinya merupakan rumah Mayor Khouw Kim An, pemimpin masyarakat China di Jakarta sekitar tahun 1910-an. Riwayat dan sejarah lengkap berdirinya bangunan ini bisa dibaca di situs National Geographic.  Disini saya cuma mau berbagi keindahan isi bangunan tersebut, yang bikin para pengunjung terpesona, dan sekali lagi surprised...kok bisa ya, ada bangunan  kuno diantara gedung bertingkat?  posisinya yang 'nyempil' itu yang bikin unik.

O'iya...kata temenku -yang punya indera keenam- saat masuk ke suatu ruangan yang dulunya kamar, katanya hawanya rada lain. Entahlah. Tapi kalo aku mah biasa aja tuh.


area depan Hotel Novotel

ruang tengah

kolam di halaman belakang
sayap kiri bangunan

teman2 bergaya depan kolam



sebuah teras


51 comments:

  1. hebat...bangunan cagar budaya bisa bertahan di tengah derasnya pembangunan pencakar langit...salut buat pemerintah kota jakarta yang bisa mengamankan bangunan ini dari tangan2 yang tidak bertanggung jawab dan hanya mementingkan keuntungan materi semata :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hebat tuh gedung. langit aja bisa dicakar.
      jadi terinspirasi bikin bangunan penerkam langit, pasti lebih heavy metal deh.

      Delete
    2. @Haryanto:...beruntungnya bangunan itu terletak ditengah are ahotel dan perkantoran, jadinya bersih dan terawat

      @Zach:...hadeuh

      Delete
    3. Kalau cakar saya jangan donk. Kan kasian dicakar. Kalau hati ku yang dicakar mba Popi sih mau donk. Hiheiheiheiheieiee. Eh itu foto foto yang didepan Kolam rasanya asik asyik nih. Apa ada ikannya ya di situ?

      Delete
  2. andai kamu pernah ke rumah orang tuaku di cilacap, pop, kamu bakalan nggak mau pulang deh. obyek di atas, kayaknya kalah jauh. secara tahun pembuatan aja, ini 1910-an kan, rumah orang tuaku tahun 1900.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo donk, tampilkan foto2 rumahmu!

      Delete
    2. iya sekalian tampilkan foto Bang Zach waktu masih Bayi juga nda apa.
      Seruuuuuuuuu

      Delete
    3. kalo bakalan nggak mau pulang ...waduh gawat tuch....jangan2 jadi tahanan rumah-nya mas Zachflazz :-)

      Delete
  3. Replies
    1. gratis Rio! kalo bayar, mana mau saya kesana! hiiihi

      Delete
  4. wuiiih.. bangunan kuno tapi terawat banget ya.. bersih bgt. Aku juga suka bangunan2 kuno loh. Pokoknya klo ada di t4 sperti itu, jd ngayal hidup di masa lalu.. hiihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, jadi inget film Somewhere in Time yg dibintangi Cristopher Reeves sama Jane Seymour

      Delete
    2. Wahh saya ikut di film itu loh. Bener.
      Saya dibelakang lagi megang kabel di sequense terakhir.
      Ngeliat nda

      Delete
  5. Serasa berada di mana gitu ya..kayak bukan di Jakarta Kota..he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kota Tua Jakarta malah banyak sampah., kurang terawat.

      Delete
  6. keeeeerrreeeeennn...
    bangunan seperti itu masih dipertahankan yaaa
    emang bagus banget sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Jombang lebih banyak bangunan kuno pastinya

      Delete
  7. kalo bangunan bangunan lama gini, kesukaannya Tante Elsa nih

    Tante kemana aja, kok baru update?

    ReplyDelete
  8. tempatnya cantik ya mbak, damai dan nyaman sepertinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cantik banget mbak El. Terawat dan masih kokoh bangunannya

      Delete
  9. hawanya lain, dingin soalnya ada angin mbak hehehe

    ReplyDelete
  10. Jadi mau tinggal disitu deh..

    ReplyDelete
  11. jadi pengen kesana,, sayangnya jauh eh..

    ReplyDelete
  12. saya sering lewat gajah mada tapi bener gatau sama bangunan satu ini
    nice info.

    cobain ke kota tua semarang tuh kali aja belom pernah kesana.
    hehehe

    ReplyDelete
  13. wahh kalo Mbak Poppy sih dedengkotnya Semarang, Mas.
    jiwa raganya Semarang banget.
    kalo semarang bisa dipindahin ke bogor, bakalan dia pindahin Semarang sak-PSIS-nya segala.

    ReplyDelete
  14. Beberapa orang memang sensitif dengan yg namanya "dunia lain". Untunglah aku enggak, soalnya penakut hehe...

    ReplyDelete
  15. bangunan-bangunan tua memang selalu memancarkan aura tersendiri yang membuatnya tampak begitu indah...walau kadang juga terkesan angker :D
    kunjungan perdana mbak, salam kenal

    ReplyDelete
  16. Have you ever considered about including a little bit more than just your articles?
    I mean, what you say is valuable and all. Nevertheless think of if you
    added some great images or video clips to give your posts more, "pop"!
    Your content is excellent but with pics and
    videos, this blog could definitely be one of the greatest in its niche.
    Fantastic blog!

    Also visit my webpage; ver champions league gratis

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngomong opo Pakde?
      neng endi-endi komentare podho ae.

      Delete
  17. banyak bangunan di Indonesia yg tua, tapi masih kurang mendapat perhatian dari pemerintah daerah maupun pusat, jadi banyak yang terbengkalai :(

    ReplyDelete
  18. waaa bangunan tua nya terlihat terawat banget yaa mbak :D

    ReplyDelete
  19. hiehiehiehie..
    (entah kenapa tiba2 aku pengin ketawa parah begini di sini).

    ReplyDelete
  20. antik dan kuno, kalau di taksir itu nilainya berapa ya :D
    #mata duitan

    ReplyDelete
  21. wah, berasa lagi dimana gitu ya... :)

    ReplyDelete
  22. kalo kayak gitu emang biasanya ada magis" nya gitu mbak. Banyak" doa kalo suka ke tempat kaya gitu deh. Hehehe

    ReplyDelete
  23. wah keren banget tu bangunan..
    tetep kokh dianatara bangunan modern...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerenan admins-nya beneran deh.
      sayangnya doi hidden blogger. parah kan?

      Delete
  24. bangunan ini makin angker gara-gara kamu biarin nganggur di sini.

    ReplyDelete
  25. Nyempil, tapi tidak mengurangi keindahan cagarnya ya, Mba. :)
    Lama gak bewe kesini, eh malah blognya lagi ditinggal, ya. :D

    ReplyDelete
  26. kemana Kamu, Pop?
    jangan2 keselong di bangunan ini nih anak.

    ReplyDelete
  27. Nice post. I was checking constantly this blog and I am impressed!
    Very helpful information specifically the last part :
    ) I care for such info much. I was looking for this particular information for a
    long time. Thank you and best of luck.

    my web-site: jenis media promosi

    ReplyDelete
  28. Meskipun kuno tapi terlihat sangat antik ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, pasti lagi ngomongin admins-nya nih...
      haha... saya mengiyakan dengan tulus.

      Delete
  29. hadir lagi menikmati bangunan kuno :-)

    ReplyDelete
  30. mudah-mudahan bangun2 tua ini selalu dijaga ya

    ReplyDelete

Orang Yang Baik Adalah Yang Mau Menerima Kritik Dari Manapun, Sekalipun Kritik itu Buruk.