Monday, April 15, 2013

Candra Naya - bangunan kuno diantara yang modern

tampak depan Candra Naya
Saya adalah pecinta bangunan tua, kuno, berhawa magis atau mungkin horor. Itu jangan diragukan lagi!
Kalo saya tanpa sengaja menemukan bangunan kuno, maka ibarat dua kekasih yang tak bertemu lama, rasanya senenggg banget. Kalo bisa pelukan, udah dipeluk tuh bangunan.

Rasa senang dan bahagia itu pun mendadak menyerang saya, saat tanpa sengaja -ini bener2 ga sengaja- saya dan teman2 menemukan suatu bangunan  kuno diantara bangunan modern yang tinggi menjulang.

Awalnya, saya dan teman2 berniat rapat di Hotel Novotel Gajah Mada Kota.
Saat memasuki halaman depan hotel, mata kami langsung disuguhi pemandangan sebuah bangunan khas Tionghoa. Rasanya aneh, kok bisa suatu bangunan kuno 'nyempil'  diantara hotel dan perkantoran yang menjulang? Tadinya kami pikir itu kelenteng tempat ibadah. Ternyata, bangunan ini sebagai bangunan cagar budaya yang dilindungi Pemerintah.

Bangunan yang terkenal dengan nama Candra Naya ini tadinya merupakan rumah Mayor Khouw Kim An, pemimpin masyarakat China di Jakarta sekitar tahun 1910-an. Riwayat dan sejarah lengkap berdirinya bangunan ini bisa dibaca di situs National Geographic.  Disini saya cuma mau berbagi keindahan isi bangunan tersebut, yang bikin para pengunjung terpesona, dan sekali lagi surprised...kok bisa ya, ada bangunan  kuno diantara gedung bertingkat?  posisinya yang 'nyempil' itu yang bikin unik.

O'iya...kata temenku -yang punya indera keenam- saat masuk ke suatu ruangan yang dulunya kamar, katanya hawanya rada lain. Entahlah. Tapi kalo aku mah biasa aja tuh.


area depan Hotel Novotel

ruang tengah

kolam di halaman belakang
sayap kiri bangunan

teman2 bergaya depan kolam



sebuah teras


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...